Safety Riding Yamaha Sasar Pelajar SMA

Text : Suhartono | Photo / Video : YIMM | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2017

Safety Riding Yamaha Masuk Sekolah

SPORTKU.COM

Keberadaan pabrikan sepeda motor di Indonesia memiliki peranan penting dalam edukasi keselamatan berkendara. Salah satunya yang peduli adalah Yamaha.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hingga kini masih aktif dalam kegiatan safety riding. Kegiatan seperti ini juga dilaksanakan oleh Yamaha dengan merangkul para anak siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA).

Yamaha mengemas kegiatan ini dalam rangkaian Yamaha Goes to School. Para instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) hadir menjadi pembicara di ajang ini. Dalam setiap kegiatan Yamaha Goes to School, para instruktur YRA mengajarkan teknik-teknik dasar berkendara seperti pengenalan, cara penggunaan saftey gear, riding position (cara duduk, fokus pandangan, hingga teknik berbelok).

Menurut Yamaha, kini tingkat kesadaran para pelajar untuk mempelajari safety riding sudah semakin tinggi. Mereka senang bisa tahu hal-hal baru yang sebelumnya tidak dipahami dengan benar. Belum lama ini, Yamaha juga menggelar event Yamaha Goes to School di lima SMU di Jakarta yaitu SMA Negeri 10, SMA Negeri 4, SMA Negeri 35, SMA Negeri 2, SMK Diponegoro.

Baca Juga
Kesulitan Ade Elvira Balapan Supermoto (Video)

”Saya tertarik belajar safety riding, kebetulan mau bikin SIM (Surat Izin Mengemudi). Dari belajar ini saya jadi tahu ternyata naik motor harus tahu tekniknya, nggak asal naik motor. Event seperti ini bagus, mengenalkan teknik safety riding seperti cara pakai helm, posisi berkendara dan lainnya,” papar Alfiona Dernanti, siswi kelas 12 SMAN 35 Jakarta.

”Belajar teori dan prakteknya saya suka. Jadi tahu cara duduk yang seimbang, pegang stang yang benar, riding position, pakai safety gear. Informasi ini untuk meningkatkan kesadaran diri saat naik motor dan bagaimana berkendara yang safety dan menghindari kecelakaan,” imbuh Helmi Afarel, siswa kelas 12 SMAN 35 Jakarta.

”Pihak sekolah sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Yamaha ini karena berhubungan dengan kesiapan anak-anak khususnya yang naik motor untuk pandai dan sopan santun di jalan. Di sekolah kami ini yang tidak punya SIM tidak boleh bawa motor ke sekolah. Sekolah peduli terhadap keselamatan dan tertib berkendara,” sebut Dayat M.Pd, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum SMA Negeri 35 Jakarta.

Dalam prakteknya para peserta dilatih berbagai teknik berkendara yang sekaligus mendapatkan penilaian. Misalnya di bagian yang disebut pos keseimbangan, para peserta dilihat kestabilan dalam mengendalikan motor. Dalam hal ini pengendara tidak disarankan menggunakan rem depan karena berpengaruh pada keseimbangan.

Baca Juga
Power Free, Motor Pertama Suzuki Ini Ada di Indonesia
Tiger Woods Jumpa Messi dan Suarez

  • facebook share

RELATED NEWS

Toyota Siapkan Mobil untuk Pesepeda

Toyota Siapkan Mobil untuk Pesepeda

BUSINESS & TECHNOLOGY
Strategi Suzuki dengan Tebar Pesona

Strategi Suzuki dengan Tebar Pesona

ATPM
Polygon Raih Primaniyarta Award

Polygon Raih Primaniyarta Award

BUSINESS & TECHNOLOGY
Pelumas Pertamina Tembus Pasar Mesir

Pelumas Pertamina Tembus Pasar Mesir

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company