5 Fakta Unik Football Manager

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Everton Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: espn fc,cnn,daily mail | 7 August 2017

SPORTKU.COM

Game Football Manager saat ini menjadi game simulasi terlaris di dunia. Berikut ini ada 5 fakta unik terkait game tersebut.

Game Football Manager (FM) merupakan serangkaian permainan simulasi manajemen sepak bola di mana pengguna akan merasakan bagaimana menjadi seorang manajer atau pelatih sepak bola lewat fitur-futur yang disediakan oleh game yang dikembangkan oleh developer game bernama Sport Interactive (SI) ini.

Saat ini game FM sendiri sudah memasuki edisi ke 2017 yang rilis pada November 2016 silam. Dalam edisi terbaru tersebut, fitur-fitur yang ada di permainan ini semakin kompleks. Apalagi semenjak mereka melakukan kerja sama dengan Prozone, sebuah software untuk mengalanisa performa pemain dalam bentuk statistik beberapa waktu lalu.

Dapat dikatakan saat ini, game yang dipasarkan lewat Sega ke seluruh penjuru dunia ini merupakan permainan manajemen sepak bola terbaik dan terlaris di dunia. Bahkan FM edisi tahun 2015 sukses memecahkan rekor di Steam sebagai game yang paling lama dimainkan selama 152 jam melebihi game populer macam Dark Souls II, Train Simulator 2015 dan Pro Evolution Soccer 2015.


Berikut ini adalah lima fakta unik terkait game FM yang disusun oleh SPORTKU:

Everton Gunakan Database FM untuk Cari Pemain

Salah satu klub kontestan Liga Premier, Everton pada tahun 2008 menjalin kerja sama dengan SI. Kerja sama tersebut adalah dengan mengizinkan klub asal Liverpool tersebut untuk menggunakan database milik SI untuk mencari pemain berbakat.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, gim FM sendiri banyak merekrut pemandu bakat atau scout dari seluruh dunia. Dikutip dari Eurogamer, mereka memiliki lebih dari 1000 scout di mana mereka telah mendata lebih dari 370.000 pemain dari 50 negara di dunia.

Tak heran, sering kali Everton mendatangkan pemain yang tidak begitu terkenal, namun akhirnya menjadi bintang. Contoh paling realistis adalah keberhasilan mereka mendatangkan pemain muda calon bintang seperti Gerard Defolue dan Romelu Lukaku--yang kini mereka jual dengan harga selangit.

Jorge Lorenzo Pecandu FM

Jorge Lorenzo dikenal sebagai pembalap Moto GP. Namun ia juga dikenal sebagai penggemar sepak bola. Adapun klub yang ia dukung merupakan klub Barcelona. Bahkan ia pernah mengibarkan bendera El Barca usai menjalani balapan.

Nyatanya, selain menggemari sepak bola, ia juga menyukai game FM. Bahkan dalam tayangan video komersil FM #WeAreTheManagers, pembalap yang menjadi juara dunia Moto GP sebanyak tiga kali tersebut mengaku ia sudah memainkan game ini sejak di usia 16 tahun. Bahkan Lorenzo sanggup menghabiskan tujuh jam bermain di depan pc atau laptop pribadinya.

Baca juga
Curhatan Carlos Sainz

“Terkadang akan lebih menyakitkan kalah di game Football Manager ketimbang ketika kita kalah di balapan MotoGP," ujar Lorenzo.

Keputusan Karir Ditentukan oleh FM

 

Bafetimbi Gomis dikenal sebagai salah satu penyerang tajam yang pernah dilahirkan oleh Prancis. Musim lalu ia sukses mencetak 20 gol dari 31 pertandingan di Ligue 1 bersama Marseille dan menjadikan pemain yang kini telah menginjak usia 32 tahun itu berada di urutan keempat sebagai pemain tersubur di liga tertinggi di Prancis tersebut.

Tak ada yang menyangka bahwa pemain yang telah menjalani caps sebanyak 12 pertandingan bersama Tim Nasional (Timnas) Prancis ini menjadikan game FM sebagai salah satu acuan untuk klub mana yang akan jadi pelabuhan karir dirinya tersebut di mana saat itu ia memutuskan untuk bermain di Swansea.

“Sebelum saya dikontrak Swansea, saya menghabiskan waktu satu bulan bermain (FM) menggunakan Swansea untuk mengetahui siapa rekan setim saya--untuk mengetahui lebih banyak tentang mereka,” ujar Gomis seperti dikutip dari Daily Mail.

FM sebagai Alasan Perceraian

Game FM memiliki efek samping yang dapat dikatakan buruk, yakni kecanduan. Banyak orang yang rela menghabiskan sebagain besar waktunya untuk bermain game ini. Bahkan sejak kemunculannya pada tahun 2004 silam, tercatat sudah ada 35 kasus perceraian dilaporkan akibat game ini.

Seperti dikutip dari CNN, sorang wanita bahkan pernah menulis di kolom sebuah majalah wanita terkenal di Inggris dengan judul "Football Manager Widow" yag mengisahkan soal wanita yang ditalak oleh pasangannya, juga pacar yang diputus oleh kekasihnya lantaran pasangan mereka lebih memilih FM.

Maaf Harry Kane, Kami Khilaf


Meski game FM dianggap game simulasi adiluhung, namun nyatanya masih ditemukan banyak bug. Termasuk dalam menilai seorang pemain. Hal ini membuat Direktur FM, Miles Jacobson sampai-sampai harus meminta maaf.

Adapun permintaan maaf tersebut dialamatkan kepada Harry Kane lantaran stat-nya di game tersebut tidak diupdate.

"Saya secara pribadi telah meminta maaf kepada Kane," kata Miles seperti dilansir The Mirror.

"Pasalnya, ada jangka waktu yang panjang ketika dia dipinjamkan ke klub lain dan kami tidak berpikir dia akan mencapai kemampuan seperti saat ini," sambungnya.

Harry Kane kini menjelma sebagai salah satu predator ulung di dunia. Dalam dua musim terakhir ia sanggup keluar sebagai top skor Liga Premier.

"Saya bertemu dengannya di London Football Awards. Dia dikenal suka memainkan banyak permainan komputer. Saya berkata 'kami melakukan 0,5 persen kesalahan, Anda adalah salah satu yang salah'," ujar sang direktur FM.

"Lalu Kane mengatakan kepada saya bahwa salah satu alasan dia berusaha begitu keras adalah untuk memastikan statistiknya dalam game menjadi lebih baik," ucapnya lagi.

Harry Kane sebelumnya memang tak pernah masuk dalam kategori wonderkids, sebuah status istimewa yang disematkan kepada pemain muda yang diramalkan akan menjadi pemain besar. Contoh pemain yang masuk list wonderkids mulai dari Lionel Messi, Vincent Kompany, hingga Marco Verrati.

Baca juga
Bowie Juara, Patahkan Dominasi Jamaika

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Istilah Ngetop Teknik Balap

5 Istilah Ngetop Teknik Balap

TOP 5
Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

Lima Momen Ikonik Arsene Wenger

TOP 5
Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

Lima Pemain Wajib Dibeli Barcelona

TOP 5
5 Pemain Hancur di Chelsea

5 Pemain Hancur di Chelsea

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company