Promotor Balap MBCIRC Sambut Positif Balapan Jalan Raya

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Harsya Fikmazi | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2017

Tanggapan Positif Sirkuit Jalan Raya

SPORTKU.COM

Putaran keempat ISSOM yang bertajuk BSD City Grand Prix sukses digelar dengan menggunakan lintasan jalan raya BSD City.

Atmosfer berbeda dalam gelaran balap mobil nasional sukses menghadirkan euforia baru untuk industri balap Tanah Air. Jika biasanya balapan diselenggarakan di sirkuit kebanggaan Indonesia, Sentul, kini arena jalan raya BSD City disulap menjadi sirkuit nonpermanen untuk menjadi tuan rumah putaran keempat dari rangkaian Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM).

Baca juga:
KELEMAHAN HONDA JADI SENJATA UTAMA TOYOTA TEAM INDONESIA

Namun, namanya event perdana, tentunya ada nilai plus dan minusnya. Iswahyudi, sebagai promotor balap Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship (MBCIRC), punya pandangan khusus untuk gelaran balap jalan raya ini. Salah satu poin yang dititikberatkan adalah dimensi jalan raya yang masih dirasa kurang untuk mobil Mercedes-Benz.

"Pandangan Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship atas sirkuit ini memandang bahwa lebar jalan yang ada masih kurang memadai dengan dimensi mobil yang memiliki panjang sekitar 4,8 meter. Menurut saya, dari segi balap yang benar-benar menyuguhkan pertarungan, masih kurang maksimal. Di samping itu, saya juga melihat masih ada sektor sirkuit yang area trotoarnya masih terlihat, padahal ini cukup disayangkan," ucap Yudi di sela-sela balapan ISSOM akhir pekan lalu.

Selain itu, Yudi, juga menyangkan jalur evakuasi yang tidak maksimal. Menurut pria yang telah menjalani balap MBCIRC selama tujuh tahun tersebut, jalur evakuasi harusnya lebih diperhatikan lagi. "Dari sisi evakuasi mobil, sirkuit ini tidak memiliki jalur khusus evakuasi, sehingga ketika ada insiden mobil yang mengalami insiden tersebut harus di towing ke paddock. Untuk di sini kurang efektif," tambahnya.

Baca juga:
SPEED TRIAL DAN PUSH BIKE RACE RAMAIKAN DROP AND ROLL TOUR DI JAKARTA

Kendati demikian, sebagai praktisi yang turut menghidupkan gairah balap di Tanah Air, Yudi, tetap melihat ada sisi-sisi positif yang bisa diambil dengan diselenggarakannya balap jalan raya ini.

"Bicara sisi positif juga kita apresiasi, dengan lintasan ini, akan menjadi penambah wawasan pebalap dalam melakukan kegiatan balap di luar sirkuit permanen sepert sirkuit Sentul," sambung Yudi. Baginya, dengan adanya sirkuit jalan raya ini, terbilang sukses, karena antusias dari pebalap cukup tinggi.

"Antusias pebalap kami juga tinggi, tapi kami tidak mau gegabah. Kita lakukan semacam seleksi untuk ikut serta di sini. Jadi tidak bisa semua kita tampung, kita lihat backgroundnya juga. Karena kalau kita tampung semua saya pikir akan berbahaya pada mereka yang belum memiliki jam terbang yang cukup," pungkasnya.

Iswahyudi, promotor kejuaraan Mercedes-Benz Club Indonesia Race Championship

issom-bsd-city-grand-18054e900281beb.jpg

  • facebook share

RELATED NEWS

Kepuasan Haridarma Merengkuh Juara Nasional

Kepuasan Haridarma Merengkuh Juara Nasional

ITCC
Demas Agil Tambah Juara Nasional

Demas Agil Tambah Juara Nasional

DRIFT
Keberhasilan GT Radial di Slalom

Keberhasilan GT Radial di Slalom

GYMKHANA
Mesranya GT-Radial dan MBCIRC

Mesranya GT-Radial dan MBCIRC

TOURING

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company