Tampil Buruk di Brno, Lorenzo Salahkan Ducati

Text : Suhartono | Photo / Video : Ducati | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2017

SPORTKU.COM

Peluang Jorge Lorenzo untuk bisa podium di MotoGP Brno, Republik Ceko sirna karena kesalahan komunikasi dengan tim kru.

Seperti sudah menjadi tradisi saat balapan berlangsung di Sirkuit Brno, Republik Ceko dengan cuaca tak menentu. Seperti saat balapan akhir pekan kemarin, Minggu (6/8) yang berlangsung flag to flag karena faktor cuaca. Hal ini membuat para pebalap harus masuk ke dalam pit untuk mengganti motor.

Balapan berjalan baik bagi Lorenzo pada lap-lap awal. Namun karena kesalahan strategi tim dan miskomunikasi harus dibayar mahal oleh pebalap asal Spanyol itu. Atas hasil buruknya di Brno dengan hanya finish ke-15, Lorenzo pun menyalahkan tim Ducati.

"Saya pikir masalah kita adalah keterlambatan dalam keputusan untuk menyiapkan motor kedua untuk trek kering. Keterlambatan ini menciptakan masalah yang kita hadapi di pit lane," keluh Lorenzo usai balapan.

"Saya hanya ingin melakukan satu atau maksimal dua lap lagi sebelum memasuki pit (untuk ganti motor), memberi isyarat kepada mereka, tapi hanya 3 tikungan sebelum memasuki pit, saya menerima sinyal di dasbor, 'Bike Change'," cerita Lorenzo.

"Jadi ketika saya melihat itu, saya masuk pit, mengerti bahwa motornya sudah siap. Tapi ternyata tidak. Mungkin tim melihat bahwa Marc (Marquez) sudah begitu cepat, mereka memutuskan untuk mengambil risiko memasang sinyal ini satu putaran sebelumnya, jadi kita tidak akan kehilangan lebih banyak waktu, tapi perkiraan mereka ternyata butuh waktu 30 atau 40detik untuk mengubah motor, tapi itu tidak cukup, dan motorku belum siap."

Baca Juga
Masa Sulit Ali Adrian di Awal Musim WSSP 300

"Ketika saya masuk, saya melihat tim yang sedang mengerjakan motor, teknisi suspensi memasang setting yang benar, dan ketika saya keluar motor terasa agak aneh, dan mereka juga mengatakan bahwa settingan saya setengah kering, setengah basah. Karena itulah saya tidak bisa melangkah sedikit lebih cepat selama 18 lap."

"Yang saya pahami adalah ketika saya melihat "Bike Change ", saya perlu masuk pit. Saya hanya melihat sinyal dan saya masuk pit. Itu keputusan mereka apakah akan memberi isyarat atau tidak, dan mereka tahu dimana saya berada," kesal Lorenzo.

Meski kesal dengan hasil di Brno, Lorenzo pun cukup berbesar hati. Bahkan dia mengatakan jika dirinya juga sering kali melakukan kesalahan. Lorenzo bercerita seperti halnya saat balapan di Assen. Di mana dirinya masuk pit ketika hal itu tidak perlu dia lakukan.

"Seperti yang saya katakan sebelumnya, kami adalah tim. Kadang saya membuat kesalahan, berkali-kali saya melakukan kesalahan, tahun ini saya telah membuat banyak kesalahan, misalnya di Assen saya masuk pit ketika saya tidak perlu masuk dan kali ini orang-orang (tim) yang membuat kesalahan ini. Jadi Anda harus menerimanya, dan dalam kekacauan yang kita hadapi di MotoGP, ini bisa terjadi," pungkasnya.

Baca Juga
UltraSpeed Racing Team Lahir dari Bengkel (Video)
Ini Sosok Kesuksesan BU

  • facebook share

RELATED NEWS

Rahasia Sukses Azlan Shah

Rahasia Sukses Azlan Shah

ARRC
Honda Wadahi Bikers CBR Balapan

Honda Wadahi Bikers CBR Balapan

ROAD RACE
Indoclub Championship Gak Kalah Gengsi

Indoclub Championship Gak Kalah Gengsi

ROAD RACE
Marquez Isyaratkan Bertahan di Honda

Marquez Isyaratkan Bertahan di Honda

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company