Infografis Modifikasi Mobil Balap Slalom

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi,Greg Bima | Editor: Andi Wahyudi | 15 August 2017

SPORTKU.COM

Meski terlihat seperti tampilan mobil standar, namun ada beberapa modifikasi yang dibenamkan dalam mobil balap slalom. Apa saja itu?

Slalom menjadi salah satu balapan yang bentuk mobil balapnya tidak begitu ekstrem. Jika dibandingkan dengan beberapa cabang balap lainnya seperti drifting, touring, reli, atau dragrace, mobil balap slalom masih mempertahankan bentuk mobil serta minim modifikasi. Namun, meskipun demikian, modifikasi yang dilakukan lebih ke arah interior dan kaki-kaki.

Baca juga:
INI PERBEDAAN CARA MENGEMUDI MOBIL DRIFTING DAN SLALOM

Dua sektor tersebut menjadi penting karena slalom merupakan balapan adu cepat dan keterampilan peslalom. Hal lainnya yang mendukung modifikasi mobil balap slalom adalah ground clearance. Hal tersebut akan mempengaruhi downforce kendaraan saat melakukan atraksi di antara kun. Di samping itu, downforce tadi juga berfungsi sebagai penyeimbang laju kendaraan.

Modifikasi lainnya yang dibenamkan pada mobil balap slalom adalah interior. Dalam balap slalom, khususnya kelas F atau modifikasi, mobil yang digunakan harus menanggalkan segala perintilan yang ada. Sebut saja, jok belakang, dan jok depan penumpang, dua bagian tersebut dieliminasi agar bobot kendaraan dapat lebih ringan.

Baca juga:
BEDAH KARAKTER SIRKUIT UNTUK DRIFTING DAN SLALOM

Namun, pengurangan bobot yang dilakukan tersebut tidak akan maksimal tanpa adanya modifikasi pada rem tangan mobil. Ini merupakan salah satu faktor penting sebagai penunjang keberhasilan peslalom. Biasanya, mobil balap slalom mendayagunakan double caliper. Mengadopsian double caliper tersebut guna memberikan daya cengkram yang lebih maksimal saat mobil berputar di antara kun.

Agar lebih lengkap, yuk simak infografis berikut!

  • facebook share

RELATED NEWS

Formula 1 dalam Sepekan Terakhir

Formula 1 dalam Sepekan Terakhir

FORMULA 1
Amandio Antisipasi Demas Agil

Amandio Antisipasi Demas Agil

DRIFT
Kalendar Formula E

Kalendar Formula E

FORMULA E
Rio Haryanto Kepincut Formula E?

Rio Haryanto Kepincut Formula E?

FORMULA E

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company