Trik Jitu Dovizioso Menangi MotoGP Inggris

Text : Suhartono | Photo / Video : Ducati | Editor: Dedi Hermawan | 28 August 2017

SPORTKU.COM

Andrea Dovizioso meraih kemenangan ke-4 di balapan MotoGP 2017. Raihan itu dia torehkan di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (27/8).

Dovizioso tak begitu memukau di sesi kualifikasi. Penunggang Ducati Desmosedici GP17 itu bahkan hanya sanggup meraih waktu tercepat ke-6. Dia pun harus memulai balapan dari posisi grid ke-6. Situasi ini membuat Dovizioso pesimis untuk bisa merebut kemenangan.

Pada lap pembuka, Dovizioso masih tertinggal di posisi belakang. Namun saat balapan masuki lap ke-2, dia sudah berada di posisi ke-5. Di depan rekan setimnya Jorge Lorenzo. Dovizioso terus mengubah strategi permainan. Dan butuh waktu cukup lama untuk bisa merangsek ke depan.

Akan tetapi lambat laun, Dovizioso mulai menyusup ke rombongan depan. Pada lap ke-6, pebalap Italia ini sudah menduduki posisi ke-3. Dia pun berusaha untuk merusak dominasi Yamaha, dimana Valentino Rossi yang memimpin balapan diikuti Maverick Vinales.

Tak butuh waktu lama bagi Dovizioso untuk bisa menumbangkan Vinales. Pada lap ke-11, Dovizioso sudah menduduki posisi runner up. Kini tersisa satu pebalap yang menjadi penghalang dirinya untuk menuju podium teratas.

Pada tiga lap terakhir jelang finish, Dovizioso sudah berada di barisan paling depan. Nahas bagi Rossi. Bukan hanya Dovizioso yang asapi dirinya. Pada lap yang sama, juara dunia 9 kali ini juga harus menerima pil pahit saat dirinya tak mampu mencegah Vinales ambil alih posisinya. Kini Rossi terlempar ke urutan ke-3.

Tak pelak, dengan situasi ini menjadikan Dovizoso semakin liar. Penunggang Ducati Desmosedici GP17 ini mampu mempertahankan posisinya hingga bendera finish berkibar. Begitu juga dengan Vinales yang tetap tak beranjak dari runner up. Mau tak mau, Rossi yang meradang karena ulah Dovizoso pun harus puas menduduki podium ketiga.

Ternyata ada trik dari Dovizioso. Dia yang memang sejak lap awal tak terlalu ngotot, ternyata hal itu dia lakukan untuk menghemat pemakaian ban. Benar saja, pada lap-lap akhir penampilan Dovizioso justru semakin beringas. Lain halnya dengan dua pebalap Yamaha Rossi dan Vinales yang semakin loyo.

Baca Juga
Hadiah Termanis Rossi di Balapan ke-300

“Saya bisa menghemat ban, dengan Maverick dan Marc, dan itu membantu saya sampai pada akhirnya dengan grip yang lebih baik. Saya juga mampu memperbaiki kecepatan saya di beberapa tikungan, buka Dovizioso.

“Saya tidak lebih cepat, tapi saya berada di posisi yang tepat pada saat yang tepat dan itulah kuncinya. Apa yang terjadi adalah sesuatu yang istimewa bagi kita. Kami memimpin, tapi kami menunjukkan kepada semua orang bahwa kita memiliki kesempatan untuk memperjuangkan gelar juara.”

“Ini masih panjang dan kompetitor sangat kuat baik dari sisi pebalap dan motor, jadi masih terbuka, tapi kami telah memenangkan empat balapan dengan cara yang berbeda dan kami bekerja sangat baik selama akhir pekan.”

“Bila kita tidak menjadi yang tercepat kita terus bekerja, kita pergi ke balapan dan mencoba melakukan yang maksimal. Saya mampu memperjuangkan kemenangan yang tidak saya duga. Sepeda motor memiliki hal positif dan negatif tapi saya bisa bermain dengan itu dan memanfaatkan yang paling positif,” beber Dovizioso.

"Setiap balapan bisa mengubah segalanya -lihat Marc. Enam balapan tersisa masih banyak poin dan kita harus berpikir balapan demi balapan. Saya tidak memikirkan kejuaraan (gelar), saya merasa nyaman dalam balapan. Ketika saya melihat Marquez di papan bawah, itu tidak mengubah strategi saya, karena saya merasa nyaman, ini adalah balapan yang menyenangkan.”

Dovizioso yang finish terdepan kemas waktu tercepat 40menit 45.496detik. Vinales di podium kedua dengan waktu 40menit 45.610detik dan Rossi kemas waktu 40menit 46.245detik untuk posisi ke-3.

Baca Juga
Rossi Meradang, Dovizioso Juarai MotoGP Inggris
Trik Kemenangan Hamilton

  • facebook share

RELATED NEWS

Vinales Jajal Sirkuit Kyalami

Vinales Jajal Sirkuit Kyalami

MOTOGP
Rossi Bukan Legenda MotoGP

Rossi Bukan Legenda MotoGP

MOTOGP
Bayliss Kembali Balapan Bersama Ducati

Bayliss Kembali Balapan Bersama Ducati

ROAD RACE
Ungkap Sosok Pacar Dovizioso

Ungkap Sosok Pacar Dovizioso

MOTOGP

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company