Fadil Siap Taklukan Tantangan Balap Jalan Raya

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Dok. SPORTKU | Editor: Andi Wahyudi | 19 August 2017

Siasat Fadil Dalam Balapan BSD

SPORTKU.COM

Melakoni balapan jalan raya pertama menjadi hal baru bagi Fadil. Meski demikian, pebalap ini bertekad untuk menaklukannya

Antusias pebalap untuk melakoni balap jalan raya di BSD City juga dirasakan oleh Fadil, pebalap Jakarta Ban Motorsport. Usai melakukan sesi latihan bebas (18/8), Fadil, turut berbagi ceritanya dengan SPORTKU. Meskipun karakter lintasan yang tidak begitu high speed, namun Fadil, mengatakan sirkuit BSD City ini cukup tricky. Pasalnya, sepanjang lintasan pebalap dihadapkan dengan dua chicane dan dua hairpin.

"Setelah latihan tadi, menurut saya lintasannya lumayan tricky, meskipun trek ini tidak begitu high speed. Akhirnya saya coba untuk melakukan setting ulang suspensi," buka Fadil dalam pesan singkatnya kepada Tim SPORTKU. Selain melakukan penyesuaian dari sisi suspensi, Fadil, juga memperhatikan penggunaan gear ratio yang pas untuk mobilnya, hal ini dikarenakan karakter lintasan tersebut tidak memerlukan high speed.

Baca juga:
MELIHAT LEBIH DEKAT SIRKUIT JALAN RAYA BSD

Salah satu hal yang menjadi perhatian pria bernama lengkap Ahmad Fadhillah Alam ini adalah belum menemukannya teknik untuk melakukan late braking atau hard braking. "Bedanya sih kalau di Sentul saya bisa melakukan teknik hard braking atau late braking. Kalau di sirkuit ini lebih sulit. Ini dikarenakan braking poin itu jalannya tidak lurus, atau sedikit berbelok. Ketika saya mencoba untuk melakukan hard breaking, respon mobil langsung menjadi liar. Jadi tadi saya lebih mencoba teknik pengereman di sini," jelas Fadil.

Tidak hanya itu, tantangan lain yang dihadapi oleh Fadil adalah untuk bisa menahan diri. "Lumayan sulit, apalagi pas nanti race day ada dog fight, jadi saya lebih persiapkan diri untuk tidak terlalu nafsu. Tadi bisa tenang karena sedang latihan," tambahnya. Meskipun baru melakoni balap jalan raya, namun, Fadil tetap merasa belum ada kendala lainnya.

Baca juga:
STRATEGI MENANG ERWIN MANCHA DI SPRINT RALLY PALEMBANG

"Cuma tadi agak sedikit khawatir. Baru kali ini ngerasai balapan street race dengan tembok di kiri dan kanan yang cukup dekat. Target sih sejauh ini kalau melihat tadi banyak yang nabrak, saya berpikir untuk bisa finish dengan kondisi selamat," imbuhnya. Adapun bagian yang menjadi perhatian khusus dari pebalap tersebut adalah hairpin yang dibentuk oleh penyelenggara.

"Hairpin yang pertama sih lumayan mengerikan. Karena lurusannya itu sambil belok kiri dan situasinya blind spot," tutup Fadil.

  • facebook share

RELATED NEWS

ISSOM Seri 5 Kembali Berlangsung

ISSOM Seri 5 Kembali Berlangsung

TOURING
Hiruk pikuk F1 Sepekan Terakhir

Hiruk pikuk F1 Sepekan Terakhir

FORMULA 1
Amandio Antisipasi Demas Agil

Amandio Antisipasi Demas Agil

DRIFT
Kalendar Formula E

Kalendar Formula E

FORMULA E

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company