Suporter klub Indonesia Deklarasi Damai

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Twitter Kemenpora | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: republikaonline | 4 August 2017

SPORTKU.COM

Perjumpaan suporter seluruh Indonesia dengan pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga menghasilkan deklarasi damai.

Dilansir dari Republika, para pendukung tim-tim sepak bola dari seluruh Tanah Air, sepakat mendidik diri untuk bisa lebih dewasa dalam sokongan saat kesebelasannya beradu tanding dengan klub-klub lain.

"Kami sebagai bagian dari suporter klub sepak bola Indonesia, sepakat untuk tetap menujukkan loyalitas pada klub masing-masing dan menghormati pertandingan," begitu bunyi deklarasi para pendukung klub-klub tersebut.

Dalam deklarasi tersebut, para suporter juga menyatakan diri untuk mengedepankan ketertiban dan anti-permusuhan sesama pendukung dari kesebelasan lain. "Dan dengan tidak menunjukkan sikap permusuhan pada kelompok suporter yang lain dan masyarakat pada umumnya," sambung deklarasi tersebut.

Deklarasi sesama suporter tersebut, lahir dari gelaran Jumpa Suporter Indonesia. Pertemuan tersebut, digagas oleh Kemenpora, bersama Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI). Acara tersebut, sebagai respons dari terulangnya kembali kekekarasan sesama suporter sepak bola dalam gelaran Liga 1 dan Liga 2 2017.

Pekan lalu, satu suporter Persib Bandung, Ricko Andrean tewas karena aksi tawuran antarsuporter saat timnya menjamu Persija Jakarta. Insiden suporter tewas bukan sekali ini saja. Namun peritiwa kali ini, memuncakkan keprihatinan, lantaran Riko menjadi korban keganasan para pendukung Maung Bandung sendiri.

Ricko tewas setelah empat hari dirawat di rumah sakit lantaran dipukuli para pendukung Persib. Peristiwa tersebut, berawal dari aksi Riko, yang mencoba melerai perkelahian antara Bobotoh dan Jakmania di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pekan lalu.


Baca juga
Highlight Putaran Pertama Liga 1

Kemenpora dan PSSI, sepakat menjadikan peristiwa yang menimpa Ricko, sebagai momentum islah antara pendukung Pangeran Biru dan Macan Kemayoran. Gelaran Jumpa Suporter Indonesia, digagas Kemenpora dan PSSI, sebagai pintu gerbang menuju rekonsiliasi tersebut. Tetapi sayang, dalam deklarasi damai tersebut, dua pendukung tim terbesar di Indonesia itu tak hadir.

Dalam Jumpa Suporter Indonesia tersebut, Kemenpora dan PSSI mengundang sebanyak 53 kelompok suporter tim di Indonesia. Tetapi, cuma belasan kelompok suporter yang datang. Para pendukung dari Persebaya Surabaya, yang terkenal dengan Bonek, juga tak hadir. Tetapi, rivalnya para Aremania, pendukung Arema FC, hadir dalam deklarasi tersebut.

Menpora Imam Nahrawi dalam acara tersebut berpesan, agar pertemuan antar suporter ini dilanjutkan dengan upaya damai bersama saat di lapangan. "Saya menginginkan agar ada yang namanya Kongres Suporter Seluruh Indonesia," ujar dia, Kamis (3/8).

Pertemuan antarsuporter kesebelasan Indonesia, dia yakini mampu mengikis sikap saling dendam antar suporter yang selama ini terekam dalam catatan sepak bola Indonesia. "Tidak boleh ada lagi rasa sakit, rasa hilang, dan kepiluan dari sepak bola yang seharusnya menjadi tontonan indah dan sportif," kata dia.


Ketua Umum PSSI, Letnan Jenderal (Letjen) Edy Rahmayadi juga hadir dalam gelaran tersebut mengakui kegagalan federasi nasional dalam memperhatikan para pendukung kesebelasan-kesebelasan di Indonesia. "Harus saya akui, pertemuan ini adalah bentuk dari sinisme kita terhadap PSSI," kata dia.

Akan tetapi, kata dia, sinisme tersebut, harus memaksa PSSI mencari solusi atas persoalan suporter selama ini. "Pertemuan seperti ini menandakan PSSI masih tak becus. Suporternya tak becus, PSSI juga tak becus," kata dia. Padahal menurut dia, sebetulnya PSSI punya kewajiban agar mendidik para pendukung kesebelasan, untuk bisa menjadi modal utama perbaikan sepak bola Indonesia.

Edy menambahkan, usai Jumpa Suporter Indonesia kali ini, dirinya setuju agar ada pertemuan yang lebih besar. Menurut dia, harus ada pertemuan antara Kemenpora dan PSSI, bersama klub juga para suporter, yang mampu menghasilkan kesepakatan bersama untuk menjamin perdamaian dalam sepak bola Indonesia.

Baca juga
Bali MX Kehilangan Gede Saka

  • facebook share

RELATED NEWS

Ronaldo Antar Madrid Juara Dunia

Ronaldo Antar Madrid Juara Dunia

FOOTBALL
 Kerja Sama Indonesia-Jepang

Kerja Sama Indonesia-Jepang

FOOTBALL
Ini Skuat Islandia Hadapi Indonesia

Ini Skuat Islandia Hadapi Indonesia

FOOTBALL
Gomez Sama Ratakan Skuad Persib

Gomez Sama Ratakan Skuad Persib

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company