Studi Terbaru: Makin Banyak Pesepeda, Jalan Makin Aman

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Cyclingweekly | 2 August 2017

SPORTKU.COM

Semakin banyak orang yang mengendarai sepeda, semakin aman mereka yang mengendarai sepeda. Itulah kesimpulan yang ditemukan sebuah studi baru.

Studi tersebut dilakukan dengan melihat perkembangan bersepeda di kota New York selama 20 tahun. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Transportasi New York menemukan, tingkat kematian akibat bersepeda dan luka-luka akibat terjatuh saat jumlah pesepeda di jalan-jalan kota meningkat, dengan perbaikan keselamatan, terutama terjadi di jalan-jalan dengan fasilitas bersepeda dan area yang terdapat fasilitas bike sharing (berbagi/penyewaan sepeda) di kota tersebut.

Antara tahun 1996 hingga 2001, terdapat 51 juta perjalanan yang dilakukan dengan sepeda di New York. Jumlah itu meningkat menjadi 134 juta di tahun 2011 hingga 2015. Pada periode yang sama, jumlah pesepeda yang meninggal dunia atau terluka parah hampir setengahnya, yang berarti 292 pesepeda tewas atau terluka parah per 100 juta perjalanan pada 2011 sampai 2015, bila dibandingkan dengan peroide tahun 1996 sampai 2001 yang mencapai 1.072.

Baca juga:
DANNY MACASKILL SIAP TAMPIL DI JAKARTA

Efek "keamanan dalam jumlah" ini sangat terlihat di daerah-daerah tertentu, yang memiliki fasilitas bike sharing yang disediakan pemerintah kota. Misalnya, jumlah pesepeda yang meninggal dunia atau terluka parah turun 17 persen hanya dalam satu tahun di daerah yang dicakup oleh skema bike sharing, meskipun terjadi peningkatan dalam jumlah perjalanan yang sangat besar.

Para pesepeda juga cenderung tidak terlibat dalam insiden di jalanan yang memiliki fasilitas bersepeda, dengan 89 persen korban jiwa terjadi di jalanan yang tanpa fasilitas bersepeda.

Namun kota ini tidak bergantung pada kondisi yang menggembirakan itu. Mereka tetap berencana untuk memperbaiki fasilitas bersepeda lebih banyak dan melipatgandakan jumlah orang yang bersepeda secara teratur, dengan membangun fasilitas bersepeda sejauh 50 mil setiap tahun.

Mereka juga akan meningkatkan persentase populasi yang tinggal di dekat fasilitas bersepeda, menjadi 90 persen dalam lima tahun ke depan. 

Baca juga:
FITNESS FIRST DUKUNG M FADLI IMMAMMUDIN UNTUK BANGKIT DAN KEMBALI BERPRESTASI 

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

HOT ISSUE
Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

HOT ISSUE
Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

HOT ISSUE
Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company