Lima Pemain Bintang Jebolan Atalanta

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Atalanta Official,sportku | Editor: Andi Wahyudi | 22 August 2017

Lima Pemain Bintang Jebolan Atalanta

SPORTKU.COM

Atalanta Bergamasca Calcio memang bukanlah klub yang  dikenal memiliki prestasi mengkilap. Namun, lulusan akademi klub ini banyak menjadi pemain bintang.

Di tempat asalnya, kesebelasan Atalanta kalah pamor ketimbang AC Milan dan Inter Milan dalam hal prestasi. Satu-satunya raihan gelar yang pantas dibanggakan oleh klub berjuluk Nerazzuri ini hanyalah menjuarai Coppa Italia pada musim 1962/1963.

Meski demikian, tak membuat Atalanta dipandang sebelah mata. Kehadiran klub tersebut untuk meramaikan meriahnya kancah Serie A selalu dinanti. Pasalnya, kesebelasan yang berkandang di Stadion Stadion Atleti Azzurri d'Italia ini dikenal sebagai pemasok pemain muda yang dikemudian menjadi pemain bintang dikemudian hari.

Musim lalu Atalanta sukses mengangetkan publik Italia dengan mengakhiri klasemen Serie A di peringkat ke-4. Uniknya, pemain yang menghuni klub berjuluk La Dea itu didominasi oleh pemain muda, sebut saja Roberto Gagliardini, Andrea Conti, dan Franck Kessie. Ketiganya saat ini sudah dibeli oleh klub lain.

Tak heran kalau sebuah lembaga riset penelitian sepak bola bernama CIES Football Observatory pada tahun 2014 menobatkan Atalanta sebagai akademi sepak bola terbaik di Italia dan menempati peringkat ke-18 terbaik di dunia.

Baca juga
Juventus Kembali Inginkan Patrik Schick

Berikut ini adalah lima pemain hebat yang merupakan hasil didikan akademi Atalanta:

1. Gaetano Scirea

Kehebatan Atalanta dalam memproduksi pemain hebat bukanlah terjadi kemarin sore, melainkan sudah sejak dahulu. Nama pertama yang dianggap menjadi seorang bintang adalah Gaetano Scirea. Pemain yang wafat di usia yang masih muda, 36 tahun itu dikenal sebagai bek terbaik sepanjang masa.

Sebagai seorang libero, Scirea dikenal ahli dalam membaca serangan lawan. Tak heran ia mampu memenangkan semua gelar sebagai pemain mulai dari Scudetto, Piala Italia, Liga Champions, Liga Europa, hingga Piala Dunia bisa diraihnya. Total 14 piala berhasil dimenangkan oleh dirinya itu.

Tak ada yang menyangka bahwa salah satu legenda Juventus ini merupakan jebolan Atalanta. Pemain yang dikenal sangat sportif dalam karirnya itu—lantaran tak pernah mendapatkan kartu—ternyata merupakan jebolan dari akademi Atalanta. Scirea bahkan sempat berkarir selama dua musim di klub yang telah membesarkan namanya itu.

2. Roberto Donadoni

Nama Roberto Donadoni pernah begitu dieluh-eluhkan oleh penggemar AC Milan. Pasalnya, pria kelahiran Bergamo ini menjadi salah satu andalan AC Milan dalam periode 1986-1996. Namanya masuk ke dalam skuat Dream Team yang memenangkan banyak gelar di bawah asuhan Arrigo Sacchi dan Fabio Capello.

Tak ada yang menyangka bahwa Donadoni merupakan jebolan akademi Atalanta. Bahkan ia banyak berperan di klub tersebut dengan mengantarkan tim yang dikenal dengan warna seragam biru-hitam ini memenangkan gelar Serie C1 dan Serie B dalam empat musim.

Kini setelah memutuskan pensiun sebagai pemain pada tahun 2000 silam, Donadoni disibukan dengan kegiatannya sebagai pelatih. Meski dianggap sebagai allenatore jenius, namun hingga saat ini ia belum memberikan satu gelar pun bagi kesebelasan yang ia tukangi, termasuk Bologna. Klub yang ia asuh sejak tahun 2015 silam.

3. Alessio Tacchinardi

Selama berkarir sebagai pesepak bola, nama Alessio Tacchinardi sangat identik dengan Juventus. Maklum, kurang lebih ia bergabung bersama klub asal Turin tersebut selama 11 tahun. Tak heran, pria yang saat masih aktif sebagai pemain ini berposisi sebagai gelandang bertahan ini mampu sumbangkan 17 trofi bagi klub.

Tak heran kalau namanya masuk ke dalam deretan 50 Nama Legenda Juventus yang tercatat di Juventus Stadium kendati ia tak mengakhiri karir sepak bolanya bersama klub berjuluk Si Nyonya Tua tersebut.

Baca juga
Rooney Cetak Gol ke-200 di Sepanjang Karirnya di Liga Primer Inggris

Tacchinardi sendiri memulai karir profesional bersama Atalanta di mana ia sukses menghabiskan dua musim di klub tersebut walau hanya tampil sebanyak 9 pertandingan saja. Namun karena penampilan cemerlang yang ditunjukan olehnya itu mampu memikat Direktur Juventus, Luciano Moggi yang memang ahli dalam mencari pemain berbakat.

4. Giampaolo Pazzini

Mungkin, banyak yang tidak mengetahui bahwa Giampaolo Pazzini merupakan pemain yang diciptakan sebagai football genius oleh Atalanta. Maklum, bersama Orobici ia hanya tampil satu setengah musim lantaran digaet oleh Fiorentina.

Nama Pazzini baru menjadi buah bibir ketika bermain bagi Sampdoria pada musim 2009/2010 ketika ia diduetkan dengan Antonio Cassano. Dalam musim tersebut ia sukses mencetak 19 gol yang mana membuat dirinya menjalani debut bagi Tim Nasional (Timnas) Italia.

Atas dasar itulah, pemain yang kini menginjak usia 33 tahun itu sempat merasakan bermain di dua tim besar Serie A, yakni Inter dan Milan dalam kurun waktu selama empat musim 2011-2015 di mana di saat itu merupakan masa keemasan pemain yang kini menjadi andalan Hellas Verona tersebut.

5. Riccardo Montolivo

Riccardo Montolivo yang dalam beberapa musim terakhir menjadi kapten AC Milan ini merupakan pemain yang memulai karir sepak bolanya di akademi Atalanta. Tercatat pria yang kini menginjak usia 31 tahun ini sudah berada di klub tersebut sejak usia 7 tahun dan baru menjalani debut pada usia 18 tahun.

Bakatnya memang sudah tercium sejak masih muda. Di tahun 2001 ia sudah dipercaya untuk membela Gli Azzuri di kategori usia 16 tahun. Tak sampai dua tahun membela Atalanta senior, ia pun ditarik oleh Fiorentina dan kini tercatat menjadi pemain andalan Milan sejak tahun 2012 silam.

Jebolan Akademi Atalanta (Sportku)
jebolan-akademi-atalanta-youtube--26839753050eed2.jpg


Baca juga

Ott Tanak Juara WRC Jerman

  • facebook share

RELATED NEWS

Jawara Kontes Video DAM

Jawara Kontes Video DAM

HOT ISSUE
Juara Wimbledon Novotna Berpulang

Juara Wimbledon Novotna Berpulang

HOT ISSUE
Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company