Mekanik BJB Pertamax Turbo GRT Curhat Soal Mobil Balap Peugeot

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Greg Bima,Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 14 August 2017

SPORTKU.COM

Menggunakan mobil Peugeot untuk balap tentu memberikan kesan tersendiri bagi Hadi Taruna, mekanik Peugeot. Ia pun curhat tentang suka dukanya.

Jika biasanya di Kejurnas ETCC Indonesia mobil balap didominasi oleh produsen BMW atau Mercedes-Benz, tidak demikian bagi tim balap BJB Pertamax Turbo GRT. Penampilan berbeda justru ditampilkan BJB Pertamax Turbo GRT lantaran menggunakan mobil Peugeot sebagai pacuannya. Hal ini menimbulkan pertanyaan seperti apa suka dukanya dalam menangani mobil tersebut.

Baca juga:
BELUM TAMPIL MAKSIMAL, GRT LAKUKAN INTROSPEKSI TIM

Hadi Taruna, Kepala Mekanik BJB Pertamax Turbo GRT, menceritakan suka dan dukanya dalam menangani mobil Peugeot. Menurutnya, ada kepuasan tersendiri bagi Hattar (sapaan akrab Hadi Taruna) dalam mengoprek mobil Peugeot untuk balapan.

Secara karakter, jelas sudah pasti mobil Peugeot memiliki karakter yang berbeda dengan BMW maupun Mercedes-Benz. Mulai dari jeroan mesin, hingga kaki-kaki pun jauh berbeda. Tak ayal, inilah yang terkadang menjadi sebuah tantangan bagi Hattar dalam mengoprek Peugeot.

"Kadang kalau kita diskusi dengan mekanik yang lebih senior, suka gimana gitu ya. Mereka suka nanya, mobilnya apa? Atau kaya gimana si mobilnya?" ucap Hattar dengan tawa. Memang, menurut pria yang juga hobi dengan Peugeot ini kadang Peugeot masih belum familiar di kalangan balap. Padahal, jika melihat eksistensinya di luar negeri, mobil Peugeot ini banyak dipakai di arena balap, Inggris khususnya.

Namun, meskipun demikian tidak membuat Hattar angkat tangan. Menurut Hattar, Peugeot, memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan mobil lain, terlebih dari sisi jantung pacu. "Mobil ini, mesinnya sudah memiliki torsi yang besar. Lagi pula ECU yang digunakan juga lebih simple, jadi nyettingnya lebih mudah," kisah Hattar.

Baca juga:
JELANG BALAP ISSOM SERI 3, GRT TERUS LAKUKAN PENYEMPURNAAN

Berdasarkan pengalamannya menjadi mekanik balap Peugeot, urusan kaki-kaki menjadi salah satu rintangan terbesar. Pasalnya, sistem suspensi yang dibenamkan pada Peugeot, sungguh berbeda dengan suspensi mobil lainnya. Peugeot, memiliki sistem suspensi torsi, dimana suspensi lebih kompleks. Bahkan saat pengadopsian disc brake untuk belakang, modifikasi yang dilakukan cukup besar.

Penasaran seperti apa suka duka Hattar dalam menangani mobil balap Peugeot, yuk simak ceritanya di video berikut ini.

  • facebook share

RELATED NEWS

Aksi Nekat Sebastien Buemi

Aksi Nekat Sebastien Buemi

FORMULA 1
Aston Martin Podium di Amerika

Aston Martin Podium di Amerika

CIRCUIT
Toro Rosso Absen Abu Dhabi

Toro Rosso Absen Abu Dhabi

FORMULA 1
Williams Membuka Diri untuk Kubica

Williams Membuka Diri untuk Kubica

FORMULA 1

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company