Misi West Ham United Membangun Kejayaan

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Hammersheadlines,sportku | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2017

Misi West Ham Membangun Kejayaan

SPORTKU.COM

Aktivitas West Ham United di bursa transfer musim ini berbeda dengan musim lain, mereka sukses datangkan pemain bintang dengan harga miring.

Reputasi West Ham United dikancah Premier League dapat dikategorikan sebagai tim kuda hitam. Pasalnya, keberadaan klub yang berjuluk The Hammers tersebut dapat dikatakan hanyalah penghuni zona papan tengah.

Meski demikian, dalam dua musim terakhir, West Ham dapat dikatakan sebagai klub yang sering kali menyulitkan tim-tim besar, bahkan di musim lalu mereka sukses mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 1-0 di pekan ke-35. Hal yang dianggap sebagian besar pengamat sepak bola sukses membuat Hotspurs gagal meraih gelar juara musim lalu.

Dengan reputasi yang kini didapat oleh West Ham, membuat mereka mampu mendatangkan pemain bintang. Tercatat empat pemain kelas dunia berhasil didatangkan oleh klub yang bermarkas di Stadion Olimpiade London musim ini.

Pemain pertama yang didatangkan adalah Pablo Zabaleta. Dapat dikatakan kehadiran bek kanan yang sebelumnya memperkuat Manchester City (Man City) adalah upaya keras yang dilakukan oleh Slaven Bilic untuk memperbaiki lini belakang West Ham yang musim lalu kebobolan sebanyak 64 gol atau yang terburuk nomor ke-6.

Baca juga
Safety Riding Yamaha Masuk Sekolah

Keseriuan pelatih asal Kroasia untuk merevolusi pertahanan West Ham nampaknya digenapi dengan mendatangkan kiper nomor satu Inggris saat ini, Joe Hart dari Man City dengan status pinjaman. Pemain yang didatangkan dengan mahar 1,96 juta poundsterling dengan opsi pembelian permanen ini dapat dikatakan sebagai solusi jitu mengingat musim lalu kehadiran Adrian dan Darren Randolph dirasa belum sesuai dengan ekspektasi.


Kepindahan Hart ke West Ham juga dapat dikatakan sebagai kepindahan yang baik mengingat Piala Dunia 2018 akan bergulir. Bila ia bertahan di City, maka kesempatan bermain di Piala Dunia akan berkurang mengingat ia akan bersaing dengan Ederson dan Claudio Bravo.

Dengan bermain di West Ham, Hart akan menjadi pilihan utama—lantaran mendapatkan jaminan dari Bilic. Dapat dikatakan inilah hubungan simbiosis yang baik antara klub dan pemain.

Selain lini belakang, West Ham pun mendatangkan dua pemain yang memiliki naluri menyerang, yakni Marko Arnautovic dan Javier "Chicharito" Hernandez. Arnautovic yang berposisi sebagai gelandang sukses di transfer dari Stoke City seharga 18,96 juta poundsterling atau sekitar Rp330,801 miliar. Hal tersebut membuat pemain asal Austria tersebut tercatat sebagai pemain termahal yang pernah didatangkan oleh klub.

Arnautovic nantinya diharapkan sebagai poros serangan tim layaknya saat ia tunjukan di klub lamanya Stoke City. Musim lalu ia merupakan pemain yang tak tergantikan dan sukses mencetak 6 gol dan 5 assist.

Sementara Chicharito dapat dikatakan sebagai obat pelipur dari mandulnya West Ham musim lalu yang hanya mencetak 46 gol di mana penyerang andalan mereka, Andy Carrol hanya sanggup mencetak 7 gol dari 22 pertandingan di semua kompetisi yang diikuti.

Reputasi Chicharito sebagai penyerang handal tak mungkin terbantahkan lagi. Dua musim di Bayern Leverkusen, ia sukses menyarangkan 39 gol dari 76 penampilannya. Tak hanya itu, saat ini pemain berusia 29 tahun tersebut memiliki gelar sebagai pemain yang paling banyak mencetak gol bagi Timnas Meksiko sepanjang masa dengan mencetak 48 gol—dan masih mungkin akan terus bertambah.

Dan bila ditotal, keempat pemain yang didatangkan oleh West Ham tersebut hanya memakan biaya sebesar 36 juta poundsterling atau sekitar Rp630,039 miliar. Harga ini jauh lebih murah ketimbang seorang Nemanja Matic yang dibeli Mancester United (MU) dari Chelesa seharga 40 juta poundsterling atau sekitar Rp702,69 miliar.

Hal inilah yang membuat Jose Mourinho, Manajer MU iri dengan transfer West Ham sekaligus memprediksi bahwa The Hammers bisa menjadi lawan tangguh bagi klub yang ia asuh di Premier League nanti.


"West Ham wow. Mereka bermain untuk menjuarai Premier League sehingga melakukan aktivitas fantastis di pasar transfer," tutur Mourinho.

Akankah dengan mendatangkan empat pemain West Ham bisa membangun kejayaan mereka dan melepas status mereka sebagai tim kuda hitam? Tentu di akhir musim Premier League kita baru bisa menjawabnya.

Misi West Ham Membangun Kejayaan (infografis)

misi-west-ham-membangun-11306d1b7ea1d77.jpg

 

Baca juga
Sepak Terjang Esapekka Lappi

  • facebook share

RELATED NEWS

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE
Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

Evalube Eksis di Pameran Manufacturing

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company