David Garcia Merajut Mimpi Ali Adrian

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 8 August 2017

SPORTKU.COM

Berbicara mengenai karir balap Ali Adrian Rusmiputro di ajang World Supersport (WSSP) 300, tentu tak lepas dari sosok David Garcia.

Tangan dingin David Garcia menjadi salah satu peracik aksi Adrian di Kejuaraan Dunia WSSP 300. Pria yang pernah menjuarai European 250cc Championship pada tahun 2001 itu kini menjadi Manajer Pertamina Almeria Racing Team dengan pebalapnya Ali Adrian.

Debut Adrian di ajang WSSP 300 2017 pun dirasa David berjalan dengan baik. Alias sesuai target. Telah merampungkan 5 seri, kini Adrian bertengger di posisi ke-18 dari 42 pebalap dunia. Adrian sudah kemas 11 poin. Pencapaian ini memberikan kepuasan bagi David.

“Dia satu-satunya pebalap Asia, dan secara teori hanya pebalap Eropa yang mampu berada di kelompok itu. Banyak orang yang mengira Adian butuh waktu lebih lama untuk berada di posisi atas. Tetapi kami mencapainya di pertengahan musim. Benar-benar menggembirakan,” ungkap David.

Perjalanan Adrian menuju hasil ini memang tidak mudah. Bahkan pebalap kelahiran 29 September 1993 itu harus berjuang dengan kendala motor balapnya Yamaha R3 di dua seri pembuka WSSP 300 2017.

Hasil di dua balapan pertama kala itu memang bukan yang diharapkan. Memulai balapan di Sirkuit Aragon, Spanyol, Adrian harus gagal finish. Kesialan Adrian masih berlanjut di Seri 2 di Sirkuit Assen, Belanda yang juga tak mampu menyentuh garis finish.

Namun Adrian tak mau berada dalam keterpurukan. Bersama timnya, Adrian terus bekerjas keras untuk bisa mencapai target, meski dirinya harus bersaing dengan lebih dari 40 pebalap dari berbagai belahan dunia.

Baca Juga
Diva Ismayana Bermasalah dengan Transponder di Kejurnas Motocross Ciamis 2017

Bagi David, Adrian mampu menunjukkan keistimewaannya sebagai pebalap berpotensi. Salah satu yang membuat David kagum adalah sifat pekerja keras yang dimiliki oleh Adrian di tengah kondisi yang serba baru.

“Di satu balapan, Anda bisa berada di posisi 6 dan balapan berikutnya bisa saja ada di posisi 40. Semuanya serba baru buat dia. Tim baru, sirkuit baru, jauh dari negaranya, jauh dari keluarganya. Tapi Adrian adalah pekerja keras. Dia adalah pebalap yang suka uji coba dibanding pebalap lainnya,” beber David.

Kini balapan masih menyisakan empat putaran lagi. Masih banyak peluang bagi Adrian untuk tampil lebih bagus lagi demi tambahan poin. Kendati mengaku gembira dengan hasil Adrian di paruh pertama, David enggan sesumbar mengenai targetnya di paruh kedua.

“Tentu saja kami berharap bisa masuk 5 besar di salah satu balapan dan naik podium menjadi pencapaian maksimum bagi Adrian pada tahun pertamanya di kejuaraan ini,” cetus David yang juga pernah mengantarkan Esteve ‘Tito’ Rabat menjadi juara dunia Moto2 tahun 2014.

Adrian sendiri optimis pada tahun pertamanya di WSSP 300 ini bisa masuk posisi 10 besar. Untuk bisa mengejar target itu, Adrian terus melakukan berbagai langkah perbaikan. Termasuk rutin latihan fisik.

"Di Spanyol saya tidak terlalu banyak latihan fisik dengan gym. Karena di kategori 300cc berat badan pebalap rata-rata 50-an kilogram. Dan saya lebih banyak latihan dengan sepeda, sekali latihan bisa sampai empat jam. Latihan fisik dengan lari juga saya lakukan. Kalau pagi latihan motor," pungkas Adrian.

Baca Juga
Masa Sulit Ali Adrian di Awal Musim WSSP 300
Arsenal Sukses Menangi Community Shield

  • facebook share

RELATED NEWS

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

Dimas Ekky Masuk 10 Besar

ROAD RACE
Andi Gilang Start ke-14

Andi Gilang Start ke-14

ROAD RACE
Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

Hafizh Syahrin Tetap Milik Petronas

MOTO2
Livio Suppo Tinggalkan Honda

Livio Suppo Tinggalkan Honda

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company