Menpora Kecewa kontingen Indonesia Dicurangi

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Imam Nahrawi Official Twitter | Editor: Andi Wahyudi | 21 August 2017

SPORTKU.COM

Menpora Imam Nahrawi melalui media sosial milinya mengeluhkan soal ketidakadilan yang menimpa kontingen Indonesia di SEA Games 2017.

Dalam tulisan dan foto yang diunggah di akun Instagram milik Imam yang beralamat di @nahrawi_imam ini menyayangkan adanya ketidakadilan yang diterima oleh kontigen Indonesia di dua cabang olahraga yang berlangsung pada Minggu (20/8).

Cabang yang pertama adalah cabang sepak bola putra, Imam merasa bahwa seharusnya Evan Dimas tidak mendapatkan kartu kuning setelah dilanggar oleh pemain Timnas U-22 Timor Leste, Filipe Oliveira. Padahal dalam tayang ulang jelas bahwa Evan adalah korban lantaran menerima tendangan dari pemain lawan.

Dalam pertandingan yang dimenangkan oleh Timnas U-22 Indonesia dengan skor tipis 1-0 atas Timor Leste ini banyak yang menganggap bahwa wasit asal Malaysia, Nagor Amir Bin Mohamed ini berat sebelah dalam memimpin pertandingan.

“Sangat jelas saya menyaksikan keputusan yang merugikan, bagi Evan Dimas, yang sesungguhnya adalah korban namun justru diganjar kartu kuning. Saya meminta pelatih dan manajer Tim Nasional U-22 untuk mengajukan banding atas keputusan ini," tulis Imam.


Baca juga
Hasil BSD City Grand Prix

Kehilangan Evan memang dapat dikatakan sebagai kerugian yang besar bagi Timnas U-22 Indonesia. Pasalnya, ia merupakan sosok yang tak tergantikan di tiga pertandingan terakhir. Apalagi, lawannya adalah Vietnam yang sejauh ini belum terkalahkan dalam tiga pertandingan.

Sementara kejadiaan naas lainnya diterima oleh Tim Sepak Takraw Putri Indonesia yang dicurangi oleh wasit saaat berhadapan dengan tuan rumah Malaysia di laga final di Indoor Stadium Titiwangsa, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8) malam WIB.

Kejadian tersebut terjadi di set kedua ketika Indonesia unggul 16-10 dari Malaysia, para pemain dan official merasa bahwa mereka dicurangi lantaran wasit asal Singapura, Muhammad Radi berkali-kali menyatakan bahwa pemain Tim Sepak Takraw Putri Indonesia dinyatakan salah dalam melakukan servis.

Hal ini membuat pelatih Tim Sepak Takraw Putri Indonesia, Asry Syam mengajak seluruh pemain untuk melakukan walk-out (WO) dari arena sebagai bentuk protes matinya sportifitas yang ditunjukan dalam cabang olahraga ini.

“Sementara pada Sepak Takraw Putri, lebih dari 5 kali servis (tekong) yang seharusnya menjadi poin bagi Indonesia, justru dianggap fault dan menjadi keuntungan bagi lawan,” tulis Imam yang diketahui ikut menyaksikan pertandingan tersebut.

Politikus asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga menuliskan sindiran terhadap penyelenggaraan ajang olahraga yang mempertemukan negara se Asia Tenggara ini. Menurutnya ajang ini sudah jauh dari sportivitas.

“Seharusnya keputusan wasit harus diambil secara jujur dan tidak memihak. Seperti ada rekayasa untuk menghalangi langkah Indonesia. Apakah kemenangan harus diraih dengan cara seperti ini?” tutup Imam.

 

20.08.2017 Hari ini, Saya menemukan dua keputusan wasit yang tidak adil dalam pertandingan yang saya datangi, yakni Sepakbola dan Sepak Takraw Putri . Sangat jelas saya menyaksikan keputusan yang merugikan, bagi Evan Dimas, yang sesungguhnya adalah korban namun justru diganjar kartu kuning. Saya meminta pelatih dan manajer Tim Nasional U-22 untuk mengajukan banding atas keputusan ini. . Sementara pada Sepak Takraw Putri, lebih dari 5 kali servis (tekong) yang seharusnya menjadi poin bagi Indonesia, justru dianggap fault dan menjadi keuntungan bagi lawan. . Olahraga mengajarkan kita banyak hal tentang makna menghargai kejujuran dan keadilan. Itulah kenapa lahir kata sportivitas yang menggambarkan makna kata olahraga itu sendiri. . Seharusnya keputusan wasit harus diambil secara jujur dan tidak memihak. Seperti ada rekayasa untuk menghalangi langkah Indonesia. Apakah kemenangan harus diraih dengan cara seperti ini?.-IN . #AyoIndonesia #IntiOlahragaAdalahSportivitas #SEAGames2017

A post shared by Imam Nahrawi (@nahrawi_imam) on


Baca juga
EP Tyres Raih Penghargaan Otomotif

  • facebook share

RELATED NEWS

Saturday French Automobile Meet-Up 2017

Saturday French Automobile Meet-Up 2017

HOT ISSUE
Rea Digaet Suzuki Gantikan Iannone?

Rea Digaet Suzuki Gantikan Iannone?

HOT ISSUE
Intersport Rambah Aplikasi Digital

Intersport Rambah Aplikasi Digital

HOT ISSUE
UCI Kembangkan MTB XC

UCI Kembangkan MTB XC

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company