Mengenal Teknik Balap Slipstream di Balapan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 2 August 2017

Kenali Teknik Balap Slipstream

SPORTKU.COM

Dalam dunia balap, istilah slipstream sudah menjadi makanan sehari-hari. Apa sih slipstream tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Aksi salip menyalip di dunia balap sudah menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh penonton. Selain menyuguhkan adrenalin yang kuat, aksi salip ini juga seperti menggambarkan kepiawaian pebalap dalam melakukan overtake. Namun, tahukah bahwa hal tersebut dinamakan slipstream? Untuk dunia balap sendiri, slipstream lebih dikenal sebagai memanfaatkan hambatan angin. Singkatnya, slipstream ini dilakukan saat pebalap ingin melakukan overtake. Sehingga dalam mengovertake lawan, hambatan angin yang diterima lebih sedikit.

Baca juga:
MENGENAL LEBIH DALAM ISTILAH RACING LINE DALAM BALAPAN

Aksi slipstream ini dilakukan dengan cara mengikuti mobil yang ada di depan, sehingga hambatan angin yang datang sudah lebih dulu dihadang oleh mobil yang ada di depan. Dengan begitu, pebalap yang berada di belakang, mendapat sebuah keuntungan karena hambatan angin yang lebih kecil, dan bisa dengan mudah melakukan overtake.

Sebagai pebalap yang berpengalaman, Andre Dumais, berbagi informasi mengenai slipstream. Dalam penjelasannya, pria yang menjadi salah satu founder European Touring Car Championship (ETCC) Indonesia menjelaskan tentang slipstream tersebut.

"Seperti kita mau menyalip mobil di depan kita, kita kan harus lebih dekat dengan mobil yang di depan. Ini bertujuan untuk melawan angin. Jadi mobil depan kita yang melawan angin, dan kita mendapat keuntungan daya hambatnya berkurang," buka Dume panggilan akrabnya.

"Setelah slipstream tadi, kita kan sudah mendapat daya hambat yang sedikit. Di situlah kita bisa memanfaatkan momen untuk bermanuver (menyalip). Jadi kita lihat situasi, sudah pas dengan komposisinya, baru bermanuver," tambah Andre Dumais. Dalam melakukan slipstream, Andre Dumais juga berpesan agar melihat kondisi dan situasi.

Baca juga:
CHARLES LECLERC TERCEPAT DI TES PERTAMA HONGARIA

"Jadi saat slipstream tadi, dan mau menyalip, kita juga harus melihat lintasan. Kadang kan ada pebalap yang defensif (menghalangi). Seperti di sini (sirkuit Sentul), kita menyalip di lintasan lurus, dan ada tikungan pertama ke kanan. Kalau pebalap di depan kita defensif mengikuti manuver kita, maka kita harus segera bereaksi untuk kembali ke racing line. Ini agar kita tetap mendapat keuntungan saat melakukan tikungan," imbuhnya.

Pada umumnya, teknik slipstream ini diaplikasikan saat lintasan lurus. Hal ini didasari untuk lebih memberikan efek yang begitu besar. Jika melakukan di tikungan, untuk melawan hambatan angin cukup sulit. Ini juga disebabkan karena karakter lintasan yang berkelok, dan lebih sulit untuk membuntuti lawan.

  • facebook share

RELATED NEWS

Rivalitas Sengit Saladin dan Eko

Rivalitas Sengit Saladin dan Eko

ETCC
Poin Penting Membuat Soal Slalom

Poin Penting Membuat Soal Slalom

GYMKHANA
Intip Persiapan yang Dilakukan BJB-PertamaxTurbo-GRT

Intip Persiapan yang Dilakukan BJB-PertamaxTurbo-GRT

ETCC
BJB-PertamaxTurbo-GRT Sambut ISSOM Seri 5

BJB-PertamaxTurbo-GRT Sambut ISSOM Seri 5

ETCC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company