Bolt: Saya Siap Berlaga dan Siap Pensiun

Text : Maya Soeparwoto | Photo / Video : AP | 2 August 2017

Bolt: Siap Berlaga dan Pensiun

SPORTKU.COM

Panggung atletik, sebentar lagi akan kehilangan superstar yang akan membuktikan kepiawaiannnya untuk terakhir kali di London.

Bintang atletik yang satu ini tak diragukan lagi, pria yang telah melampaui dunia olah raga dan akan dikenang sebagai atlet besar. Tapi juara Olimpiade delapan kali Usain Bolt telah memperingatkan bahwa seorang atlet tidak dapat menyelamatkan rekor olahraga setelah dia pensiun.

Bolt, pemegang rekor dunia 100m dan 200m, telah menjadi tokoh dominan dalam dunia atletik selama hampir satu dekade. Kini dia akan berlaga untuk terakhir kalinya di World Athletics Championships di London, di nomor 100m dan 4x100m, yang dimulai di London pada hari Jumat.yang dimulai pada hari Jumat (7/8/2017).

Pensiunnya seorang atlet adalah peristiwa alamiah yang harus terjadi di dunia olah raga. Peristiwa ini pun menjadi bagian tak terpisahkan dari seorang Usain Bolt dan nostalgia gemilangnya prestasinya seakan menjadi modal utama para jurnalis yang berjumlah kurang lebih 400 orang untuk melontarkan pertanyaan seputar masa pensiunnya mendatang.

Pada hari Selasa (1/8/2017), wartawan dan kru TV dari setiap penjuru dunia memadati setiap sudut yang ada dan berlomba-lomba mengacungkan tangan dan Bolt yang sedikit kecewa karena dari setengah auditorium tidak memberi sambutan cukup antusias, menjadi sibuk untuk menjawab semua pertanyaan.

"Ini tentang atlet. Para atlet benar-benar mengerti di mana olahraga berada dan apa yang harus mereka lakukan akan baik-baik saja," kata Bolt.

Dalam nomor 400m Olimpiade, calon superstar Wayde van Niekerk juga memperingatkan bahwa atlet lain harus mengambil upaya dengan dunia karir yang akan ditinggalkannya.

"Wayde benar-benar pemenang, memecahkan rekor dunia, dia berlari kencang, dia banyak melakukan olahraga di usia semuda itu.
"Dia baru berusia 24, untuk saya saya, dia akan mengambil alih tanpa keraguan dan dia katakan ingin menjadi pelari cepat.

"Jika dia berlari di nomor 100m dan 200m, mudah-mudahan dia akan berlari kencang dan mendapatkan energi kembali dan atlit lainnya bisa melihat ke mana mereka juga bisa memacu karirnya," tambah Bolt.

Bolt akan siap berlaga pada nomor 100m di hari Jumat, dengan final yang akan diadakan di Olympic Stadium pada hari Sabtu.
Dia juga diharapkan untuk bersaing dalam nomor estafet 4x100m pada 12 Agustus sebelum masuk pensiun sebagai sprinter paling sukses dalam sejarah.

Kiprah atlet Jamaica yang kini berusia 30 tahun ini mengundang komentar Sebastian Coe, presiden badan olahraga trek dan lapangan IAAF. Coe mengatakan bahwa minggu ini dampak Bolt terhadap atletik sebanding dengan apa yang dicapai Muhammad Ali dalam dunia tinju.

Selain seputar masa pensiun dan pertandingannya minggu ini, Bolt juga memperingatkan bahwa bahaya doping yang telah merusak dunia olahraga. Harus segera dihentikan agar dunia atletik bertahan.

"Satu hal yang saya harap mereka mengerti bahwa kita memiliki masalah doping yang mendunia dan jika mereka melanjutkan dengan cara seperti itu olahraga akan mati dan mudah-mudahan mereka mengerti itu," tegasnya.

