Nih, Ciri Knalpot Racing Terbaik

Text : Suhartono | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 29 August 2017

SPORTKU.COM

Bukan rahasia lagi jika knalpot merupakan salah satu peranti penting untuk motor balap. Bahkan keberadaannya juga bisa mendongkrak performa.

Banyak faktor yang menentukan seorang pebalap bisa naik podium atau tidak saat balapan. Salah satunya adalah performa dari motornya itu sendiri. Namun bicara soal motor balap, tentu knalpot menjadi salah satu yang wajib mendapat perhatian khusus.

Artinya jangan asal pakai knalpot racing. Patut dicermati knalpot racing seperti apa yang berkualitas dan mumpuni untuk disematkan pada motor balap. Terlebih lagi saat ini memang banyak merek knalpot aftermarket yang beredar luas di pasaran.

Ada beberapa tips ringan bagaimana mengetahui knalpot racing berkualitas atau tidak. Bagi orang awam atau pemain baru di dunia balap, tentu hal ini memang sangat penting. Agar tidak salah kaprah menjatuhkan pilihan.

"Ada berbagai macam cara memilih knalpot racing. Mau buat motor biar enak larinya atau biar enak suaranya. Itu juga tergantung motornya, 4 tak atau 2 tak," buka Fabrianus Balank, pebalap yang juga punya toko sparepart balap FBalank128workshop.

Untuk motor 4 tak, bisa dilihat dari bahan dan hasil akhir pengelasan. Menurut Balank, itu salah satu faktor yang menentukan performance motor balap. Jika bahan bagus dan pengelasan rapi pada tiap sambungan dan sama rata bagian dalam maupun luar, itu menjadi sumber pemicu untuk menghasilkan tenaga motor. Terutama bagian leher atau headernya.

Silincer knalpot juga menjadi salah satu bagian yang harus diperhatikan. Bagian slincer lebih pendek akan memberikan respon tenaga cepat keluar di bagian putaran mesin bawah. Namun kalau menginginkan tenaga lebih responsif di bagian atas, maka pilih silincer yang lebih panjang.

"Tapi kalau mau tenaga keluar di mesin putaran bawah dan atas, bisa dibagi dua. Silincer pilih yang jangan terlalu pendek atau terlalu panjang. Kalau mau adem suaranya dan lebih ngebas, pilih saringan dalam knalpot yang lubangnya banyak. Dan kalau mau suaranya lebih berisik, sebaliknya. Pilih saringan dalamnya yang sedikit lubangnya. Garis besarnya adalah jika bahan bagus dan pengelasan rapi itu menentukan performance motor. Kalau diukur dyno bisa naik 1-1,5 hp," jelas Balank.

Baca Juga
Seberapa Penting Knalpot Racing Untuk Motor Balap?

Sementara untuk motor balap 2tak, sejatinya hampir sama. Baik dari sisi pengelasan, betuk volume tabung dan silincer luar maupun dalam. Menurut Balank, hal itulah yang menentukan perfomance mesin.

"Kalau buat motor balap 2tak seperti untuk drag bike yang tidak mengadalkan endurance, lebih bagus pilih knalpot model free flow yang tidak menggunakan silincer. Tapi kalau buat ketahanan atau endurance harus menggunakan peredam atau silincer dan semua itu tergantung kita, setingan motor maunya seperti apa," sambung Balank.

Menurut Balank, knalpot motor balap 2tak terdiri dari berbagai jenis bentuk. Ada yang namanya telo (tidak menggunakan silincer dan jenis knalpot seperti ini banyak dipakai pada motor balap Yamaha RX King). Ada juga yang namanya udang, kalajengking (untuk motor Yamaha Fiz R, Yamaha Alfa, Suzuki Tornado dll. Knalpot-knalpot model tersebut dilengkapi dengan silincer.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan, maka knalpot racing untuk motor balap 4tak yang bagus adalah berbahan stainlees 304. Bahan tersebut memang saat ini yang banyak dipakai oleh berbagai pabrikan. Biasanya, pipa melalui proses sandblasting yang menjadikan rupanya mirip titanium.

Tapi jika memerlukan knalpot racing yang sempurna, pilihlah yang menggunakan bahan titanium. Karena knalpot titanium pemuaian panasnya cepat dibuang dan membuat mesin sulit overhead. "Kalau untuk motor 2tak dengan biaya terjangkau, bisa pilih knalpot berbahan plat galvanis," tutup Balank.

Baca Juga
Amankan Oli Racing Untuk Motor Harian?
Venus Taklukkan Petenis Belia

  • facebook share

RELATED NEWS

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

Berapa Biaya Bangun Mobil Slalom?

DID U KNOW
Memahami Fungsi Utama Camber Ban

Memahami Fungsi Utama Camber Ban

DID U KNOW
Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

Kapan Tradisi Semprot Sampanye Dimulai?

DID U KNOW
Infografis Perubahan Regulasi MotoGP

Infografis Perubahan Regulasi MotoGP

DID U KNOW

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company