Pro Kontra Penerapan Teknologi Var di Serie A

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Alchetron,SpazioCalcio | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: football italia,eurosport | 21 August 2017

Pro Kontra VAR di Serie A

SPORTKU.COM

Pekan pertama Serie A mengundang banyak kontroversi terkait penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

Musim ini, teknologi VAR mulai diterapkan di Serie A. Teknologi yang diciptakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan ini telah melakukan debutnya di laga perdana di kompetisi tertinggi sepak bola Italia secara serencak akhir pekan ini.

Ada dua pertandingan yang wasitnya menggunakan bantuan VAR dalam mengambil keputusan di pekan ini, yakni saat laga antara Juventus melawan Cagliari dan Bologna melawan Torino dimana dua pertandingan tersebut terjadi kontroversi.

Di laga Juventus melawan Cagliari yang berakhir kemenangan bagi Si Nyonya Tua 3-0 ini terjadi kontroversi kala sang tamu, Calgiari diberikan kesempatan untuk melakukan pinalti dalam laga yang berlangsung di di Allianz Stadium, Sabtu (19/8) malam WIB.

Pada menit ke-39, tim tamu mendapat hadiah penalti Setelah Fabio Maresca, wasit yang memimpin pertandingan tersebut menunjuk titik putih usai memperhatikan video rekaman ulang. Beruntung Kiper Juventus, Gianluigi Buffon mampu mementahkan tendangan algojo Cagliari, Diego Farias.


Baca juga
Kemenangan untuk Mengenang Korban

Usai pertandingan, Buffon ditanya soal penerapan tekonolgi VAR sebagai bantuan pentujuk bagi wasit untuk menentukan keputusan gol, keputusan penalti, kartu merah-kuning, dan kesalahan pemberian kartu pada pemain. Menurut kiper gaek andalan Timnas Italia tersebut tak masalah, ia menganggap ini bisa sebagai pelecut timnya untuk tampil tanpa kesalahan.

"Kami ingin melupakan yang sudah berlalu dan menjalani masa sekarang dengan penuh antusias. Ada banyak rekan baru, juga ada tekonolgi baru, yang harus kami terima tanpa perlu ada rasa takut,”ujar Buffon seperti dinukil dari Football Italia.

Gianluigi Buffon (youtube)

sinisa-mihajlovic-gianluigi-buffon-14226b9aa352991.jpg


Hal kontras terjadi di dalam partai yang mempertemukan Bologna dengan Torino yang berakhir imbang 1-1. Dalam laga tersebut satu gol milik Il Toro jelang akhir pertandingan dianulir wasit yang memimpin laga tersebut.

Gol pemain Torino, Alex Berenguer di menit ke-83 dianulir lantaran Andrea Belotti yang memberi umpan dinyatakan offside dalam tayangan ulang. Namun menurut Manajer Torino, Sinisa Mihajlovic gol tersebut sah karena bola menyentuh pemain Bologna Mattia Destro yang memberikan bola) secara tak sengaja) kepada Belotti.

"Semua orang di stadion bisa melihat bahwa itu adalah Mattia Destro yang mengumpan ke arah Andrea Belotti dan bukan Tomas Rincon. Bahkan, tak satu pun pemain Bologna yang berhenti untuk protes karena offside,” keluh Mihajlovic seperti dikutip dari Eurosport.

Sinisa Mihajlovic (Alchetron)

sinisa-mihajlovic-gianluigi-buffon-351559c70952c6b.jpg

Sebelumnya, hal senada pernah diutarakan oleh Manajer AC Milan, Vincenzo Montella yang mengkritisi penerapan VAR dalam laga uji coba melawan Real Betis dengan skor akhir kekalahan bagi Mulan2-1 di Stadion Angelo Massimino, Catania, Kamis (10/8) silam.

Menurut pelatih yang saat aktif bermain sepakbola terkenal ketika membela AS Roma ini mengaku bahwa penerapan VAR itu merusak ritme pertandingan.

"Kami harus terbiasa dengan interupsi, menyadari kapan insiden kredibel, dan kapan tidak. Seperti apa situasi yang terjadi dan kapan permainan dihentikan," ujarnya seperti dikutip dari Football Italia.

Baca juga 
Hasil BSD City Grand Prix

  • facebook share

RELATED NEWS

Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE
YRA Gelar Pertemuan Nasional

YRA Gelar Pertemuan Nasional

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company