Bos F1 Chase Carey Terapkan Aturan Komponen Mobil F1

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Formula 1 | Editor: Andi Wahyudi | 14 August 2017

SPORTKU.COM

Penggunaan komponen mobil balap Formula 1 sering menjadi sorotan. Namun kini, Chase Carey, memiliki cara untuk menyetarakan hal tersebut.

Melihat biaya pengeluaran tim balap Formula 1 yang sangat mahal, menjadi dalih bagi Chase Carey, bos Formula 1 untuk memberlakukan sebuah patokan baru. Adapun langkah yang diambil oleh Chase Carey adalah ingin memberlakukan kesetaraan komponen yang digunakan oleh masing-masing mobil balap setiap tim. Cara ini sekaligus memberikan cara lain bagi tim papan tengah dan papan bawah agar tetap bisa kompetitif dalam pertarungan Formula 1.

Baca juga:
USAIN BOLT: SELAMAT TINGGAL DAN TERIMA KASIH

Langkah yang diambil oleh Chase Carey ini telah diserahkan kepada Ross Brawn, yang memegang jabatan Chief Sporting F1. Dalam keterangannya, Ross Brawn, menjelaskan meskipun dirinya akan memberikan kesetaraan mengenai penggunaan komponen mobil Formula 1, namun ia tetap tidak ingin membuat peraturan yang baku. "Kami tidak ingin membakukan mobil, kami pikir sangat penting untuk melanjutkan balapan tersebut dengan mengawinkan teknologi dengan sebuah karya seni," ujar Brawn.

"Kami tidak ingin membuat mobil-mobil bodoh, tapi saya pikir kita bisa membakukan penggunaan komponennya. Kami pasti mencari cara untuk mengatasi apa yang bisa dibebani kepada beberapa tim," sambungnya. Selain menyetarakan penggunaan komponen, wacana yang dilempar oleh Chase Carey ini juga bermaksud untuk menekan biaya pengeluaran tim agar lebih terkontrol.

"Itu (penyetaraan komponen) akan memperbaiki keseluruhan ekonomi bisnis dan memungkinkan orang di dalamnya mendapatkan keuntungan, dan juga meningkatkan persaingan. Salah satu tantangan yang kita hadapi adalah beberapa tim yang secara jelas membelanjakannya pada tingkat yang jauh berbeda dari yang lain, dan Anda bisa melihat hasilnya di lintasan," ucar Chase Carey.

Baca juga:
MEKANIK GRT CURHAT SUKA DUKA MENANGANI MOBIL BALAP PEUGEOT

Untuk mensosialisasikannya, Chase Carey, dilaporkan telah melakukan perbincangan dengan tim balap. "Kami telah memulai proses itu dengan tim, jadi kami sudah melakukan beberapa pertemuan pendahuluan. Ada beberapa komponen besar untuk itu, seperti menangani mesin, yang mungkin merupakan bagian paling rumit dari mobil secara keseluruhan," imbuh Carey.

Seperti diketahui, menangani anggaran belanja tim Formula 1 ini sangat bervariasi. Seperti empat tim besar, Ferrari, Mercedes, Red Bull dan Williams, mereka memiliki anggaran lebih dari 350 juta Euro, nilai tersebut mengungguli jauh enam tim yang tidak lebih dari 100 juta Euro dalam membelanjakan pengeluaran mereka.

  • facebook share

RELATED NEWS

Gerry Nasution Bicara Tentang Persaingan

Gerry Nasution Bicara Tentang Persaingan

TOURING
Bos TTI Yakin Haridarma Berjaya

Bos TTI Yakin Haridarma Berjaya

TOURING
Haridarma Manoppo: Saya Terlalu Nafsu

Haridarma Manoppo: Saya Terlalu Nafsu

ITCC
Hasil Kualifikasi ISSOM Seri 4

Hasil Kualifikasi ISSOM Seri 4

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company