Ryan Atkin Wasit Pertama yang Mengaku Gay

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Skysports | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: bbc,guardian | 11 August 2017

SPORTKU.COM

Wasit sepak bola asal Inggris, Ryan Atkin mendadak jadi perbincangan setelah mengaku dirinya mengalami orientasi seksual dengan menyukai sesama jenis.

Pengakuan mengejutkan sang pengadil lapangan itu membuat namanya tercatat sebagai wasit pertama yang mengaku bahwa ia seorang gay. Dilansir dari BBC, Jumat (11/8) Atkin sendiri nantinya akan ditugaskan untuk memimpin pertandingan National League North and South, sebuah liga kasta keenam di Inggris.

“Ini penting secara pribadi tapi lebih untuk permainan itu sendiri, di mana kita berada dalam sepak bola dan apa yang sedang terjadi di dunia," kata Atkin.

Meski demikian, Atkin mengaku masih mendapatkan rasa khawatir, meski secara umum ia menilai positif sejauh ini.

“Akan selalu ada beberapa komentar negative atau homophobia—terutama di media sosial,” ujarnya.

Baca juga
Mampukah Lukaku Tunjukan Ketajamannya?

“Tapi hal ini semakin memperkuat kebutuhan akan pesan positif yang menunjukan bahwa orang lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) bisa terlibat aktif dalam olahraga, entah mereka keluar atau tidak," sambungnya.

Meski baru menukangi pertandingan di liga amatir, namun Atkin mengaku ingin mengimprove kemampuannya agar suatu hari bisa memimpin laga di Liga Premier—yang notabene merupakan kompetisi tertinggi sepak bola di Inggris.

“Role models (yang ditunjukan) sangat pengint untuk menunjukan bahwa menjadi gay tetapi juga tertarik pada sepakbola bukanlah hal yang sama sekali baru,” tuturnya.

Sementara itu, dikutip dari Guardian, Jumat (11/8) adanya keterbukaan yang dilakukan Atkin dianggap sebagai hal positif bagi Neale Barry, kepala pengembangan senior wasit FA. Menurutnya wasit yang telah berusia 32 tahun tersebut bisa menjadi acuan bahwa profesi wasit terbuka bagi siapa saja.

"Pernyataan Ryan menandai momen penting dalam permainan dan memperkuat fakta bahwa wasit benar-benar terbuka untuk semua orang," ujarnya.

"Dia percaya bahwa orang-orang akan bahagia mengetahui jati dirinya, sehingga ia bisa tampil lebih baik. Peran kami adalah mensupport semua wasit, membantu perkembangan mereka, memaksimalkan potensi mereka dan, terutama, membantu memastikan pengalaman mereka positif," sambungnya.

Baca juga
Yamaha Indonesia Siap Tempur

  • facebook share

RELATED NEWS

Barcelona Tumbangkan Real Betis

Barcelona Tumbangkan Real Betis

FOOTBALL
Ibra Dikontak MU Minggu Ini

Ibra Dikontak MU Minggu Ini

FOOTBALL
Pilihan yang Diambil Gareth Barry

Pilihan yang Diambil Gareth Barry

FOOTBALL
AHM Gelar Kompetisi Futsal

AHM Gelar Kompetisi Futsal

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company