Teka-teki Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018 Mulai Panas

Text : Suhartono | Photo / Video : Motorcyclecommunity | Editor: Dedi Hermawan | 3 August 2017

SPORTKU.COM

Musim balap MotoGP 2017 memang belum usai. Bahkan musim ini juga baru jalan setengah ronde.

Meski jadwal MotoGP 2017 masih menyisakan 9 seri lagi, kabar mengenai bursa transfer pebalap sudah memanas. Terutama mengenai kontrak baru para pebalap dari tim satelit yang justru banyak mencuat ke public.

Tak ingin berada dalam posisi yang tak pasti, tim satelit Monster Yamaha Tech3 menjadi yang pertama mengumumkan siapa pebalap mereka di musim 2018 mendatang. Meski tak ada berita mengejutkan dari tim tersebut. Sebab tim balap yang berkantor pusat di Bormes Les Mimosas, Perancis tersebut masih tetap dengan formasi pebalapnya tahun ini. Artinya, sang pemilik Herve Poncharal tetap mempertahankan posisi Johann Zarco dan Jonas Folger sebagai pebalap utama mereka.

"Saya sangat senang mengetahui bahwa saya akan melanjutkan pengalaman MotoGP saya dengan Monster Yamaha Tech3 di tahun 2018. Saat ini, saya menikmati debut yang luar biasa dalam kategori ini dimana saya telah belajar banyak dan tim sekarang telah memberi saya kepercayaan diri untuk tahun depan," ungkap Zarco menyambut kontrak barunya.

"Saya sangat senang melanjutkan kerjasama dengan Herve dan tim Monster Yamaha Tech3 untuk tahun 2018. Untuk sisa tahun 2017 dan tahun depan, saya percaya bahwa kita dapat terus melangkah maju ke depan. Saya bersemangat untuk melihat apa yang bisa kita lakukan di bulan-bulan berikutnya," sambung Folger.

Akan tetapi kabar mengejutkan justru diungkapkan oleh Poncharal. Mantan pebalap tersebut justru mengatakan jika pihaknya terancam untuk segera ditinggalkan oleh sponsor utamanya Monster Energy.

Bukan hanya soal sponsor yang akan meninggalkan mereka. Poncharal juga mengatakan jika Tech3 terancam bisa ditinggalkan oleh Yamaha. Sebab terendus kabar jika Valentino Rossi yang begitu kenal dekat dengan Yamaha tengah berencana untuk membangun tim balap.

Baca Juga
Tim Bali MX Kehilangan Gede Saka di Kejurnas Motocross Ciamis

Berganti ke paddock satelit LCR Honda. Tim LCR (Lucio Cecchinello Racing) Honda masih tetap mempertahankan pebalap andalan mereka Cal Crutchlow. Namun kabarnya bukan hanya Cruchlow yang akan menjadi pebalap tunggal LCR Honda.

Muncul kabar jika tim balap asal Monte Carlo, Monako yang dimiliki oleh mantan pebalap Italia Lucio Cecchinello itu akan menambah satu motor pada musim depan. Kabarnya, pebalap asal Jepang yang saat ini masih balapan di Moto2, Takaaki Nakagami akan menjadi rekan setim Crutchlow. Meski hingga kini belum ada keterangan resminya.

Masih dari tim satelit Honda. Di mana Marc VDS Honda membuat kabar mengejutkan. Tim balap motor dari Belgia yang didirikan oleh Marc van der Straten ini merekrut mantan anak didik Valentino Rossi.

Adalah Franco Morbidelli yang dikabarkan akan menjadi pebalap Marc VDS mulai musim depan. Masuknya Morbidelli juga sekaligus menjadi ancaman bagi Jack Miller dan Tito Rabat. Di mana kontrak Miller dengan Marc VDS memang berakhir musim 2017. Sedangkan Rabat yang kontraknya juga akan selesai akhir musim 2017 kabarnya akan bergabung ke Avintia Racing, tim satelit Ducati.

Octo Pramac Racing, tim satelit Ducati ini juga tak lepas dari kabar panas bursa transfer MotoGP. Penampilan apik Danilo Petrucci yang mampu menyumbang podium bagi tim menjadi salah satu keuntungan tersendiri baginya.

Pebalap asal Italia itu pun tetap menjadi pilihan Octo Pramac Racing sebagai pebalapnya musim depan. Lalu siapa yang akan menjadi rekan duet Petrucci pada gelaran MotoGP 2018 mendatang?

Scott Redding yang saat ini menjadi pebalap Octo Pramac Racing kontraknya habis musim ini. Tentu masih ada pilihan baginya untuk tetap bertahan atau hengkang ke tim lain. Pebalap Inggris ini juga digosipkan akan hijrah ke Aprilia. Sebab muncul kabar jika Octo Pramac Racing akan mendatangkan Jack Miller.

