5 Wonderkids Asal Indonesia di Game Football Manager 2017

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2017

5 Wonderkids Asal Indonesia

SPORTKU.COM

Game Football Manager juga memasukan Liga Indonesia di database mereka, inilah lima wonderkids terbaik Indonesia versi game besutan SEGA itu. 

Football Manager (FM) merupakan game simulasi dimana seorang pemain akan ditugaskan untuk menjadi manajer atau pelatih di sebuah klub. Dengan role tersebut kita diserahkan tugas untuk mengembangkan tim, mulai dari jual beli pemain hingga mengatur keuangan klub.

Salah satu keasyikan dalam bermain FM adalah mencari pemain muda yang memiliki label wonderkids. Wonderkids sendiri merupakan julukan atau istilah yang disematkan kepada pemain sepak bola muda yang memiliki potensi di atas rata-rata pemain seusianya.

Keistimewahan yang dimliki oleh pemain yang memiliki label ini adalah bila usia masih muda bisa dibeli dengan harga murah, namun di kemudian hari bisa dijual dengan harga mahal. Mirip kasus Gareth Bale yang dibeli Tottenhan Hotspurs dari Southampton seharga 5 juta poundsterling pada tahun 2007 dan kemudian dijual Spurs ke Real Madrid dengan harga harga 80 juta poundsterling.

Sejak dirilis pada tahun 2004 silam, FM pun telah memasukan Liga Indonesia di database mereka, sehingga pemain game ini bisa memainkan Liga Indonesia mulai dari divisi teratas, Liga 1 hingga Liga Nusantara sebagai divisi terendah di Indonesia.

Berikut ini lima pemain Indonesia yang memiliki label wonderkids:

Ezra Walian CA/PA 85/113

Sejak dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia per maret 2017 lalu maka nama Ezra Walian resmi menjadi salah satu wonderkids. Alasannya sederhana, bila kita memulai game FM 2017—yang notabene edisi terbaru di game itu, maka di usianya yang baru memasuki 18 tahun kemampuannya sudah di atas rata-rata.

Tercatat Ezra memiliki finishing sebanyak 12, off the ball 13, dan pace 12. Sebuah kemampuan sebagai striker mematikan untuk level Liga Indonesia. Meski demikian skill tersebut juga cocok di Eropa bila bermain di kompetisi seperti Liga Belgia atau Liga Belanda.

Evan Dimas CA/PA 75/109

Nama Evan Dimas sempat membuat geger lantaran namanya tercantum dalam daftar wonderkids di situs penggemar game FM fmscout.com pada tahun 2014 silam sebagai salah satu pemain Asia yang dianggap memiliki kemampuan luar biasa dan bisa bermain di Eropa.

Evan di FM 2017 kali ini juga memiliki segala skill yang dibutuhkan untuk menjadi playmaker jempolan, misalnya ia memiliki first touch 11, passing 13, composure 12, decisions 12, dan workrate 12. Dalam beberapa tahun lagi diperkirakan kemampuan lima kemampuan utama sebagai seorang playmaker ini bisa menyentuh angka 15.

Maldini Pali CA/PA 74/92

Sebagai salah satu jebolan Tim Nasional (Timnas) U-19 yang menjuarai AFF U-19 pada tahun 2013 silam, nama Maldini tercatat sebagai lima pemain paling potensial di masa depan versi gim besutan Sport Interactive (SI) ini.

Baca juga
Semarak HUT WCI Jakarta

Kemampuan Maldini yang bisa bermain sebagai gelandang dan juga mampu beroperasi sebagai penyerang sayap ini sesuai dengan skillnya di game FM dimana pemain berusia 21 tahun ini memiliki firsttouch 13, passing 12, technique 11, decision 11, dan vision 13.

Yanto Basna CA/PA 72/107

Di FM, Yanto Basna memiliki kemampuan di atas rata-rata pemain seusianya lantaran kemampuan bertahan yang luar bisa sebagai bek bisa kita lihat dari heading 13, marking 12, tackling 11, anticipation 12, dan decisions 12.

Di dunia nyata, mantan pemain Persib Bandung ini juga sudah dipercaya untuk tampil di Timnas Indonesia Senior dan berlaga dalam ajang Piala AFF 2016 silam kendati usianya masih di bawah 20 tahun.

Abdul Rahman Lestaluhu

Saat ini Abdul Rahman Lestaluhu bermain bagi kesebelasan 757 Kepri di liga 2. Namun di game FM patch 17.3 statusnya masih free transfer lantaran beberapa waktu lalu ia cedera lutut yang cukup parah sehingga memaksanya istirahat hampir dua tahun.

Pemain yang dapat bermain di posisi pemain belakang sampai pemain tengah ini nyatanya masih masuk dalam daftar pemain wonderkids di Indonesia lantaran statistiknya di FM 2017 sangat cemerlang, Heading 17, Tackling 14, Decisions 13, Leadershirp 12, dan Positiongn 11.

Baca juga
Ahn Byung-Keon Sosok Kesuksesan BU

  • facebook share

RELATED NEWS

Lima Pesepakbola Kembar Fenomenal

Lima Pesepakbola Kembar Fenomenal

HOT ISSUE
Derbi yang Tertukar

Derbi yang Tertukar

HOT ISSUE
Lima Pemain Bintang Jebolan Atalanta

Lima Pemain Bintang Jebolan Atalanta

HOT ISSUE
Indonesia Naik ke Urutan Keempat

Indonesia Naik ke Urutan Keempat

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company