Seberapa Penting Knalpot Racing Pada Motor Balap?

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 2 August 2017

SPORTKU.COM

Penggunaan part racing pada motor balap memang memiliki pengaruh besar. Salah satunya adalah knalpot racing.

Konsep motor balap memang untuk mencari kecepatan. Dan di sini tentunya banyak yang berperan. Bukan hanya kelihaian sang mekanik saja yang menjadi factor penentu motor balap tersebut bisa melesat kencang.

Ada juga peran knalpot yang gak bisa dilupakan begitu saja. Sekilas adanya knalpot racing pada motor balap memang tak begitu memiliki pengaruh. Tapi ternyata anggapan tersebut salah. Knalpot racing mempunyai fungsi vital.

Pengguaan knalpot racing tentu sudah bukan hal biasa di dunia balap. Bahkan pada motor harian pun sudah banyak yang mengaplikasi penggunaan knalpot racing. Tentu ada alasan tersendiri kenapa mereka menggunakannya.

Di dunia balap sendiri, banyak faktor yang menentukan kemenangan seorang pebalap. Salah satunya adalah motor yang mampu mengeluarkan tenaga mumpuni. Lalu motor seperti apa yang dibilang mumpuni? Tentunya yang sudah mengalami banyak modifikasi dari sang mekanik.

Baca Juga
AHM Kembangkan Pendidikan Vokasi SMK 

Salah satu hal yang mereka lakukan pada motor balap tersebut adalah mengganti knalpot racing. Seberapa penting sih penggunaan knalpot racing pada motor balap? Penting sekali dan itu bukan hanya sebagai hiasan saja.

“Penting sekali penggunaan knalpot racing pada motor balap, bisa 60-70 persen. Karena dengan knalpot racing, gas buang lebih banyak keluar daripada ketahan di dalam. Saringan gas buang pada knalpot standar juga lebih kecil daripada yang racing,” ungkap Usay Ahmad.

Pemakaian knalpot racing juga memiliki dampak besar pada motor balap. Di mana semburan tenaga yang dikeluarkan oleh motor balap tersebut juga bisa bertambah.

"Ada tambahan tenaga juga dengan menggunakan knalpot racing. Maksimal bisa 2-3 hp,” tutup Usay dari Ilegal Racing yang kini membawahi tim balap nasional Honda B Pro Racing Team.

Baca Juga
Beda Mesin SOHC dan DOHC Pada Motor Balap
Jesus Navas Kembali ke Sevilla

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Cara Perlindungan dari Matahari

5 Cara Perlindungan dari Matahari

DID U KNOW
Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

Mengapa Mesin 2JZ Jadi Primadona?

DID U KNOW
Tips Memperkuat Cengkeraman

Tips Memperkuat Cengkeraman

DID U KNOW
Apa itu Crank Narrow-Wide?

Apa itu Crank Narrow-Wide?

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company