Rekam Jejak Nakagami, Pebalap Baru MotoGP Asuhan Honda

Text : Suhartono | Photo / Video : MotoGP | Editor: Andi Wahyudi | 22 August 2017

SPORTKU.COM

Takaaki Nakagami akan menjadi pusat perhatian baru di ajang MotoGP 2018 mendatang. Pebalap asal Jepang itu bakal tinggalkan Moto2.

Nakagami akan menjadi pebalap baru di ajang MotoGP bersama tim satelit LCR Honda. Keputusan LCR Honda yang menggandeng Nakagami sekaligus menjawab rumor yang memang sudah lama beredar. Di mana musim 2018 nanti LCR Honda menambah satu motor sekaligus pebalapnya.

Karier Nakagami di ajang balap dunia memang terbilang mulus. Sejak usianya masih 4 tahun, pebalap berusia 25 tahun itu sudah akrab dengan sepeda motor. Meski saat itu orang tuanya masih sekadar hanya memberikan pocket bike.

Sama halnya dengan para pebalap dunia lainnya, karir Nakagami dimulai dari balapan kandang di Negeri Sakura. Pebalap yang lahir di Kota Chiba, Jepang ini pertama kali turun balap di ajang Japanese Road Race Championship untuk Kelas GP125 bersama Harc-Pro Honda Team. Sebagai rookie, debut Nakagami cukup memuaskan dengan finish ke-13.

Prestasinya yang dianggap memuaskan di tahun pertamanya di ajang Japanese Road Race Championship, maka di tahun berikutnya Nakagami masih bertahan di balapan ini. Dirinya pun masih tetap bersama tim lamanya. Pada tahun keduanya, perjalanan Nakagami berjalan mulus. Dia sering kali menang di setiap balapan dan menjadi juara GP155 termuda di Jepang.

Masih di tahun 2006, nama Nakagami pun kemudian merebak di luar Jepang. Saat itu Nakagami bergabung dengan MotoGP Academy yang kemudian memberinya kesempatan untuk berkompetisi di luar negeri. Event perdana luar negeri yang diikutinya adalah seri CEV Spanyol di Kelas GP125. Tahun pertamanya memboyong Nakagami ke posisi 12. Hasil terbaiknya saat itu dengan finish ke-5 pada Seri 2 yang dilangsungkan di Sirkuit Jerez.

Baca Juga
Komunitas YROI Gelar Jamnas ke-2 di Malang

Merasa karirnya akan terus berkembang di ajang balap motor, kemudia pebalap kelahiran 9 Februari 1992 silam itu memutuskan untuk fokus di CEV Spanyol di tahun 2007 bersama MotoGP Academy. Pada tahun keduanya ini, Nakagami menutup musim CEV Spanyol di peringkat 6. Hasil terbaik finish ke-6 saat tampil di Sirkuit Valencia.

Prestasi Nakagami terus memuncak. Pada tahun 2007, Nakagami juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di Kejuaraan Dunia 125cc (Moto3) sebagai wildcard. Pada balapan yang dilaksanakan di Sirkuit Valencia tersebut, Nakagami berhasil menduduki posisi 20 pada sesi kualifikasi. Sayangnya, dia tak mampu menyelesaikan balapan di babak final.

Baru di tahun 2008, Nakagami secara resmi memulai balapan di Kejuaraan Dunia Moto3. Bersama IC Team, Nakagami menggeber Aprilia. Debutnya di Moto3 hanya membuatnya menempati posisi 24 klasemen akhir. Penampilan terbaiknya di Sirkuit Donington Park, Inggris dengan finish ke-8.

Perjalanan karir Nakagami terus berlanjut. Di tahun 2009, Nakagami memilih tim Ongetta Team ISPA asal Italia. Namun dia masih tetap membalap dengan Aprilia RS125. Hasil akhinya pun membaik. Di mana pada tahun 2009 dia menutup musim balap dengan menempati peringkat 16. Dengan finish terbaik di posisi ke-5 saat tampil di Sirkuit Le Mans dan Donington Park.

Meskipun memiliki tawaran untuk tetap berada di Moto3, namun Nakagami memutuskan untuk pulang kampung ke Jepang pada tahun 2010. Nakagami kembali ke pelukan tim Harc-Pro untuk berkompetisi di ajang Japanese ST600 dengan motor Honda.

Meski belum memiliki prestasi terbaik di Moto3, akan tetapi Nakagami dipercaya oleh Italtrans Racing Team untuk naik kelas ke Moto2. Beberapa hasil manis ditorehkan olehnya saat kembali melakoni aksinya bersam Harc-Pro.

