Danny MacAskill: Dari Mekanik Sepeda Hingga Superstar

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Redbull,Dannymacaskill | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: Dannymacaskill | 4 August 2017

Profil Danny MacAskill

SPORTKU.COM

Danny MacAskill kini telah menjadi salah satu pesepeda yang fenomenal, lewat beragam trik dan style yang unik.

Danny MacAskill lahir dan besar di Dunvegan di Isle of Skye, Skotlandia. Di sana Danny sempat bekerja sebagai mekanik sepeda. Pekerjaan itu pula yang membuatnya bisa aktif di dunia sepeda dan mendalami beragam style yang unik. Danny kemudian pindah ke Edinburgh untuk menjadi pesepeda profesional. 

Nama Danny MacAskill mulai dikenal setelah videonya yang berjudul The Funeral - yang menampilkan tentang street trials - muncul di situs video Youtube pada 19 April 2009 lalu dan banyak disukai penontonnya. Setelah itu, Danny makin dikenal dan setiap videonya menjadi viral dan disaksikan oleh puluhan juta penonton di seluruh dunia.

Danny MacAskill

profil-danny-macaskill-56423bb4c23f3ad.png

Setelah The Funeral, Danny juga mulai tampil di beberapa video yang tak kalah menarik dan sukses menarik perhatian banyak pemirsa. Video tersebut meliputi Industrial Revolutions (2011), Epecuén (2014), The Ridge (2014) dan Cascadia (2015) dan Way Back Home.

Tahun 2016 menandai langkah besar yang lain bagi Danny. Pada tahun tersebut dia menjalankan dua proyek besar yang berjalan hampir bersamaan. Salah satunya adalah buku otobiografi pertamanya yang berjudul At the Edge - Riding for My Life, yang menceritakan tentang kisah seorang Skotlandia yang menjadi salah satu pesepeda paling terkenal di dunia dan apa saja yang membawanya menjadi seorang bintang. Dia juga membintangi sebuah video yang berjudul "Wee Day Out", yang merekam petualangannya di kawasan pedesaan Skotlandia bersama sepedanya.

Selain muncul sebagai bintang di videonya, Danny juga pernah terlibbat dalam produksi iklan komersial maupun film layar lebar sebagai pemeran pengganti. Salah satu film layar lebar yang dibintanginya adalah Premium Rush (2012).

Saat ini, Danny didukung sejumlah merek terkenal di industri sepeda, seperti Evoc Sports, Lizard Skins, Continental Tires, POC Sports, Endura, Red Bull, GoPro, Magura, Muc Off, Lezyne, Five Ten, Santa Cruz dan Crankbrothers.

Aktivitas dan kecintaannya pada dunia sepedajuga telah membawa Danny sebagai nominasi di sejumlah penghargaan internasional, diantaranya nominator penerima Laureus World Sports Awards untuk kategori Action Sportsperson of the Year (atlet olahraga aksi/ekstrem tahun ini) dan National Geographic Adventurer of the Year Award.

Danny kini juga menggarap program Drop and Roll Tour yang berupa pertunjukkan street trials di benua Eropa. Dalam tour yang digarap sejak 2014 ini, dia juga ditemani oleh tiga rider lainnya. Tak hanya di Eropa, Drop and Roll Tour juga berlanjut ke benua Asia, termasuk Indonesia pada 19 hingga 20 Agustus mendatang.

Danny MacAskill dalam video yang berjudul The Ridge

profil-danny-macaskill-37808a3b3be9d3d.jpg

 

Baca juga:
DANNY MACASKILL SIAP TAMPIL DI JAKARTA
PERBEDAAN HELM MTB DH DAN ENDURO 

  • facebook share

RELATED NEWS

Manon Carpenter Pensiun

Manon Carpenter Pensiun

RIDER
Kittel Hijrah ke Katusha-Alpecin

Kittel Hijrah ke Katusha-Alpecin

RIDER
Froome Berburu Kemenangan Bersejarah

Froome Berburu Kemenangan Bersejarah

RIDER
Uran Bertahan di Cannondale-Drapac

Uran Bertahan di Cannondale-Drapac

RIDER

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company