Adel, Crosser Indonesia Meniti Karir di Kejuaraan Eropa

Text : Suhartono | Photo / Video : Istimewa | Editor: Andi Wahyudi | 9 August 2017

Crosser Indonesia di Kejuaraan Eropa

SPORTKU.COM

Pebalap Indonesia di kejuaraan dunia bukan hanya dari road race. Tapi ada satu crosser yang ternyata juga mampu menembus Eropa.

Crosser Indonesia yang kini tengah meniti karir di ajang balap dunia adalah Muhammad Delvintor Alfarizi. Pebalap garuk tanah yang akrab disapa Adel itu juga tercatat sebagai salah satu anak didik dari sekolah balap John Van den Berk MX Training (JBMX) di Belanda.

Selama kurang lebih 5 bulan, Adel menimba ilmu di JBMX. Selama itu pula, Adel juga turun di ajang balap Dutch Master of Motocross dan Onk Motocross Belanda. Di paruh kedua musim 2017, Adel pun siap mencoba atmosfir balap yang lebih tinggi yaitu dengan mengikuti seri Motocross European Championship.

Seri Motocross European Championship adalah event balap motocross yang selalu digelar bersamaan dengan seri MXGP (Motocross Grand Prix) dengan Kelas EMX125, EMX150, EMX250 & EMX300. Adel sendiri turun di Kelas EMX125 yang memang disiapkan untuk crosser kategori junior

Adel berencana untuk mengikuti tiga seri Motocross European Championship 2017. Satu seri sudah terlampaui saat balapan digelar di Belgium pada 6 Agustus lalu. Dua seri masih tersisa yaitu di Switzerland (13 Agutsus) dan Swedia (20 Agustus).

Pekerjaan yang tidak mudah bagi Adel untuk bisa bersaing dalam kompetisi balap ini. Mengingat kelas yang diikuti Adel juga diikuti deretan pebalap junior motocross terbaik dari wilayah Eropa. Selain itu juga banyaknya tim pabrikan yang terjun di kelas ini.

Baca Juga
Jefri Tosema Turun Balap di SAC Sentul 2017

Sementara saat balapan di Belgia, Adel mengalami kendala rantai macet pada sesi kualifikasi. Karena waktu terbatas, Adel berinisiatif berlari dari tengah sirkuit ke area pit dengan melepas transponder untuk dipasang di motor latihan yang juga sebagai motor cadangan.

Saat kembali ke sesi kualifikasi, waktu tinggal 3menit yang akhirnya membuat penampilan Adel tak maksimal. Sesi selanjutnya adalah LCR (Last Chance Qualifying Race). Pada sesi ini pebalap yang yang tidak masuk di sesi kualifikasi pertama diberi kesempatan untuk kembali melakukan kualifikasi dan hanya diambil 10 waktu terbaik.

Dalam sesi inipun Adel tidak lolos karena hanya menempati peringkat 16 dari 30 pebalap. Dan secara total kualifikasi Adel hanya menempati peringkat 46 dari 75 pebalap.

Untuk mengikuti balap di Eropa, Adel berstatus sebagai privateer. Hanya ada dukungan dari orang tua, donatur individu yang peduli motocross dan beberapa sponsor lokal seperti helm KYT, Orca Powergear, VMX, dan Djagung Racing Factory.

Struktur tim yang menangani Adel juga terbatas. Hanya terdiri dari pebalap, pelatih dan mekanik. Namun saat balapan di Belgia, karena ada kendala visa akhirnya mekanik pendamping yang sudah 3 bulan bersama Adel harus kembali ke Indonesia.

Namun keterbatasan ini tidak menjadi kendala bagi Adel untuk menuju level yang lebih tinggi. Sang pelatih Jhon Van den Berk menyampikan bahwa dengan umur yang masih muda, yakni 16 tahun dan melihat hasil dari kualifikasi di Belgia, Adel memiliki potensi untuk masuk level junior Eropa.

Baca Juga
Ketika Rossi Mengaku Bodoh
Semarak Kejurnas Sprint Rally 2017 (Video)

  • facebook share

RELATED NEWS

Pencapaian Terbaik Diva Ismayana

Pencapaian Terbaik Diva Ismayana

MOTOCROSS
Corsa di Kejurda Grasstrack Pekanbaru

Corsa di Kejurda Grasstrack Pekanbaru

GRASS TRACK
WBS Playground Adveture Offroad 2017

WBS Playground Adveture Offroad 2017

DIRT
Permintaan IMI Kepada Penyelenggara MXGP

Permintaan IMI Kepada Penyelenggara MXGP

MXGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company