"Mereka harus bergerak maju, bekerja keras, menjadi bersih dan bebas doping serta melakukannya sebaik mungkin.

Pada acara dan konferensi pers hari Selasa lalu terpampang layar lebar (big screen) bertuliskan pesan "selamat tinggal dan terima kasih". Ucapan tersebut datang dari aktor senior Samuel L. Jackson dan Idris Elba, mantan pemain sepak bola Prancis Thierry Henry, model Cara Delevingne dan kapten kriket India Virat Kohli, yang menegaskan statusnya sebagai yang paling terkenal di dunia dan bisa dibilang olahragawan paling dikagumi.

British TV pun juga menyiarkan film 'I am Bolt' pada Senin malam lalu, dimana mengisahkan awal pertempuran Bolt di dunia atletik, penuh duka dan perjuangan pelik selama bertahun-tahun.

 

Baca Juga:
Usain Bolt 'berlari' Di Layar Lebar
Usain Bolt, Dari Rio Ke Karpet Merah

 

Prestasi Bolt memang tak ada bandingannya. Dia adalah atlet pertama yang memenangkan gelar Olimpiade nomor 100m sebanyak tiga kali, dimana tidak ada yang bisa menyaingi 11 medali emas Kejuaraan Dunianya.

Dia mengakhiri Olimpiade Rio setelah mencapai "triple triple" dari nomor sprint (100m, 200m dan 4x100m.)
Namun medali emas yang diraih pada 2008 itu terpaksa diambil darinya tahun ini setelah rekan setimnya Nesta Carter dinyatakan positif memakai zat terlarang.

 

Baca Juga:
Bolt Kehilangan Salah Satu Medali Emas Karena Doping

Namun upaya Bolt belum tercapai di musim ini, rekor di bawah 10 detik baru sekali dalam nomor 100m. Berbahagialah, dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia akan mengakhiri karirnya sebagai juara dunia 100m.

Ketika ditanya wartawan apakah dia masih percaya dia adalah yang tercepat di dunia, Bolt menjawab: "Ya, tanpa keraguan.

"Laga terakhir yang saya jalani adalah dengan waktu 9,95, jadi itu menunjukkan bahwa saya menuju ke arah yang tepat. Setelah dua putaran memimpin ke final 100m, yang mana selalu membantu saya, ini adalah tentang bagaimana menjaga sebuah keberanian mereka.

"Saya sudah sering mencapianya dan saya tahu saya siap."

Ditanya dalam sebuah wawancara dengan BBC Sport apakah dia yakin catatan dunianya akan dipatahkan, dia menjawab: "Saya harap mereka tidak bisa. Tidak ada atlet yang menginginkannya, saya ingin membual kepada anak-anak saya ketika mereka berusia 20 tahun. : 'Lihat, saya masih yang terbaik!

Disinggung soal rencananya pasca pensiun nanti Bolt menjawab dengan antusias, "Energi saat pertama kali berjalan di trek atletik, itulah yang paling saya rindukan," katanya.

Bolt membeberkan akan kegilaan hobinya mengendarai squad bike dan mungkin itu bisa menggantikan luapan adrenalinnya di trek.

Bolt mengatakan bahwa dia tidak akan mempertimbangkan kembali masa pensiunnya karena dia tidak memiliki apa-apa lagi untuk dibuktikan dan tentang warisannya dia ingin dianggap sebagai tokoh olahraga terbesar sepanjang masa.

usain-bolt-s-last-race-8826290922d2529.jpg

 



Baca Juga:
Bolt, Ambisi Dan Skandal Doping







 

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Rajai Atletik

Indonesia Rajai Atletik

ATHLETIC
DKI Juara Umum Atletik PON

DKI Juara Umum Atletik PON

ATHLETIC
Jakarta Dominasi Atletik PON

Jakarta Dominasi Atletik PON

ATHLETIC
Anggota Paspampres Raih Emas

Anggota Paspampres Raih Emas

ATHLETIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company