Pesan Ducati Untuk Rossi

Text : Suhartono | Photo / Video : Asphalt & Rubber | Editor: Andi Wahyudi | 18 August 2017

SPORTKU.COM

Perebutan gelar juara dunia ke-10 untuk Valentino Rossi terasa semakin sulit. Penampilan Rossi terus menurun.

Rossi terus menuju ke arah ketidakmampuannya dalam mengontrol tunggangannya Yamaha M1 saat ini. Hal itu menambah teka-teki tersendiri untuk pebalap Movistar Yamaha tersebut: akankah mampu merebut gelar juara dunia ke-10 atau tidak?

Namun penampilannya dalam Seri 11 MotoGP 2017 di Sirkuit Red Bull Ring, Austria akhir pekan kemarin, Minggu (13/8) seperti mengirimkan sinyal akan ketidakmampuan Rossi untuk merebut gelar juara dunia musim ini.

Penampilan Rossi di Austria hanya bisa finish ke-7. Hasil itu tentu jauh dari harapan The Doctor. Hanya ada tambahan 9 poin untuk Rossi. Dirinya pun semakin tertinggal jauh dari para pesaingnya.

Penampilan Rossi yang terus memburuk di musim ini berbanding terbalik dengan Ducati. Dua pebalap pabrikan Italia tersebut justru mampu memberikan banyak perbaikan di musim ini.

Dua seri berlalu diparuh musim kedua tahun ini, baik Andrea Dovizioso maupun Jorge Lorenzo berhasil tampil apik. Catatan waktunya terus membaik sepanjang akhir pekan balapan.

Memang, saat balapan di Brno, Rossi bisa finish ke-4. Sedangkan Dovizioso di posisi ke-6 dan Lorenzo yang merupakan mantan rekan setim Rossi di Yamaha hanya bertengger di peringkat 15.

Namun hasil di Austria jauh berbeda. Rossi yang hanya finish ke-7 tertinggal jauh dari Dovizioso yang menangi balapan. Sedangkan Lorenzo bisa tampil memukau dengan finish ke-4.

Baca Juga
Busi Racing NGK Meluncur Untuk Pasar Indonesia

Bukan tanpa sebab kenapa tim Ducati bisa tampil lebih baik dari Yamaha. Penggunaan fairing baru pada Desmosedici GP17 disebut-sebut menjadi pemicu meningkatnya penampilan Dovizioso dan Lorenzo di sirkuit.

Sejak tampil di Brno, tim Ducati sudah tampil dengan fairing baru. Desain baru yang menjadi satu-satunya update fairing di tahun 2017. Sebelumnya, desain fairing baru tersebut juga telah berhasil diujicobakan oleh pebalap dari tim Pramac Racing Danilo Petruci saat tes privat di Misano selama liburan musim panas.

Selanjutnya, dengan fairing baru tersebut baik Dovizioso maupun Lorenzo bisa menguasai barisan terdepan di babak kualifikasi di MotoGP Brno. Bahkan Dovizioso bisa finish terdepan.

Dengan hasil itu kemudian Dovizioso berani membandingkan teknologi pengembangan fairing pada motor Ducati dengan Yamaha. Menurut Dovizioso, Yamaha menemui kendala dalam pengembangan fairing.

“Saya tidak tahu persis efek fairing baru Yamaha. Mungkin mereka memiliki batas maksimal dalam hal pengembangan fairing baru," kata Dovizioso berkomentar tentang perbedaan fairing Ducati dan Yamaha.

Ungkapan Dovizioso pun seperti memberikan pesan tersirat kepada Rossi. Bahwa kini Ducati bisa menjadi ancaman baginya untuk perebutan gelar juara dunia. Meski berat juga bagi Dovizioso untuk mengejar ketertinggalannya dari Marc Marquez yang terpaut 16 poin.

Sementara itu, Rossi kini masih menghuni posisi ke-4 klasemen sementara dengan hanya 141 poin. Pebalap Italia itu tertinggal 33 poin dari Marquez dan terpaut 17 poin dari Andrea Dovizioso yang ada di peringkat 2.

Sepanjang musim ini, Rossi memang kalah saing dengan Dovizioso. Jika Dovizioso sudah 3 kali meraih kemenangan, lain halnya dengan Rossi yang baru satu kali finish terdepan.

Mungkin, Rossi butuh keajaiban untuk bisa merebut gelar impiannya. 

Baca Juga
Perubahan Regulasi Mesin MotoGP dari Tahun ke Tahun
Inilah Calon Pesepakbola Terbaik Dunia

  • facebook share

RELATED NEWS

Menanti Debut Spaso di Timnas

Menanti Debut Spaso di Timnas

TOPIC OF THE WEEK
Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

Dua Peslalom TTI Berebut Gelar

TOPIC OF THE WEEK
Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

Rea Jadi Musuh Abadi Sykes

TOPIC OF THE WEEK
Membela Shaun Evans

Membela Shaun Evans

TOPIC OF THE WEEK

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company