Highlight Putaran Pertama Liga 1

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Liga 1 Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: antara news | 4 August 2017

SPORTKU.COM

Liga 1 telah merampungkan semua pertandingan di putaran pertama, hal-hal menarik apa yang terjadi sejauh ini?

Dilansir dari Antara News, Jumat (4/8) Liga 1 yang notabene liga tertinggi di Indonesia ini sendiri sejatinya bergulir dengan tidak mulus. Terbukti di awal Liga 1, kompetisi yang awalnya dijadwalkan pada 26 Maret 2017, namun akhirnya diundur menjadi 15 April 2017.

Kemudian PT Liga Indonesia baru (LIB) menggandeng sponsor untuk mendanai liga yang berasal dari dua perusahaan digital, yakni Go-Jek dan Traveloka, dari kedua sponsor tersebut, PT LIB mendapatkan dana sebesar Rp180 miliar.

Hingga 2 Agusuts 2017, Liga 1 telah bergulir sebanyak 17 pekan di mana sudah tercatat sebanyak 153 pertandingan tercipta di mana 392 gol tercipta dengan rataan sekitar 2,56 gol per-pertandingan.

Adapun predikat sebagai tim tersubur di putaran pertama jatuh kepada Bali United dengan 32 gol, yang kemudian diikuti oleh Persipura Jayapura dan Madura United yang sama-sama mencetak 30 gol.

Sementara itu, pencetak gol terbanyak diisi oleh penyerang Madura United berstatus "marquee player" Peter Odemwingie yang telah mencetak 13 gol dan didampingi oleh penyerang andalan Bali United, Sylvian Dominique yang sama-sama mengoleksi 13 gol.


Baca juga
Bursa Transfer Pebalap MotoGP 2018

Sementara itu penyerang tersubur lokal di Liga 1 diklaim oleh striker andalan Pusamania Borneo FC, Lerby Eliandry dengan berhasil melesahkan 9 gol dari 16 pertandingan.

Statistik lainnya, dari 153 laga, putaran pertama Liga 1 sudah melayangkan 717 kartu peringatan dari wasit, dan 35 di antaranya merupakan kartu merah.

Sementara itu, soal penyelamatan bola dari kemasukan, nama penjaga gawang Persija Jakarta sekaligus pengawal gawang Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Andritany Ardhiyasa menjadi yang terdepan dengan total penyelamatan 59 kali dan hanya kebobolan pada sembilan pertandingan dari 17 laga.

Namun, berkilaunya Andritany di bawah mistar gawang tidak lantas membuat Persija Jakarta menjadi tim dengan penyelamatan terbanyak di putaran pertama Liga 1. Pada kategori ini, Persija berada di posisi ketiga dengan 61 kali penyelamatan, berada di bawah Persegres United dengan penyelamatan terbanyak 68 kali dan Persela Lamongan 62 kali penyelamatan atau peringkat kedua.


Untuk klasemen sementara Liga 1, Madura United keluar sebagai juara paruh musim dengan total raihan 32 poin. Tim yang ditukangi oleh pelatih asal Brasil, Gomes de Oliviera itu hanya unggul selisih gol dari peringkat kedua Bali United yang juga memiliki 32 poin. Di posisi ketiga diisi oleh Persipura Jayapura yang di pekan ke-16 sempat menguasai pucuk klasemen.

Sementara di posisi buncit alias zona degradasi dihuni oleh tiga klub, yakni Perseru Serui, Persegres Gresik United dan Persiba Balikpapan.

Baca juga
Iannone Remehkan Vinales, Kok Berani?

  • facebook share

RELATED NEWS

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

Aktivitas Marquez-Pedrosa di Tangerang

HOT ISSUE
Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

Michelin Indonesia Gandeng Marquez-Pedrosa

HOT ISSUE
Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

Marquez-Pedrosa Gaungkan Safety Riding

HOT ISSUE
Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

Ed Sheeran Kecelakaan Sepeda

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company