Ingin Jadi Navigator? Ini Saran dari Ade Ramadhan

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Panca | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2017

SPORTKU.COM

Menjadi navigator bukan perkara mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut saran dari Ade Ramadhan untuk menjadi seorang navigator.

Ketika Anda berpikir bahwa menjadi navigator merupakan pekerjaan yang sepele, Anda salah besar. Meskipun secara kasat bahwa navigator hanya membacakan pacenote, tapi ada pekerjaan lain yang harus diemban oleh navigator. Salah satunya adalah menjaga tiga pilar penting.

Baca juga
Asia Cross Country Rally 2017

Sebagai navigator senior di Indonesia, nama Ade Ramadhan, sudah tidak diragukan lagi. Jam terbang yang dimilikinya bisa dibilang sudah di atas rata-rata. Pria yang menavigatori Prasetyo Edi di speed offroad dan Toto Michdar di sprint rally, menggambarkan tugas seorang navigator.

"Jadi navigator itu harus membaca buku. Patokannya dari situ. Semua pekerjaan yang dilakukan berasal dari situ. Sehingga kerjasama antara driver dapat tercipta dengan baik," buka Ade Ramadhan. Adapun tiga pilar yang dimaksud oleh Ade Ramadhan tersebut adalah menghubungkan navigator dengan driver, dengan mekanik dan dengan panitia.

Baca juga
Honda Luncurkan Trail Baru

"Ada tiga hubungan yang harus dilakukan oleh navigator. Dengan driver, dengan panitia, dan dengan mekanik. Ketiganya harus dipenuhi. Hubungan navigator dengan driver, saat balapan berlangsung. Navigator dengan panitia, mencari tahu kapan waktu start, jam berapa harus mulai. Sedangkan berhubungan dengan mekanik, lebih ke arah persiapan mobil. Kita punya waktu dua jam, atau satu jam untuk memperbaiki mobil, navigator mengingatkan ke mekanik untuk segera memperbaikinya," beber Ade Ramadhan.

Bahkan, menurut Ade, hal lain yang harus dilakukan oleh seorang navigator adalah untuk tetap menjaga emosi driver. Jangan sampai driver emosi dalam balapan, karena jika emosi naik, maka balapan tidak akan baik. "Jangan perhatikan mobil di sebelah, fokus pada lintasan dan pacenote. Redam emosi driver, harus bisa menahan emosinya," pungkas Ade.

Simak juga
Persaingan Seru Di Gunung Batu Cihuni

Ade Ramadhan, Navigator Toto Michdar di ajang Kejurnas Sprint Rally 2017sprint-rally-3-paramount-39019338ab4640b.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Erwin Mancha Siap Taklukan Persaingan

Erwin Mancha Siap Taklukan Persaingan

SPRINT RALLY
Hyundai Unggul di Shakedown Jerman

Hyundai Unggul di Shakedown Jerman

WRC
Karakter ADAC Rallye Deutschland

Karakter ADAC Rallye Deutschland

WRC
Esapekka Lappi Sesumbar WRC Jerman

Esapekka Lappi Sesumbar WRC Jerman

WRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company