5 Transfer Termahal Ligue 1 Musim 2017/2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Official Club | Editor: Andi Wahyudi | 14 August 2017

5 Transfer Termahal Prancis

SPORTKU.COM

Ligue 1 dahulu dikenal sebagai liga yang sering kehilangan pemain bintangnya, kini berubah menjadi penggaet pemain bintang. 

Wajah liga tertinggi Prancis berubah ketika taipan kaya asal Qatar mengakuisisi klub Paris Saint-Germain (PSG) dan mengubah peta persaingan yang ada. "Ketamakan" klub asal Paris dalam membeli pemain membuat klub-klub peserta liga lainnya juga mau tak mau melakukan hal serupa agar persaingan semakin ketat.

Menurut data yang diperolah dari Guardian, musim ini dana transfer baik jual ataupun beli pemain yang ada di Ligue 1 mencapai 883,2 juta poundsterling. Angka tersebut didominasi hasil transaksi yang dilakukan PSG musim ini.

Berikut ini adalah lima transfer termahal Ligue 1 musim 2017/2018:

1. Neymar

Rekor transfer pemain termahal dengan nominal sebesar 89 juta poundsterling atau sekitar Rp1,4 triliun pembelian Paul Pogba dari Juventus menuju ke Manchester United hanya bertahan satu tahun saja. Pasalnya PSG mampu mendatangkan Neymar dari Barcelona senilai 222 juta Euro atau sekitar Rp3,4 triliun.

Banyak yang menganggap harga pembelian pemain asal Brasil itu kelewat mahal, namun bila merujuk data dari Opta, rasa-rasanya, harga pemain yang mengawali karir sepak bola di klub Santos, Brasil itu memang layak dibeli dengan label harga semahal itu.


Selama di Barcelona, Neymar sukses menciptakan 105 gol atau hanya beda tipis dengan salah satu legenda Blaugrana, Rivaldo yang mampu menciptakan 130 gol. Meski demikian, Neymar sukses meraih trofi lebih banyak ketimbang pendahulunya. Ia mampu mengumpulkan 8 trofi sedangkan Rivaldo hanya 4 saja.

Selain itu, nyatanya Neymar merupakan pemain penting bagi Barcelona. Sejak membela klub yang memiliki warna jersey merah-biru itu pada musim 2013/2014 silam, ia tampil sebanyak 186 kali. Hanya Lionel Messi (204) dan Sergio Busquets (196) yang tampil lebih banyak ketimbang dirinya di klub.

Baca juga
Dumoulin Juara BinckBank Tour

2. Youri Tielemans

Kehilangan banyak pemain berbakatnya membuat Monaco melakukan pergerakan transfer yang cukup signifikan musim ini. Salah satunya adalah dengan mendatangkan Youri Tielemans, pemain yang baru berusia 20 tahun.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini dibeli oleh Monaco seharga 21,6 juta poundsterling atau sekitar Rp363,276 miliar. Kehadiran Tielemans tentu akan diproyeksikan menggantikan Tiemoue Bakayoko yang hengkang ke Chelsea.


Bersama RSC Anderlecht, pada musim lalu ia sukses tampi sebanyak 53 pertandingan dan sukses mencetak 18 gol dan 15 asssit di semua ajang yang diikuti oleh klub asal Belgia tersebut. Atas penampilan tersebut, pemain yang telah mengecap empat penampilan bersama Timnas Belgia itu sukses meraih gelar juara dan meraih penghargaan individu berupa pemain terbaik Liga Belgia.

3. Ismaila Sarr

Ismaila Sarr menjadi pemain ketiga termahal di Ligue 1 dengan harga transfer sebesar 15 juta poundsterling atau sekitar Rp260 miliar yang dibayarkan Rennes kepada Metz kendati usianya saat ini baru menginjak 19 tahun.

Namun menurut statistik, harga tersebut dianggap wajar. Maklum, pemain asal Senegal ini tampil memikat di musim lalu dengam sukses bermain sebanyak 31 laga di Ligue 1, di mana ia sanggup menciptakan 5 gol.

Tak heran kalau Barcelona sempat menaruh hati kepada pemain ini lantaran diberkati kecepatan dan teknik yang mumpuni sebagai pemain yang berposisi sebagai winger ini.


4. Yuri Berchiche

Sebelum mendatangkan Neymar, nama Yuri Berchiche keluar sebagai pembelian termahal bagi klub PSG musim ini. Ia ditebus dari klub asal Spanyol. Real Sociedad seharga 13 juta poundsterling atau sekitar Rp250 miliar.

Musim lalu, bek berusia 27 tahun tersebut tampil apik bersama Sociedad dengan tampil sebanyak 35 pertandingan dan sukses mencetak 3 gol di La Liga. Ia pun mampu membawa klub tersebut sukses bercokol di peringkat ke-6.


5. Thiago Maia

Meski baru menginjak usia 20 tahun, klub Lille sudah menjadikan Thiago Maia sebagai pemain termahal klub mereka musim ini dengan menembus dirinya seharga 12 juta poundsterling atau sekitar Rp243 miliar.

Meski masih muda, pemain berposisi sebagai gelandang itu sudah menjadi andalan bagi Santos. Tercatat sejak debutnya pada tahun 2014 silam, ia sudah memainkan 72 pertandingan dan mencetak 4 gol sejauh ini.

Tak heran sebelum Lille sukses mendatangkan Thiago, pemain andalan Tim Nasional Brasil U-20 ini sempat diincar klub besar Eropa seperti Manchester United dan Atletico Madrid.


Baca juga
Kebijakan Baru Mobil Formula 1

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

TOP 5
Tukar Guling Bayern-Dortmund

Tukar Guling Bayern-Dortmund

TOP 5
Lima Pemilik Nomor 7 MU

Lima Pemilik Nomor 7 MU

TOP 5
5 Kejadian Menarik GP Singapura

5 Kejadian Menarik GP Singapura

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company