OMR Yamaha vs Honda, Siapa Terbaik?

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok.Sportku | Editor: Andi Wahyudi | 22 August 2017

SPORTKU.COM

Di Indonesia, ada dua pabrikan yang konsisten menggelar ajang balap. Bahkan sudah sejak puluhan tahun silam.

Yamaha dan Honda memang menjadi dua pabrikan di Indonesia yang terus bersaing. Bukan hanya soal persaingan dalam hal penjualan produk. Namun dalam dunia balap, keduanya juga terus bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Tak hanya terjadi di balapan kelas internasional seperti halnya MotoGP. Akan tetapi, Yamaha dan Honda juga adu gengsi di balapan Indonesia. Pabrikan yang sama-sama dari Jepang itu seperti sulit untuk akur, baik itu di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) maupun Kejuaraan Daerah (Kejurda).

Seperti ingiin mencari ketenarannya msing-masing, Yamaha dan Honda pun melahirkan ajang balap bergengsi masing-masing. Honda dengan Honda Dream Cup (HDC) sedangkan Yamaha eksis dengan program balap Yamaha Cup Race (YCR).

Bagi keduanya, balapan satu merek atau yang lebih dikenal dengan sebutan one make race (OMR) tersebut menjadi kawah candradimuka dalam pencarian bibit-bibit pebalap muda Tanah Air. Memang tak bisa dipungkiri, sudah banyak pebalap yang lagir dari sana.

YCR sendiri yang hingga kini masih menjadi kebanggaan bagi Yamaha terus digaungkan. Masuki tahun ke-28, ajang balap satu merek ini sudah dimulai sejak tahun 1989 silam. Di mana saat itu masih musim balapan dengan motor-motor bermesin 2tak.

Selama beberapa tahun tersebut, Yamaha juga memboyong balapan YCR ke berbagai kota di Indonesia. Menjadi acara road show, YCR dipentaskan di berbagai kota di Tanah Air. Mulai dari kawasan barat Indonesia hingga wilayah timur kebagian jatah sebagai tuan rumah YCR.

Dari ajang ini, Yamaha pun menelurkan banyak pebalap unggulan. Sebut saja Galang Hendra Pratama dan Rey Ratukore, mereka adalah jebolan YCR yang kini tengah membalap di Asia Road Racing Championship (ARRC). Ada juga Doni Tata Pradita dan Rafid Topan Sucipto. Kedua pebalap itu bahkan pernah melenggang ke Kejuaraan Dunia Moto2.

Baca Juga
Ali Adrian Kembali Mendulang Poin di WSSP Jerman

Sementara itu, Honda juga tak mau kalah. Melihat Yamaha sukses dengan ajang balap satu mereknya, pabrikan berlambang sayap kepak ini pun akhirnya meracik event serupa. Di mana tahun 2004 menjadi musim perdana Honda menggelar OMR, saat itu Honda masih dengan motor andalannya Kharisma.

Sejak saat itu, Honda pun terus mempersembahkan balapan berkualitas di Tanah Air. Hingga pada akhirnya OMR Honda berganti nama menjadi Honda Racing Championship (HRC). Perubahan nama kejuaraan milik Honda ini terjadi pada tahun 2006, atau setelah dua tahun menggelar OMR.

Honda terus bertransformasi dengan gelaran HRC. Sama seperti YCR, balapan tersebut juga diboyong ke beberapa wilayah di Indonesia. Balapan satu merek Honda terus mendapatkan tempat tersendiri di kalangan pecinta balap Tanah Air.

Honda kembali melakukan perubahan nama. Dari HRC kini menjadi Honda Dream Cup (HDC), tepatnya pada awal musim 2016 lalu. Hingga sekarang, nama HDC masih dipakai Honda untuk mencari bibit-bibit unggul pebalap muda. Dari event ini pula Honda bisa mendapatkan generasi baru pebalap Tanah Air.

Pebalap-pebalap unggulan Indonesia yang digembleng di ajang HDC seperti Awhin Sanjaya dan Gerry Salim yang saat ini keduanya sama-sama membalap di ARRC dengan bendera Astra Honda Racing Team (AHRT). Andi Gilang atau Andi Farid Izdihar, salah satu pebalap andalan Honda di ajang CEV Moto3 Eropa ini juga lahir dari HDC.

Semoga peran Yamaha dan Honda dalam memajukan dunia balap di Indonesia mampu mendongkrak kualitas pebalap muda Tanaha Air. Harapannya, mereka bukan hanya menjadi jagoan kandang, namun juga menonjol di kancah internasional.

Baca Juga
Karel Abraham Bertahan di Aspar Team
5 Pemain Bintang Jebolan Atalanta

  • facebook share

RELATED NEWS

Harlan Fadhillah Mengaku Kecolongan

Harlan Fadhillah Mengaku Kecolongan

INDOSPEED
Espargaro Ingin Ulangi Momen Baik

Espargaro Ingin Ulangi Momen Baik

MOTOGP
Rekor Rossi di Phillip Island

Rekor Rossi di Phillip Island

MOTOGP
Koleksi Foto Kejurnas IRS

Koleksi Foto Kejurnas IRS

INDOSPEED

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company