Baca Juga
Warna Baru Honda CB150R StreetFire

Raele Avintia Racing yang juga menjadi tim satelit Ducati hingga kini masih belum terdengar kabar mengenai kepindahan pebalapnya untuk musim 2018 mendatang. Saat ini tim milik Raul Romero asal Spanyol ini diduduki oleh Hector Barbera dan Loris Baz. Kontrak keduanya akan berakhir di musim 2017 ini.

Masih dari tim satelit Ducati, Aspar Team. Tim balap asal Spanyol dengan pemiliknya Jorge Martinez tetap membawa Alvaro Bautista sebagai pebalapnya di MotoGP 2018 nanti. Namun nasib Karel Abraham masih bergantung pada kekepatannya dengan tim. Sebab kontraknya dengan Aspar Team memang akan berakhir musim ini.

Satu tim pabrikan yang juga muncul dengan kabar mengejutkan adalah Aprilia. Aprilia yang saat ini mengandalkan Aleix Espargaro dan Sam Lowes juga mengakui tengah melakukan pembicaraan dengan pebalap lain.

Andrea Iannone yang saat ini berada di kubu Suzuki Ecstar pun dikait-kaitkan akan hengkang ke Aprilia. Meski pada akhirnya Iannone dan Suzuki mengeluarkan penyataan resmi dengan membantah rumor tersebut.

Namun jika memang Aprilia tengah mencari pebalap baru, lalu siapa yang akan mereka korbankan. Sam Lowes lah yang kabarnya akan segera ditendang dari Aprilia. Lowes musim ini memang tampil buruk dengan hanya 2 poin sepanjang 9 seri dan kini menduduki peringkat 23 alias posisi buncit di klasemen sementara.

"Ini sangat jelas. Kami melakukan investasi besar dengan Sam (Lowes). Kami adalah pendukung pertamanya dan sangat berharap bisa dengan cepat menunjukkan beberapa perbaikan. Tapi pada saat bersamaan kita harus mempersiapkan musim depan jika perbaikan ini tidak akan terjadi. Jadi kita berbicara dengan beberapa pebalap lain karena ini," ungkap Romano Albesiano, bos Aprilia.

Baca Juga
Iannone Remehkan Vinales, Kok Berani?

Pebalap sementara MotoGP 2018
Repsol Honda Team
1. Marc Marquez (akhir 2018)
2. Dani Pedrosa (akhir 2018)

Movistar Yamaha MotoGP
1. Valentino Rossi (akhir 2018)
2. Maverick Vinales (akhir 2018)

Ducati Team
1. Jorge Lorenzo (akhir 2018)
2. Andrea Dovizioso (akhir 2018)

Team Suzuki Ecstar
1. Andrea Iannone (akhir 2018)
2. Alex Rins (akhir 2018)

KTM Factory Racing
1. Bradley Smith (akhir 2018)
2. Pol Espargaro (akhir 2018)

Aprilia Gresini
1. Aleix Espargaro (akhir 2018)
2. Sam Lowes (akhir 2018)*
*Aprilia juga mengaku melakukan pembicaraan dengan pebalap lain.

Monster Yamaha Tech3
1. Jonas Folger (akhir 2018)
2. Johann Zarco (akhir 2018)

LCR Honda
1. Cal Crutchlow (kontrak dengan HRC hingga akhir 2019)
2. Takaaki Nakagami? Dikabarkan akan menjadi pebalap kedua.
(LCR berencana menambah satu motor pada 2018)

Marc VDS Honda*
1. Franco Morbidelli (akhir 2019, pilihan untuk 2020)
2. Jack Miller (kontrak dengan HRC hingga akhir 2017, dikabarkan akan bergabung dengan Pramac Racing)
3. Tito Rabat (akhir 2017, dikabarkan akan bergabung Avintia Racing)

*Kontrak Marc VDS dengan Honda akan habis pada akhir musim 2017. Saat ini Marc VDS dan Honda masih dalam diskusi untuk musim 2018.

Octo Pramac Racing
1. Danilo Petrucci (kontrak dengan Ducati hingga akhir 2018)
2. Scott Redding (kontrak dengan Ducati hingga akhir 2017, dikabarkan ke Aprilia jika tempatnya diambil Miller)

Raele Avintia Racing
1. Hector Barbera (akhir 2017)
2. Loris Baz (akhir 2017)

Aspar Team
1. Alvaro Bautista (akhir kontrak 2018)
2. Karel Abraham (akhir 2017)

Baca Juga
Jurgen Klopp Kritisi Transfer Neymar

  • facebook share

RELATED NEWS

Pesan Ducati Untuk Rossi

Pesan Ducati Untuk Rossi

TOPIC OF THE WEEK
Sepak Terjang Esapekka Lappi

Sepak Terjang Esapekka Lappi

TOPIC OF THE WEEK
KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

KEJURNAS SUPERMOTO MASIH CARI IMEJ

TOPIC OF THE WEEK
Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

Menanti Pembalasan Honda Racing Indonesia

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company