Jelang Gantung Sepatu, Bolt Menutup Dengan Emas?

Text : Maya Soeparwoto | Media Source: BBC Sport,The Guardian | 3 August 2017

Bolt Manusia Tercepat di 2017?

SPORTKU.COM

Jelang laga akhir di kejuaraan dunia London, Usain Bolt tidak terbebani rasa emosional. Justru yakin dirinya akan kemenangan.

Manusia tercepat di dunia, Usain Bolt yang melakoni banyak tuaian kemenangan Olimpiade, sebagai yang lebih cepat, lebih tinggi dan lebih kuat.

Pada hari Selasa, di depan sebuah konferensi pers mewah, para awak media yang terbilang padat memberi perhatian khusus untuk peraih delapan kali juara Olimpiade, memintanya berpose khusus khas seorang Bolt di bawah siraman pita-pita yang semarak. Di atasnya sebuah spanduk bertuliskan 'Forever Best'

Bolt menyelesaikan prestasi bersejarah tiga treble, memenangkan nomor Olimpiade 100m, 200m dan 4x100m untuk ketiga kalinya berturut-turut. Tidak ada pelari lain yang berhasil meraih tiga medali emas Olimpiade berturut-turut bahkan di salah satu nomor tersebut, meskipun atlet berusia 30 tahun itu terpaksa mengembalikan salah satu medali emasnya dari Olimpiade 2008 karena gagalnya tes obat retrospektif oleh rekan setimnya di Jamaika Nesta Carter. 

Baca Juga:
Bolt: Saya Siap Berlaga dan Siap Pensiun
Bolt Kehilangan Salah Satu Medali Emas Karena Doping

Untuk nomor 100m sepanjang tahun ini tercatat 9,95 detik. Pada tahap yang sama tahun lalu di Olimpiade Rio, Bolt merangkum 9.88 detik. Sedangkan sebelum World Championships (Kejuaraan Dunia) di Beijing pada tahun 2015, ia mencatat 9,87. Menuju Moskow 2013, waktu terbaiknya 9,85 detik. Sebelum London 2012, 9,76 detik.

Setiap kali berlaga, Bolt sanggup mendulang emas, tapi semakin lama torehan waktunyya semakin lambat seiring perkembangan tahun-tahun yang akan datang. Rekor dunia 9,58 detik dari kejuaraan Berlin 2009 hangus, diraih oleh atlet yang sama, namun ada era yang berbeda.

Dengan tiga putaran 100m, kira-kira 30 detik aksi yang tersisa dari karirnya, apakah Bolt terbebani dengan 19 medali emas Dunia dan Olimpiade dan akan menyerah dalam kekalahan?

Rekam jejak prestasi Bolt (Grafis: Fajrin Fathia)

bolt-manusia-tercepat-di-5626627dd9dec33.jpg

Calon-calon Atlet Pesaing Bolt

Bolt mungkin tidak akan pernah lebih lambat sebelum kejuaraan besar tiba, tapi ancaman baginya sudah menanti. Pria tercepat tahun ini adalah Christian Coleman. Atlet Amerika Coleman menorehkan waktu terbaik 9,82detik adalah satu dari enam kesempatan di mana ia berlaga di bawah 10detik musim ini.

Baru berusia 21, penampilan Coleman yang apik menarik kesepakatan sponsor yaitu dari Nike karena raksasa produsen olahraga ini membuatnya menjadi taruhan mereka sebagai penerus jangka panjang Bolt. Kelemahan Coleman hanyalah dia belum  memiliki pengalaman pada kejuaraan besar.

Dia mengatakan kepada Daily Telegraph bahwa dia cukup mendapat sorotan di Olimpiade Rio dimana dia tampil baik pada nomor estafet 4x100m. Pada laga final uji coba Final Amerika Serikat yang merupakan pertandingan terbesar musim ini, Coleman hanya menghasilkan waktu tercepat kelima tahun ini dan menduduki peringkat kedua.

Musuh lawas Bolt, Justin Gatlin adalah orang yang pernah mengalahkan Coleman. Pria berusia 35 tahun itu mengklaim bahwa dia merasa kembali ke masa jayanya yang pada nomor 100m saat dia memenangkan gelar Olimpiade dan dunia pada tahun 2004 dan 2005, sebuah masa yang mendahului kemunculan Bolt dan dua larangan bertandingnya akibat doping.

Gatlin hanya pernah mengalahkan Bolt dalam karirnya yang panjang pada sebuah pertemuan di Diamond League di Roma pada tahun 2013. Sebaliknya di laga final besar di tahun 2012, 2013, 2016 dan yang paling menonjol di kejuaraan dunia Beijing 2015 ketika Gatlin melaju ke final lebih cepat dan difavoritkan, dia harus mengakui keunggulan atlet Jamaika, Usain Bolt.

Prediksi akan keberhasilannya di kejuaraan dunia di London minggu ini menjadi teka-teki dan harapan besar bagi para penggemarnya. Namun Bolt menjawabnya di hadapan wartawan: "Saya selalu mencoba untuk mengambil hal negatif dan memasukkannya ke hal positif dan mencoba untuk maju, Anda tahu apa yang saya maksud? Jadi saya tidak peduli seberapa buruk situasinya, saya selalu mencoba untuk membalikkannya dan mencoba membuatnya menjadi positif. "

Good luck Bolt! May you keep the fastest!

bolt-manusia-tercepat-di-40227bd754b7839.jpg

 

 

Baca Juga:
Usain Bolt: Tidak Ada Lagi Rekor Dunia
Bolt, Ambisi Dan Skandal Doping 
Danny MacAskill Siap Tampil di Jakarta



  • facebook share

RELATED NEWS

Klub Hoki Ice Salamanders Diluncurkan

Klub Hoki Ice Salamanders Diluncurkan

OLYMPIC
Wiggins Berlomba di Kejuaraan Dayung

Wiggins Berlomba di Kejuaraan Dayung

OLYMPIC
Bolt: Selamat Tinggal, Terima kasih

Bolt: Selamat Tinggal, Terima kasih

OLYMPIC
Farah: Media Inggris Hancurkan Saya

Farah: Media Inggris Hancurkan Saya

OLYMPIC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company