Flat Visor Helm Manjakan Pebalap, Ini Fungsinya

Text : Suhartono | Photo / Video : Suhartono | Editor: Andi Wahyudi | 21 August 2017

SPORTKU.COM

Helm menjadi salah satu peranti wajib yang harus digunakan oleh para pebalap. Teknologi yang disematkan pada helm pun semakin canggih.

Mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan para pebalap, maka pabrikan helm kini juga menghadirkan beragam keunggulan pada helm. Salah satunya adalah adanya peranti tambahan flat visor helmet atau kaca helm datar. Lalu apa sih flat visor pada helm?

Flat visor biasa juga disebut kaca helm 2D. Bentuknya dari bagian atas kaca sampai bawah datar/tidak cembung. Fungsi dari flat visor pada dasarnya adalah agar bisa ditempeli dengan tear off, lapisan seperti plastik yang disematkan di bagian luar visor.

Plastik tersebut juga berfungsi sebagai pelindung visor helm dari terpaan debu, kotoran. Plastik ini berfungsi untuk menjaga agar kaca helm bisa langsung bersih dari cipratan air atau pasir dan kotoran. Tentu hal ini memiliki fungsi vital bagi para pebalap pada saat balapan berlangsung.

Hal tersebut juga diakui oleh Wahyu Aji Trilaksana. Pebalap pabrikan dari tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) tersebut mengatakan sudah cukup lama memakai helm dengan flat visor. Baik untuk balapan nasional maupun internasional di Asia Road Racing Championship (ARRC).

"Kalau menurut saya flat visor itu enaknya karena bisa dipasang tear off, jadi kalau pas balap kaca helm kita terkena kotoran, kan gak mungkin kita berhenti dulu buat bersihin. Jadi tinggal lepas aja tear off-nya dan kaca helm bisa langsung bersih," ungkap Wahyu Aji yang pakai helm Arai saat balapan.

Begitu juga diakui oleh Imanuel Putra Pratna. Pebalap yang saat ini balapan di ajang ARRC bersama tim sateli Yamaha tersebut mengaku flat visor hanya memiliki fugsi untuk mempercepat pembersihan kaca pada helm.

“Keunggulan flat visor cuma karena ada dudukan buat tear off. Jadi kalau helm kotor karena terkena debu saat balapan bisa langsung dilepas dan visor-nya langsung bersih,” ungkap Imanuel.

Baca Juga
NHK Uji Helm Baru dengan Flat Visor di Kejurnas IRS

Lahirnya flat visor memang lebih menyasar untuk penggunaan di sirkuit balap. Namun beberapa bikers juga ada yang sudah mengaplikasikannya untuk digunakan riding harian. Meski kurang cocok dan terlalu memaksa, mereka yang menggunakan flat visor untuk harian memang hanya sekadar buat gaya-gayaan.

"Yang pakai harian sudah ada, tapi masih sedikit. Karena flat visor tidak terlalu berguna juga untuk harian. Kebanyakan yang pakai buat harian itu lebih untuk gaya dan keren-kerenan saja," ungkap Agus Hermawan, owner Juragan Helm yang bermarkas di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Menurut Agus, tidak semua helm dibuat dengan flat visor. Artinya, flat visor hanya bisa ditemui pada tipe-tipe helm balap. Ada yang helm standar sudah dilengkapi dengan flat visor, namun banyak pula yang flat visor-nya harus dibeli terpisah dari helm. Catatannya, tidak semua helm tersedia atau bisa dibikin flat visor.

"Flat visor sebenarnya dibuat untuk pemakaian tear off atau lapisan plastik tipis yang disematkan di luar kaca. Supaya visor tetap bersih ketika balapan, biasanya bisa dipasang 2-3 lapis," sambung Agus saat berbincang dengan SPORTKU.com.

Di etalase Juragan Helm sendiri, juga dijual flat visor untuk beberapa merek helm. Seperti flat visor untuk helm Shoei X14 dan Z-7, Arai RX7X, Xlite dan Nolan X802RR. Masing-masing flat visor itu dijual seharga Rp1,1 juta (tanpa helm).

Tapi buat para pebalap yang ingin mendapatkan helm plus flat visor dengan harga terjangkau bisa lirik brand lokal KYT. Di mana KYT CS dibanderol seharga Rp2,5 juta dan KR-1 dijual Rp4,1 juta. Helm KYT KR-1 bahkan sudah banyak dipakai para pebalap lokal di ajang Kejurnas Indospeed Race Series (IRS). Khususnya untuk Kelas Sport 250cc dan Supersport 600cc.

Baca Juga
Ducati Tampil Memukau di WSBK Jerman
Ibra Siap Dikontrak MU

  • facebook share

RELATED NEWS

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

Kebiasaan Aneh Wahyu Aji

DID U KNOW
Suplemen untuk Pesepeda

Suplemen untuk Pesepeda

DID U KNOW
Seberapa Pentingkah Team Order?

Seberapa Pentingkah Team Order?

DID U KNOW
Trik Agar Selamat Saat Crash!

Trik Agar Selamat Saat Crash!

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company