Akui Keteledorannya, Menpora Malaysia Akan Temui Imam Nahrawi

Text : Andi Wahyudi | Photo / Video : Dok.Sportku | 20 August 2017

SPORTKU.COM

Insiden Bendera Merah Putih yang dicetak terbalik dalam buku panduan yang dibagikan pada pembukaan Sea Games XXIX/2017 memang terasa menyakitkan.

Bagaimana bisa di event internasional seperti Sea Games keteledoran seperti itu bisa terjadi? Kekeliruan tersebut terungkap setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi memposting gambar Bendera Merah Putih yang dicetak terbalik dalam akun sosial medianya.

"Pembukaan Sea Games 2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita...Merah Putih. Astagfirullah..," tulis Menpora di akun Instagram dan Twitternya.

Sontak, postingan tersebut juga membuat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) menyampaikan protesnya. Dalam siaran persnya, Ketua KOI Erick Thohir menyesalkan terjadinya kesalahan dalam pemuatan gambar bendera Indonesia terbalik yang termuat dalam buku panduan Sea Games 2017.

"Sudah tentu saya menyampaikan penyesalan yang mendalam atas kesalahan fatal tersebut. Itu menunjukkan keteledoran dan ketidaktelitian. Meski persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menampilkan atau menyajikan identitas negara lain, tetap tidak bisa dibenarkan. Walaupun ini terjadi di dunia olahraga, jangan sampai ada hal yang mengganggu hubungan antar negara karena hal-hal seperti ini," ujar Erick.

Meski dalam hubungan antar negara, pihak Kemenpora yang mewakili pemerintah Indonesia akan menyampaikan sikap protes, namun dalam interaksi sesama National Olympic Committee (NOC), KOI berencana juga akan mengajukan hal serupa.

"Kami akan menyampaikan nota protes dan keberatan kepada Presiden NOC Malaysia, Tunku Imran dan Sekjen, Beng Chop Low tentang hal ini, sekaligus meminta buku tersebut ditarik dari peredaran serta diganti dengan pemuatan bendera Merah Putih yang benar," tegas Erick.

Mendapat respon yang cukup keras, Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia -yang juga Ketua Panitia Penyelenggara Sea Games 2017- Khairy Jamaluddin meminta maaf atas insiden bendera terbalik dalam buku panduan Sea Games 2017 di Kuala Lumpur. Menurutnya, kesalahan tersebut murni ketidaksengajaan.

"Bapak Imam (Nahrawi), tolong terima permintaan tulus saya. Tidak ada kedengkian. Saya sangat menyesal dengan kesalahan yang terjadi, saya minta maaf," ujarnya lewat Twitter sebagai tanggapan atas pernyataan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, seperti diberitakan kantor berita, Bernama.

Ahad ini, (20/8) Khairy Jamaluddin juga berencana akan bertemu langsung dengan Menpora Imam Nahrawi untuk menyampaikan permohonan maaf.

Postingan Menpora Imam Nahrawi mengenai keteledoran penyelenggara Sea Games 2017

sea-games-2017-opening-333686ea326459c.jpeg

  • facebook share

RELATED NEWS

Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE
YRA Gelar Pertemuan Nasional

YRA Gelar Pertemuan Nasional

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company