5 Balap Motor Terpopuler Indonesia

Text : Suhartono | Photo / Video : Dok. Sportku.com | Editor: Andi Wahyudi | 23 August 2017

SPORTKU.COM

MotoGP mungkin menjadi satu-satunya balapan di dunia yang terpopuler. Bukan hanya di Indonesia, namun ketenarannya juga melanda beberapa negara lainnya.

Namun jika bicara soal balapan di Indonesia, mungkin tak banyak yang tahu. Kecuali para pebalap dan tim yang memang berkecimpung di dunia balap itu sendiri. Perlu diketahui, di Indonesia juga ada beberapa balap motor yang bisa dibilang memiliki kepopuleran.

Mulai dari balap di sirkuit aspal hingga trek tanah. Balapan pada kelasnya masing-masing itu juga tentu memiliki penggemarnya tersendiri. Dan berikut 5 balapan terpopuler di Indonesia versi SPORTKU.com.

Baca Juga
Tampilan Baru Kawasaki Z250, Makin Gagah

1. Drag Bike
Ajang balap trek lurus ini mungkin menjadi balapan paling terpopuler di Indonesia. Hampir setiap minggu, balapan di trek sepanjang 201meter ini tak pernah absen. Pulau Jawa, mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menjadi lokasi paling favorit dalam gelaran drag bike.

Coba tengok setiap ada event drag bike. Bisa dipastikan penonton yang hadir mencapai ribuan. Menariknya, mereka para penonton yang datang juga diwajibkan membeli tiket untuk bisa masuk ke lokasi balap. Meski harus merogoh kocek, mereka rela berdesakan dengan para penonton lainnya.

Maka tak heran jika membludaknya penonton di setiap ajang drag bike menjadi salah satu lini bisnis yang menguntungkan bagi penyelenggara. Drag bike juga masuk dalam agenda Kejuaraan Nasional (Kejurnas).

2. Motoprix
Digelar di beberapa region atau wilayah di Indonesia, Motoprix yang merupakan balapan untuk motor bebek juga masuk dalam daftar populer. Bahkan balapan ini juga menjadi adu gengsi untuk dua pabrikan motor di Indonesia, yakni Yamaha dan Honda.

Lewat ajang ini pula, kedua pabrikan asal Jepang itu sekaligus mencari bibit-bibit unggul pebalap muda Tanah Air. Ada beberapa kelas yang dilombakan di setiap gelaran Motoprix. Tak hanya di Pulau Jawa, namun salah satu balapan dengan level Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ini juga dihelat di kawasan timur Indonesia.

3. Motocross
Motocross juga tak kalah tenar dari drag bike maupun Motoprix. Ajang balap di trek tanah ini memang sering kali diselenggarakan di daerah. Maklum, untuk kota-kota besar memang sudah tak tersedia lahan yang bisa dijadikan sebagai sirkuit. Maka solusinya masuk ke wilayah pinggiran.

Meski begitu, balapan yang juga masuk dalam jadwal Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ini tak pernah sepi penonton. Sama halnya dengan drag bike, penonton juga dipungut biaya untuk bisa menyaksikkan aksi para crosser. Mereka yang haus akan hiburan tentu dengan senang hati meski harus membayar.

4. Supermoto
Supermoto menjadi balapan terbaru di Indonesia. Masuk dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas), balapan ini menggabungkan teknik road race dan motocross. Sirkuit yang disajikan pun tak hanya trek aspal, tapi juga tanah. Karena balapan ini diikuti pebalap road race dan crosser.

Hadir sebagai balapan terbaru di Tanah Air, Kejurnas Supermoto tak kalah tenar dari event balap lainnya yang sudah lebih dulu ada. Untuk lebih mengagungkan ketenarannya, penyelenggara juga menyasar para komunitas supermoto yang ada di Indonesia.

5. Indospeed Race Series (IRS)
Indospeed mungkin menjadi balapan terakhir yang populer versi SPORTKU.com. Balapan dengan level tertinggi untuk kelas sport ini memang hanya diselenggarakan di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat. Sepanjang musim, Indospeed tak pernah berganti sirkuit.

Penyebabnya karena di Indospeed, kelas yang dilombakan adalah khusus motor-motor sport mulai dari kategori 150cc, 250cc hingga supersport 600cc. Maka wajar jika Sirkuit Sentul menjadi lokasi paling representatif untuk menggelar Kejurnas Indospeed.

Namun jika dilihat dari kapasitas penonton, bisa dibilang sepi. Lokasi trek yang jauh dari pemukiman warga disebut sebagai faktor sepinya event ini dari penonton.

Baca Juga
Kilas Balik MotoGP Inggris, Antara Silverstone dan Donington Park
EP Tyres Dukung Dunia Modifikasi

  • facebook share

RELATED NEWS

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

5 Pebalap MotoGP Hobi Sepakbola

TOP 5
Tukar Guling Bayern-Dortmund

Tukar Guling Bayern-Dortmund

TOP 5
Lima Pemilik Nomor 7 MU

Lima Pemilik Nomor 7 MU

TOP 5
5 Kejadian Menarik GP Singapura

5 Kejadian Menarik GP Singapura

TOP 5

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company