Strategi Jefri Tosema Menangi Race 2 SAC Sentul 2017

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | 13 August 2017

Strategi Jefri Menangi SAC Sentul

SPORTKU.COM

Ggaal di Race 1, Jefri Tosema mampu bangkit di Race 2 Kelas Suzuki Asian Challenge (SAC) 2017 di Sirkuit Sentul.

Perjalanan Race 2 Kelas SAC di Asia Road Racing Championship (ARRC) Sentul 2017 menjadi milik pebalap Indonesia. Adalah Jefri Tosema yang kali ini mampu mengibarkan bendera Merah Putih di podium teratas.

Meski datang sebagai pebalap wildcard, namun juara umum SAC 2016 itu tetap tampil maksimal dengan tunggangan Suzuki GSX-R150. Hasil ini menjadi bukti jika dia masih bisa bersaing dengan para pebalap Asia lainnya.

Jefri Tosema yang menangi Race 2 Kelas SAC Sentul 2017 kemas waktu terbaik 16menit 14.961detik selama 8 lap. Sementara Punchana Kulrojchalalai, pebalap Thailand yang juara di Race 1 harus puas berada di podium kedua. Menyusul di podium ketiga adalah pebalap Jepang Tetsuya Fujita.

“Alhamdulillah saya bisa kembali mengumandangkan lagu Indonesia Raya di Sirkuit Sentul. Di Race 1 saya gagal podium karena crash di lap terakhir. Tapi di Race 2 saya bisa juara meski dengan cedera jari manis di tangan kiri,” ungkap Jefri.

Baca Juga
Hasil Race 1 ARRC Sentul 2017

“Balapan berjalan sangat seru dan saya tidak bisa terus berada posisi tercepat, tapi saya terus mengatur kecepatan dan saya bisa berada di grup depan. Pada lap terakhir di S besar saya sudah bisa bikin gap cukup jauh dan di tikungan terakhir saya bisa sedikit santai,” cerita Jefri.

Memang ada strategi khusus yang disajikan oleh Jefri untuk Race 2 kali ini. Dia mencoba beberapa racing line selama balapan berlangsung. “Saya beberapa lap coba spekulasi racing lina dari dalam, luar dan tengah. Saya coba di S kecil untuk lebih cepat dan sambal ngunci pebalap lain.”

Tak ada pengalaman sebelumnya dengan GSX-R150, Jefri mengaku cukup kagum dengan motor balap yang menggantikan Satria di ajang SAC tersebut. Menurutnya, motor tersebut memiliki rangka yang cocok untuk sirkuit permanen.

Sementara itu, para pebalap Suzuki Indonesia lainnya yang merupakan rider regular di ajang SAC  justru gagal menembus podium juara. Chepy Armansyah yang pada Race 1 finish ke-4 kembali menempati posisi yang sama.

Sedangkan Ahmad Saugi Muchtar yang pada Race 1 bisa finish di podium kedua kini terlempar di urutan 12. Menyusul Nur Al Fath Sam Ahmad di posisi ke-13.

Baca Juga
Wahyu Aji Puji Kekompakan Pebalap Malaysia

  • facebook share

RELATED NEWS

Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok

Sirkuit Phillip Island Pernah Mogok

MOTOGP
Dovizioso Jagokan Marquez di Australia

Dovizioso Jagokan Marquez di Australia

MOTOGP
Rossi Dalam Situasi Sulit

Rossi Dalam Situasi Sulit

MOTOGP
Espargaro Bikin Aprilia Optimis

Espargaro Bikin Aprilia Optimis

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company