Dia tetap bersama Harc-Pro pada tahun 2011 sekaligus membuat geger dunia balap di Jepang. Saat itu Nakagami pindah ke balap mobil dan turun di Kelas J-GP2 dengan Honda HP6. Nakagami memenangkan 5 dari 6 balapan meski absen di Okayama karena cedera. Pada tahun itu Nakagami juga dipercaya Italtrans Racing Team untuk tampil di Moto2 Jepang sebagai wildcard.

Baca Juga
OMR Yamaha vs Honda, Siapa Terbaik?

Masuki musim balap 2012, Italtrans Racing Team memberikan kesempatan kepada Nakagami untuk tampil penuh di Moto2. Nakagami mengendarai Kalex dengan mesin Honda CBR600. Sebagai pebalap rookie, dia menyelesaikan musim di posisi ke-15. Untuk 2013, Nakagami tetap di Moto2 dengan Italtrans. Di babak pembukaan di Losail, Nakagami meraih podium pertamanya di Moto2 dengan finish ke-3. Penampilan lain Nakagami di Le Mans, dia meraih pole position pertamanya di Moto2.

Kemudian Nakagami meraih podium keduanya di Moto2 dengan finish kedua di belakang Esteve Rabat pada balapan di Indianapolis. Saat itu Nakagami mampu memimpin sebagian besar balapan, namun lolos di lap penutupan dan terpaut di bawah 1detik dari sang juara.

Masih di tahun 2013, ia mengambil posisi pole keduanya di Moto2 Ceko. Dia kembali finish kedua namun kali ini di belakang Mika Kallio. Nasib baik Nakagami kembali berlanjut di Moto2 Inggris. Pada balapan yang diselenggarakan di Sirkuit Silverstone tersebut, Nakagami kembali finish kedua di belakang Scott Redding.

Di Misano, Nakagami kembali menempati posisi kedua. Dia memimpin sebagian besar balapan sebelum dia dikalahkan Pol Espargaro di lap penutup. Dia akhirnya hanya bisa menyelesaikan di posisi 8 pada klasemen akhir.

Untuk tahun 2014, Nakagami menandatangani kontrak untuk Idemitsu Honda Team Asia milik Tadayuki Okada. Awal yang positif untuk musim 2014 dengan finish ke-2 di Qatar. Namun karena alasan teknis, kemudian hasil itu dianulir dan Nakagami dinyatakan gagal finish. Nakagami terus berjuang untuk sisa musim dan menyelesaikan balapan di posisi 22 klasemen akhir.

Terlepas dari perjuangan beratnya di tahun 2014, Nakagami tetap bersama Idemitsu Honda Team Asia untuk musim balap 2015. Dia berhasil memperbaiki penampilannya dan finish di posisi ke-8 klasemen akhir. Pencapaian terbaiknya saat tampil di San Marino dengan finish ke-3.

Tahun 2016, bersama Idemitsu Honda Team Asia masih menjadi andalan Nakagami. Di mana pada musim ini bisa dibilang menjadi tahun terbaiknya. Dia berhasil meraih kemenangan pertamanya di Kelas Moto2 saat menangi Moto2 Belanda di Sirkuit Assen. Hasil akhirnya, dia menempati posisi ke-6.

Musim balap 2017 akan menjadi tahun terakhirnya di Moto2. Sejauh ini, dia sudah tiga kali finish di podium. Nakagami tercatat menempati posisi ke-3 di Qatar, Amerika, dan Belanda. Kini Nakagami akan menjadi generasi terbaru pebalap Jepang di ajang MotoGP setelah Hiroshi Aoyama pensiun di akhir musim 2014. Nakagami juga bakal tercatat sebagai satu-satunya pebalap Asia di MotoGP. Salut!

Baca Juga
Nakagami Naik Level MotoGP Bersama LCR Honda
Generasi Muda Dominasi Kejurnas Rally

  • facebook share

RELATED NEWS

Hijabers Penggila Adventure Trail

Hijabers Penggila Adventure Trail

PROFILE
Sirkuit Manggul Bikin Kagum

Sirkuit Manggul Bikin Kagum

PROFILE
M. Fadli Kembali Balapan

M. Fadli Kembali Balapan

PROFILE
Some1else Jersey Rekrut Pebalap Wanita

Some1else Jersey Rekrut Pebalap Wanita

PROFILE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company