Beda Mesin SOHC dan DOHC Pada Motor Balap

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 1 August 2017

SPORTKU.COM

Dalam dunia balap tentunya banyak yang berperan. Bukan hanya pebalapnya saja, tapi juga motor balapnya.

Berbicara mengenai motor balap, mesin tentu menjadi salah satu yang paling banyak mendapat perhatian. Racikan mesin dari sang mekanik sangat berperan dalam mengantarkan pebalap tersebut menuju kemenangan.

Dalam dunia otomotif, kita sering mendengar istilah mesin SOHC dan DOHC. Lalu mesin jenis mana yang paling banyak digunakan saat balapan. SOHC atau DOHC?

Sebelumnya, lebih baik kita tahu dulu apa itu mesin SOHC dan DOHC. Mesin SOHC (Single Over Head Camshaft) adalah mesin dengan noken as tunggal di atas silinder. Sedangkan DOHC (Double Over Head Camshaft) adalah mesin dengan noken as ganda di atas silinder.

“Kalau untuk event Kejuaraan Daerah (Kejurda) sekarang masih banyak yang pakai mesin SOHC. Karena mesin SOHC itu lebih gampang disetting dan bikinnya juga lebih mudah,” ungkap Fabrianus Balank, pebalap yang juga punya tim balap sendiri.

Baca Juga
Suzuki A100 Edisi 'Koes Plus'

Selain banyak pebalap yang masih mengandalkan mesin SOHC di event Kejurda, tipe mesin tersebut kata Balank juga menjadi banyak andalan para pebalap yang turun di ajang fun race. “Karena biaya bikin mesin balap dengan SOHC lebih murah,” imbuhnya.

Akan tetapi, lain lagi dengan apa yang terjadi di kawasan event Kejuaraan Nasional (Kejurnas). Balank mencontohkan dari gelaran Kejurnas Motoprix. Di mana pada event tersebut para pebalap banyak yang menggunakan mesin DOHC.

“Di event Kejurnas Motorprix memang lebih banyak yang pakai mesin DOHC. Meski biaya pembuatan mesin dengan DOHC lebih mahal jika dibandingkan dengan SOHC,” sambung pebalap yang akrab dengan motor balap Yamaha tersebut.

Memang, karakter mesin DOHC lebih susah dalam hal settingan. Akan tetapi, kata Balank jika sudah ketemu settingan yang pas, mesin DOHC akan lebih kencang dari SOHC. “Dikarenakan dari basic mesin saja, SOHC sudah kalah, dari rpm-nya mesin DOHC juga lebih cepat ketimbang SOHC.”

“Saat ini mesin DOHC juga mulai banyak digunakan di event Kejurda maupun fun race. Tapi rata-rata yang pakai adalah para tim Motoprix yang menjadikan event Kejurda tesebut sebagai ajang untuk setting mesin,” tutup Balank.

Baca Juga
Sepak Terjang Esapekka Lappi
Jangan Anggap Remeh, Pentingnya Atur Suspensi Motor Balap

  • facebook share

RELATED NEWS

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

Flat Visor Helm Manjakan Pebalap

DID U KNOW
Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

Pentingkah Knalpot Racing Motor Balap?

DID U KNOW
Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

Cermat Memilih Pelumas Kendaraan

DID U KNOW
Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

Mensiasati Komponen AC Mobil Retro

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company