Karir Gemilang Esapekka Lappi

Text : M. Aditia Prapanca | Photo / Video : Wrc.com | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2017

Sepak Terjang Esapekka Lappi

SPORTKU.COM

Esapekka Lappi bersama co-driver Janne Ferm meraih kemenangan pertamanya di WRC Finlandia bersama tim Toyota Gazoo Racing.

Kemenangan Esapekka Lappi menjadi sorotan karena ia baru bergabung dengan Toyota Gazoo Racing, sekaligus menjalanu debut pertamanya di WRC 2017. KKemenangan Lappi juga smakin memperkuat mitos WRC Finlandia hanya dimenangkan oleh pereli berdarah Finlandia.

Esapekka Lappi lahir 17 Januari 1991 Kota Pieksamaki, Finlandia Timur. Sebenarnya Lappi pertama kali turun balapan di touring, tetapi karena kekurangan dana ia beralih ke rally. Saat umur 20 tahun ia mengikuti kejuaraan nasional rally Finlandia.

Walaupun baru pertama kali turun di kejuaraan rally Finlandia, Lappi mendapatkan gelar rookie of the year 2010. Setelah gelar itu Esapekka Lappi berkarir serius di dunia rally. Kebetulan rally menjadi olahraga otomotif paling populer di Finlandia.

Karir Esapekka Lappi terus menanjak setelah meraih gelar rookie of the year dan dilirik oleh tim besar. Tahun 2012 menjadi karir terbaik di kejuaraan nasional rally Finlandia, dengan meraih juara tujuh putaran beruntun dan berhak mendapatkan gelar nasional rally.

Karena prestasinya itu Lappi dilirik oleh tim besar yaitu Skoda Motorsport dan mengikuti kejuaraan FIA European Rally Championship (ERC). Hasilnya, ia meraih juara di ERC Polandia, dan kemenangan pertama di event internasional.

Baca Juga
Kemenangan Esapekka Lappi di WRC Finlandia

Skoda Motorsport semakin mempercayai Esapekka Lappi menjadi pebalap utamanya. Pada tahun 2013 Lappi mengikuti kejuaraan FIA Asia Pacific dan menjadi runner-up. Serta dipercaya menjadi pebalap cadangan di WRC2 Portugal, dan sangat mengejutkan ia mampu juara.

Tetapi walaupun menang di WRC2 Portugal, Esapekka Lappi tidak diturunkan di seri selanjutnya. Skoda menilai Lappi terlalu cepat berlaga di WRC2, dan ia dipercaya untuk berlaga di ERC selama satu musim (2014).

Esapekka Lappi menjawab keraguan Skoda, ia meraih gelar juara ERC dengan menggunakan mobil Fabia S2000. Lappi menang mutlak dibeberapa seri ERC yaitu di Latvia, Irlandia, dan Swiss. Kemenangan ERC menjadi modal Lappi berlaga di WRC2 dan menjadi pebalap utama pabrikan mobil asal Ceko tersebut.

Baca Juga
Kemenangan Berkesan Toyota Di Finlandia

Pada musim 2015 Esapekka Lappi fokus berlaga di WRC2, dengan mobil baru Fabia R5. Pada tahun yang sama Lappi hanya meraih juara 3 di WRC2, karena ia hanya meraih kemenangan dua kali di Polandia dan Finlandia.

Pada WRC2 musim 2016 Lappi menjadi tumpuan Skoda Motorsport, dan ia dibebankan menjadi pereli utama. Hasilnya ia berhasil menjadi juara dunia WRC2, yang hampir memenangkan semua seri yang digelar.

Lagi-lagi Esapekka Lappi dilirik oleh tim besar karena prestasinya. Tommi Makinen dengan tim barunya Toyota Gazoo Racing mengincar Lappi untuk berlaga di kelas utama WRC. Ia pun menjadi pebalap ketiga dengan membesut Toyota Yaris.

WRC Finlandia melambungkan nama Esapekka Lappi kembali, dengan meraih gelar juara pertama. Lappi mampu mengalahkan rekan satu timnya sekaligus seniornya yaitu Jari-Matti Latvala dan Juho Hanninen. Ia juga dinobatkan pereli termuda yang menang di seri WRC musim 2017.

Baca Juga
Toyota Rebut Dua Podium di Reli Finlandia

Esapekka meraih gelar juara WRC2 bersama Skoda Motorsport

wrc-finlandia-2017-32452a8242a6c13.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Pesan Ducati Untuk Rossi

Pesan Ducati Untuk Rossi

TOPIC OF THE WEEK
Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

TOPIC OF THE WEEK
KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

TOPIC OF THE WEEK
Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company