“Surga” Kecil Penggemar MTB di Jakarta Selatan

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Adi Supriyatna | Editor: Andi Wahyudi | 28 August 2017

Teras MTB

SPORTKU.COM

Sekilas, toko sepeda ini terlihat biasa saja. Di dalam ruangannya yang tidak terlalu besar, tampak jajaran sepeda dan kelengkapan sepeda.

Tapi kesan itu bisa berubah ketika memasuki ruangan dalamnya setelah melihat dari dekat dengan jajaran produk yang ditampilkan.

Terletak di bilangan jalan Kebagusan Raya, tak jauh dari pintu timur Kebun Binatang Ragunan, Jakarta, Teras MTB merupakan salah satu toko sepeda yang unik. Meski berada di bangunan yang tidak terlalu besar, toko ini ternyata memiliki beragam produk-produk sepeda beserta perlengkapannya dari produk branded atau populer di dunia MTB.

Menurut sang pemilik sekaligus pengelola, Widi, Teras MTB memang sebuah toko hobi. Produk yang dijual pada umumnya disediakan berangkat selera pemiliknya yang juga penggemar berat downhill (DH). Oleh karena itu, jangan heran bila produk sepeda di sini adalah produk dari merek merek terkenal di dunia.

Teras MTB berawal dari berawal dari hobi sang pemilik yang gemar bermain MTB atau DH. Berawal dari Teras rumahnya yang kerap menjadi tempat berkumpul para penggemar MTB di teras rumahnya dan banyak dari kalangan komunitas yang mencari suku cadang sepeda. Dari sanalah Widi mulai memberanikan membuka toko dengan nama Teras MTB.

“Awalnya buka di teras rumah, di Kebagusan 3. Akhirnya kita melihat peluang, akhirnya dibukalah toko yang sekarang ini,” tutur Widi.

Baca juga:
POLYGON HADIRKAN TEKNOLOGI BARU PADA SERI XTRADA

Meski tidak seperti bike shop modern, pengelola Teras MTB yang juga notabene adalah pelaku DH, mengaku bahwa produk di Teras MTB mengacu kepada UCI (federasi bersepeda internasional). Bahkan, sejumah produk yang belum memiliki distributor resmi di Indonesia pun bisa didapatkan di toko seluas sekitar sekitar 40m2 ini.

“Barometer kita UCI. Dimana pebalap dunia menggunakan sepeda. Ketika dia jadi juara, customer kita selalu ingin menggunakannya. Itu yang diusahakan oleh Teras,” jelas Widi.

Mengenai produk yang disediakan, Teras MTB banyak mengoleksi produk untuk MTB, dengan genre All Mountain (AM), freeride dan DH. Toko ini memiliki produk sepeda, baik full bike atau frame, dari merek-merek yang mungkin belum terlalu populer di tanah air, diantaranya GT, Canyon, YT, Mondraker, Specialized, Santa Cruz serta merek lainnya.

Selain produk baru, Teras MTB juga melayani penjualan produk second hand. Menurut Widi, meski bekas, komponen yang terdapat di Teras MTB diklaim masih dalam kondisi baik dan aman.

“Karena MTB itu, orang jual bukan karena rusak. Tapi kebanyakan karena bosen,” ungkap Widi.

Selain sepeda atau frame, di Teras MTB juga menyediakan beragam produk clothing dan perlengkapan perlindungan (protector). Lagi-lagi produk tersebut berasal dari merek yang telah mendunia. Sebut saja 661, TLD, IXS, Race Face, Urge, Five Ten, 661, Shimano, Specialized, Fox, Rockshox, yang telah menjadi standar di kalangan profesional.

Tak hanya menjual sepeda dan kelengkapannya, Teras MTB dilengkapi sejumlah fasilitas lainnya, seperti bengkel untuk layanan service atau perbaikan sepeda berikut mekanik serta area parkir.

Berbeda dengan bike shop sejenis, Teras MTB belum memiliki program activities, seperti gowes bareng atau event lainnya. Namun, toko ini telah mendukung sebuah tim balap di ajang DH yang aktif mengikuti berbagai kejuaraan lokal maupun nasional, yang bernama The Predator. Seluruh rider yang tergabung di tim ini merupakan atlet binaan Teras MTB.

Soal harga, Teras MTB menerapkan harga yang tergolong standar. Meski demikian ada sejumlah layanan lain yang membuat pelanggannya merasa nyaman dan betah saat berbelanja di sini, dengan layanan konsultasi dan trade in (tukar tambah), mengingat pelanggan toko ini kebanyakan untuk melakukan upgrade sepedanya.

“Kita tidak lebih murah dari toko lain juga. Yang pasti kita bisa memberi kenyamanan. Kita juga terima trade-in (tukar tambah),” jelas Widi.
Meskipun bukan berupa dealer resmi, Teras MTB memiliki sejumlah “jurus” untuk kenyamanan pelanggannya, terkait dengan garansi atau purna jual produk. Toko ini berkomitmen untuk membantu para pelanggannya, meski biasanya membutuhkan waktu.

“Kita bantu usahakan untuk mencarikan part yang dibutuhkan. Misalnya, frame patah, kita bisa belinya depannya aja,” ungkap Widi.

Teras MTB memang tidak sebesar atau semewah toko sepeda yang lain. Tapi dengan jajaran produk serta layanannya yang baik, toko sepeda ini bisa menjadi opsi menarik bagi penggilan downhill atau MTB yang tengah berburu komponen atau perlengkapan bersepeda berkualitas.


Teras MTB
Jl. Kebagusan Raya No.26, Kebagusan, Ps. Minggu, (dekat Pintu Timur Kebun Binatang Ragunan)
Jakarta Selatan
Buka: Selasa – Minggu; jam 9.00-21.00. Senin libur (tetap melayani penjualan online). 

 

Kelengkapan bersepeda juga tersedia di siniteras-mtb-adi--184509b35780b5d.jpg

 

Baca juga:
MAX VERSTAPPEN FRUSTASI MOBILNYA BERMASALAH TERUS

  • facebook share

RELATED NEWS

Honda Kuasai Penjualan Sport Nasional

Honda Kuasai Penjualan Sport Nasional

ATPM
Wahana Honda Punya Satuan Khusus

Wahana Honda Punya Satuan Khusus

BUSINESS & TECHNOLOGY
Program Spesial Knolly Bikes

Program Spesial Knolly Bikes

BUSINESS & TECHNOLOGY
SRAM Recall Rem Avid

SRAM Recall Rem Avid

BUSINESS & TECHNOLOGY

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company