Analisis Lawan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sportku | Editor: Dedi Hermawan | 11 August 2017

Analisis Lawan Timnas Indonesia U-22

SPORTKU.COM

Tim Nasional (Timnas) Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste dan Filipina. Bagaimana peluangnya?

Hasil undian pembagian grup SEA Games 2017 di Malaysia menempatkan Indonesia berada di grup neraka. Sebab Thailand dan Vietnam dalam beberapa tahun terakhir sering kali menjadi batu sandungan bagi Timnas di ajang yang mempertemukan negara-negara di Asia Tenggara itu.

Lantas bagaimana peluang Indonesia? Dalam acara diskusi yang mengangkat tema “Mengembalikan Tradisi Emas Sepak Bola SEA Games", Kamis (10/8) di Gedung KMK Online, Jakarta. Peneliti Taktik KickOff Indonesia, Ryan Tank menilai semua tim peserta grup B memiliki peluang besar untuk menganjal langkah Indonesia.

Pertama-tama Ryan menjelaskan bahwa Thailand menjadi tim yang paling baik dalam memanfaatkan ruang antara FB (Full Back) dan CM (Centre Midfielder) serta mengandalkan kedua sayap dalam menyerang.

“Jadi kalau Indonesia build up, sebaiknya dipikir matang, karena gelandang serang Thailand akan habis-habisan untuk menghalau bola ke depan,” ujarnya.

Pria yang lahir di Mojokerto ini juga mengingatkan bahwa selain Thailand, Indonesia pun wajib mewaspadai Filipina. Pasalnya, mereka memiliki kombinasi taktik yang baik misalnya memaksimalkan serangan dari belakang dengan mengakses lini terakhir berubah menjadi menyerang melalui sayap.

Meski demikian, tim berjuluk The Azkals juga memiliki kelemahan. Menurut Ryan Indonesia bisa menang dari Filipina dengan memancing bek negara tersebut keluar dari zonanya.

“Karena Filipina menggunakan man marking, menggunakan bek kanan tengah dan bek kiri tengah bisa terpancing bila pemain Indonesia berada di sekitar garis penalti” ungkapnya.

Sementara Timor Leste menurut Ryan merupakan one man team. Jadi bila Henrique Wilson mampu 'dimatikan' maka Indonesia bisa memiliki peluang besar untuk melawan bekas provinsi ke-27 tersebut.

Baca juga
Menilik Peluang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games

“Kalo bek Indonesia bisa menutup akses Henrique Wilson, maka besar kemungkinan Indonesia dapat memenangkan pertandingan,” ucapnya.

Sementara Vietnam menjadi tim yang wajib diwaspadai ketimbang Thailand lantaran mereka paling oke dari segi taktik.

“Paling bakal merepotkan adalah Vietnam, mereka paling oke dari segi taktik” ujarnya.


Sedangkan pemain yang wajib diwaspadai adalah Nguyen Cong Phoung. Menurut Ryan, gaya permainannya mirip Karim Benzema.

“Nguyen Cong Phoung itu pemain terbaik milik Vietnam, jadi kita Cong Phoung buruk, maka Vietnam juga buruk,” ungkapnya.


Sementara Kamboja saat ini merupakan tim kuda hitam yang bisa menyulitkan tim kuat. Sepak bola mereka saat ini tengah mengalami perkembangan yang luar biasa. Meski demikian, penyakit negara ini merupakan tim yang paling boros dalam menguras stamina pemain.

“Satu orang bisa di marking empat orang,” tutup Ryan.


 

Baca juga
Harley-Davidson Luncurkan Motor Baru

  • facebook share

RELATED NEWS

IMI Masuki Era Modern

IMI Masuki Era Modern

HOT ISSUE
Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

Sean Gelael Dapat Penghargaan IMI

HOT ISSUE
Daftar Pemenang IMI Award 2017

Daftar Pemenang IMI Award 2017

HOT ISSUE
Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

Bengkel Bos Kasih Oli Gratis

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company