Memahami Kinerja Rear Wing dalam Mobil Balap

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima,Harsya Fikmazi | Editor: Dedi Hermawan | 3 August 2017

SPORTKU.COM

Hampir setiap mobil balap selalu dilengkapi dengan spoiler atau rear wing. Namun apa sebenarnya peranan rear wing tersebut?

Peranti berbentuk sayap di belakang mobil atau yang lebih akrab dikenal dengan rear wing, memiliki banyak peranan dalam performa mobil. Peranti tersebut banyak diaplikasikan pada kendaraan, baik itu di dunia balap ataupun dunia modifikasi. Sejatinya, rear wing ini memiliki fungsi sebagai penghadang aliran angin yang kemudian menekan kendaraan agar mobil lebih membenam dan membantu mendapatkan grip yang baik.

Baca juga:
HASIL TES HONGARIA ROBERT KUBICA MENGESANKAN, PERTANDA BURUK UNTUK PALMER?

Jenis rear wing ini terbagi menjadi dua, yakni dimensi pendek dan tinggi. Pendek di sini dalam artian tiang penyangga rear wing tersebut tidak melewati atap atau roof mobil. Sedangkan untuk jenis yang tinggi, tiang penyangga melewati atau sama dengan atap mobil. Tentunya, dengan dua jenis tersebut memiliki kinerja yang berbeda.

Agus Djohansyah, mekanik di Kejuaraan Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship, menjelaskan fungsi dari rear wing tersebut. "Rear wing atau spoiler ini kan bertujuan untuk menekan bagian belakang mobil agar semakin mendapatkan traksi atau grip dari ban ke aspal. Penggunaan rear wing ini juga dikhususkan untuk mobil balap, karena memiliki kinerja yang lebih ekstra dari mobil harian," buka Agus.

Mengenai ketinggian rear wing, menurut Agus hal tersebut mempengaruhi alirah udara dari depan ke belakang. "Kalau seperti ini (rear wing tinggi) itu kenapa? karena mempengaruhi juga arah angin dari depan, dan ini juga tergantung dari karakter pebalapnya, ada pebalap yang butuh grip di belakang, dan ada juga yang tidak perlu grip belakang, jadi ini menyesuaikan," tambahnya.

Baca juga:
MENGENAL TEKNIK BALAP SLIPSTREAM DI BALAPAN

Tinggi atau pendeknya rear wing juga memiliki efek yang berbeda. Semakin tinggi rear wing yang diaplikasikan, maka grip terhadap lintasan akan semakin besar. Sebaliknya, rear wing yang pendek tidak akan mampu menghadang angin untuk dapat memberi tekanan besar di bagian belakang. Efektifitas tinggi rendahnya rear wing dipengaruhi pula oleh karakter sebuah sirkuit. Menurut Agus, di sirkuit yang twisty atau penuh kelokan, maka fungsi rear wing yang tinggi tidak begitu maksimal. Pasalnya di sirkuit yang berkelok, laju mobil yang relatif lebih pelan tidak akan menerima hambatan angin yang besar.

Agus berpendapat fungsi rear wing akan sangat terasa pada jenis mobil sedan, sementara untuk kendaraan besar seperti Jeep, SUV atau MPV, peranti ini tidak memberi banyak faedah.

Pangaplikasian rear wing di mobil Fadil, pebalap Jakarta Ban Motorsportissom-seri-2-by-98617edab7ba7e2.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Penyesuaian Valentino Ratulangi Berbuah Podium

Penyesuaian Valentino Ratulangi Berbuah Podium

GYMKHANA
Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

GYMKHANA
Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

GYMKHANA
Kebanggaan Menjadi Seorang Juara Nasional

Kebanggaan Menjadi Seorang Juara Nasional

GYMKHANA

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company