Kelemahan Honda Jadi Senjata Utama Toyota Team Indonesia

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Sonny Hastara,Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2017

Strategi Jitu Toyota Team Indonesia

SPORTKU.COM

Haridarma Manoppo, pebalap Toyota Team Indonesia (TTI), kembali merajai Kejuaraan Nasional Indonesia Touring Car Championship (ITCC) seri keempat (20/8).

Mempelajari karakter mobil Honda Jazz yang menjadi pacuan Alvin Bahar di setiap serinya, menjadi modal utama bagi Haridarma dalam menyusun strategi balapnya. Meskipun harus rela pole position direbut oleh Alvin Bahar dalam balapan kemarin, namun tidak menurunkan semangat balap Haridarma. Dengan kondisi tersebut, malah membuat sebuah keuntungan bagi Hari untuk mencari celah kelengahan Alvin Bahar.

Disinggung mengenai jalannya balapan, Hari menampik ketika dikatakan balapan berlangsung mudah. Menurutnya, balapan kali ini tetap memperlihatkan usaha keras dirinya dalam meraih podium pertama. "Dibilang sulit sih memang sulit, tapi kalau dibilang enggak sulit, tapi enggak juga. Hasil ini adalah buah dari strategi saya terapkan," komen Haridarma.

Baca juga:
TAMPIL AGRESIF, FERREL FADHIL SUKSES RAIH KEMENANGAN

Bermodalkan data yang dimilikinya, Hari, memberikan keyakinan kepada timnya bahwa dirinya akan menyalip Alvin Bahar di pertengahan balapan. Prediksi tersebut pun tidak melesat, bahkan sama persis seperti apa yang ia katakan kepada timnya.

"Tapi saya juga sudah punya strategi untuk balapan kemarin. Saya sudah bilang sama tim bahwa saya akan menyusul Alvin Bahar. Saya bilang bahwa saya bisa menyusul Alvin Bahar di tengah-tengah lap," sambung Hari.

Keyakinan tersebut merupakan buah atas apa yang diperhatikan oleh Hari dalam beberapa seri terakhir. Menurutnya, kondisi mobil Honda Jazz pacuan Alvin Bahar tidak konstan dari lap ke lapnya. Data tersebutlah yang kemudian diimplementasi oleh Hari dalam mencari celah kapan dan dimana harus mengambil kesempatan untuk menyalipnya.

"Kenapa saya yakin di pertengahan lap akan menyusul Alvin? Karena dari seri-seri sebelumnya, saya kalau tidak salah sudah dua kali start di belakang Alvin, dan kenapa saya bisa menyusul? Karena, pertama, kecepatan yang saya miliki konstan dari lap ke lap. Sedangkan Alvin, saya perhatikan semakin mendekati finish, catatan waktu Alvin yang melorot," papar Hari. Salah satu faktor pendukung konstannya kecepatan mobil Haridarma adalah settingan suspensi yang dirancang oleh TRD.

Baca juga:
GERRY NASUTION PETIK PELAJARAN BERHARGA DARI BSD GRAND PRIX

"Kenapa saya bisa konstan? Karena suspensi saya sudah disetting, dan ini sangat berpengaruh terhadap performa mobil saya," tambahnya. Ia pun menjelaskan mengapa dirinya sempat menabrak saat sesi latihan bebas Jumat (18/8) lalu. "Itu karena settingan suspensi masih keras, masih pakai settingan di sirkuit Sentul. Di samping itu, nafsu juga," imbuhnya tertawa.

Kendati telah berhasil puncaki podium pertama dari awal seri hingga balapan kemarin, Haridarma, masih belum mau sesumbar perihal posisinya di klasemen. "Posisi di klasemen yang terpaut 10 poin dari Alvin saya belum merasa aman. Tapi kalau seri depan saya kembali naik podium pertama, itu baru aman posisi saya," ucap Hari.

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

Alasan Anjasara Eksis di Kejurda

GYMKHANA
Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

Apresiasi IMI Jabar untuk Kejurda

GYMKHANA
Kebanggaan Menjadi Seorang Juara Nasional

Kebanggaan Menjadi Seorang Juara Nasional

GYMKHANA
Anjasara Wahyu Berhasil Tampil Dominan

Anjasara Wahyu Berhasil Tampil Dominan

GYMKHANA

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company