Menanti Kebangkitan Persiba Balikpapan di Putaran Kedua

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Persiba Balikpapan Official | Editor: Andi Wahyudi | 3 August 2017

SPORTKU.COM

Performa Persiba Balikpapan di putaran pertama sangat mengecewakan, bisakah mereka bangkit di putaran kedua Liga 1? 

Persiba Balikpapan tampil buruk dengan hanya menghasilkan 7 poin dari 17 pertandingan di putaran pertama hasil dari sekali menang dan empat kali imbang. Hal ini membuat mereka berada di dasar klasemen sementara Liga 1 dan berpeluang besar untuk terdegradasi.

Padahal musim lalu di ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu mereka mampu tampil baik dengan bercokol di urutan ke-10 dengan raihan 22 poin.

Buruknya perfroma tim berjuluk Beruang Madu ini lantaran mandulnya lini serang mereka di musim ini. hingga pekan ke-17, mereka hanya sanggup mencetak 14 gol. Fakta itu menyebabkan mereka menjadi tim yang paling miskin dalam mencetak gol kedua setelah Perseru Serui yang hanya mampu melesahkan gol ke gawang lawan sebanyak 11 kali.

Marlon Da Silva De Moura, striker andalan Persiba hanya mampu mencetak 4 gol dalam 17 pertandingan. Padahal musim lalu, striker asal Brasil tersebut sanggup mencetak 16 gol bersama Mitra Kukar. Jumlah torehan tersebut menjadikan dirinya berada di urutan keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak.

Mandulnya pemain yang pernah memperkuat Boavista Sport Club di Brasil ini disinyalir lantaran tidak ada dukungan yang kuat dari rekan setimnya. Marlon terlihat bermain sebagai one man show sepanjang putaran pertama.

Itu berarti sejatinya Marlon sangat membutuhkan pemain pendamping yang mampu membaca karakter pemain berusia 27 tahun tersebut yang memang dikenal yang lebih suka menggocek dan membuka ruang.

Baca juga
Sensasi New Honda Jazz

Beruntunglah di putaran kedua ini, Liga 1 ada bursa transfer. Demi menghindari diri dari degradasi ke Liga 2, Persiba pun bergegas dalam mencari kepingan puzzle yang hilang selama putaran pertama. Setelah mengakhiri putaran pertama, mereka pun langsung mendatangkan pemain baru. Tak tanggung-tanggung, mereka langsung mendatangkan lima pemain baru.

Adapun kelima pemain tersebut adalah Sunarto dan Oky Derry dari Arema FC, lalu Maldini Pali dan Hendra Sandi dari Sriwijaya, dan yang terakhir Srdan Lopicic yang berstatus free transfer.

Oky dan Hendra didaulat sebagai gelandang untuk menggantikan Ridho Nur Cahyo, dan Robi Kriswantoro yang dilepas lantaran penampilannya yang mengecewakan, sementara Lopicic dan Maldini nantinya akan didaulat untuk mengisi pos playmaker dan sayap yang selama ini kurang optimal.

Sementara Sunarto akan berperan sentral sebagai pendamping paripurna bagi Marlon lantaran tipikal pemain yang memiliki julukan The Joker ini adalah striker dengan tipikal oportunis dan finisher sejati. Selain itu, pemain kelahiran Malang itu juga seringkali dianggap memiliki keberuntungan dengan sering mencetak gol bila turun dari bangku cadangan.

Keputusan Manajemen Persiba untuk mempertahankan Milomir Seslija juga dianggap sebagai pilihan tepat. Meski belum mampu mengangkat klub asal Balikpapan itu ke zona atas, namun ia merupakan pelatih cerdas.

Kehadiran Sunarto dan Lopicic yang pernah diasuh oleh Milo di Arema dianggap menjadi factor kunci bagi Persiba untuk bangkit lantaran kedua pemain tersebut merupakan pemain yang spesial di mata pelatih asal Bosnia-Herzegovina.

Meski demikian, kabarnya manajemen Persiba belum juga puas untuk mendatangkan pemain baru. Hal ini tentu memiliki pengaruh positif untuk memunculkan aura optimisme yang sempat memudar beberapa waktu lalu.

Namun apakah Persiba akan tetap bertahan atau terdegradasi dari Liga 1? Jawabannya mungkin baru bisa lihat di akhir musim nanti. Tetapi usaha mereka untuk mengubah nasib dengan mendatangkan pemain yang lebih berkualitas patut diapresiasi.

Baca juga
Kesempatan Kedua Luis Milla

  • facebook share

RELATED NEWS

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

HOT ISSUE
Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

HOT ISSUE
Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

HOT ISSUE
Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company