Perkenalkan Daerah dan Bina Atlet Muda Balap Sepeda

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 14 August 2017

Ngawi Criterium 2017

SPORTKU.COM

Tahun ini Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, menginjak usia ke-659. Untuk memeriahkan hari istimewa tersebut Ngawi menggelar sejumlah event.

Salah satu event yang digelar di Ngawi adalah kejuaraan balap sepeda yang bertajuk “Ngawi Criterium 2017” pada 6 Agustus lalu. Event ini digagas oleh mantan pebalap nasional Puspita Mustika Adya dan ditujukan sebagai pembinaan atlet balap sepeda serta menambah frekuensi lomba balap sepeda di tanah air. Dari race ini juga diharapkan akan muncul bakat-bakat baru terutama untuk kategori sprinter.

“Event ini memang lebih ditujukan untuk pembinaan atlet sekaligus untuk menambah frekuensi pertandingan di tanah air,” ungkap Puspita.

Sementara itu, bagi Pemkab Ngawi sendiri, event ini ditujukan untuk memperkenalkan daerahnya lebih luas lagi.

“Harapannya Ngawi bisa dikenal lebih luas lagi, baik oleh masyarakat Indonesia maupun mancanegara,” ungkap PLT Kadisparpora Kab. Ngawi Yulianto Kusprasetyo.

Ngawi Criterium 2017 diikuti oleh sekitar 120 rider dari berbagai daerah di Indonesia. Selain dari wilayah Jatim, pebalap asal Mamaju (Sulawesi Barat), Jogja, bahkan Qatar juga tercatat mengikuti race yang baru pertama kali digelar di Ngawi ini.

Para peserta berlomba dalam 10 kategori yang dilombakan, mulai dari kategori SD, SMP, Youth, Junior, Women Open, Men Elite hingga Men Master.

Ngawi Criterium 2017 bertempat di kawasan Alun-alun Merdeka Kab. Ngawi dengan lintasan sepanjang 1,1 km. Setiap kategori menempuh jarak yang berbeda. Kelas Elite misalnya, menempuh jarak sebanyak 40 putaran (lap). 

Baca juga:
TIM PGN DOMINASI NGAWI CRITERIUM 2017

Lomba diawali dengan kelas SD, dan dilanjutkan dengan kategori SMP, dan Elite. Oleh penyelenggara, sejumlah kategori memang dilombakan secara bersamaan. Hal itu dilakukan mengingat jumlah peserta yang tidak terlalu banyak pada kategori, hal itu juga dilakukan untuk menghemat waktu.

Race berjalan seru dan mengundang perhatian penonton maupun pendukung para pebalap favortinya. Pada kategori Men Junior persaingan makin terasa. Race berjalan ketat dan para pebalap berupaya mengeluarkan skill-nya untuk mampu memenangkan race. Tensi persaingan makin meningkat pada saat lomba kelas Men Elite yang menjadi race penutup. Selain jumlah rider yang tergolong banyak, kelas ini diikuti para pebalap berpengalaman dengan skill yang telah mumpuni.

Kelas tersebut diikuti oleh para pebalap yang berasal dari sejumlah tim balap sepeda yang telah eksis di tanah air, seperti PGN Road Cycling Team (P-RCT), Milagro, BRCC, United Bike Academy dan tim lainnya. Adapun jarak yang ditempuh para pebalap di kelas ini adalah yang paling jauh (40 lap).

Pada kategori ini, para juri memang dituntut harus lebih teliti dalam mengantisipasi praktik yang kurang sportif, misalnya untuk mendapatkan free lap - dengan alasan mengalami masalah teknis pada sepedanya. Beruntung, juri yang dikomandani oleh Puspita dan Henri Setiawan, yang juga mantan pebalap nasional dan kini sebagai pelatih nasional itu, mampu membuat race berjalan tetap fair.

Penyelenggaraan Ngawi Criterium, diakui pihak penyelenggara, memang masih terdapat sejumlah kekurangan. Meski demikian, banyak pihak yang berharap event seperti ini dapat terus digelar demi kemajuan olah raga balap sepeda di Indonesia.

Para pebalap yang berlomba di Ngawi Criterium 2017

ngawi-criterium-2017-68823d7f16ef9d1.jpg

 

Baca juga:
CIPTAKAN BRACE, DEBUT LUKAKU MENGESANKAN

  • facebook share

RELATED NEWS

Meski Terluka, Dolan Tetap Berjuang

Meski Terluka, Dolan Tetap Berjuang

ROAD BIKE
Belanda Juara Dunia ITT Putri

Belanda Juara Dunia ITT Putri

ROAD BIKE
Dumolin Sebut 2 Pesaing Terkuatnya

Dumolin Sebut 2 Pesaing Terkuatnya

ROAD BIKE
Indonesia Bersaing di Kejuaraan Dunia

Indonesia Bersaing di Kejuaraan Dunia

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company