Kunci Sukses Erwin Mancha Taklukan Lintasan Speed Rally 2017

Text : Harsya Fikmazi | Photo / Video : Best Parking Rally Team | Editor: Andi Wahyudi | 30 August 2017

Kunci Sukses Erwin Mancha

SPORTKU.COM

Pereli senior Erwin Mancha berhasil menaklukan lintasan speed rally 2017 dengan hasil yang gemilang. Ia pun berbagi kunci suksesnya.

Suhu udara yang lebih tinggi saat melakoni speed rally Palembang 2017 (20/8) tidak membuat pereli senior Erwin Mancha dan navigatornya Maman Aruman menyerah. Melihat kondisi seperti itu, Abah (sapaan akrab Erwin Mancha) punya trik khusus untuk menaklukannya. Untuk mensiasati lintasan panjang speed rally yang memakan jarak tempuh lebih dari 35 kilometer, faktor kesiapan fisik menjadi strategi awal bagi Erwin Mancha.

"Karena dari suhu sudah berbeda dengan biasanya, di sini (Palembang) suhunya cukup ekstrim. Panas sekali, ditambah panas dari dalam mobil membuat kita pereli semakin bekerja ekstra," cerita Abah saat dihubungi SPORTKU. Melihat kondisi seperti itu, pereli Best Parking Rally Team tersebut memiliki kunci utama untuk menaklukannya.

Baca juga:
BSD CITY GRAND PRIX BERLANJUT MUSIM DEPAN

"Dengan kondisi seperti itu, pasti kita akan cepat haus dan mengalami dehidrasi. Saya langsung sigap dengan menyiapkan beberapa botol minuman di tas Maman (navigator). Dengan begitu, saya tidak akan kekurangan cairan selama balapan. Kalau kekurangan cairan atau kurang minum, kita akan lemas dan mungkin kurang fokus. Sedangkan rally ini memiliki jarak tempuh yang cukup panjang. Ada beberapa pereli lain juga yang kewalahan," beber Abah.

Ketika disinggung mengenai lintasan yang disajikan, pereli yang sudah memulai balapan sejak tahun 1980an ini mengatakan lintasan rally Palembang ini oke banget. "Sirkuit oke banget. Lebih puas karena memang menantang dan butuh konsentrasi tinggi," imbuhnya. Selain karakter lintasan serta kesiapan fisik yang harus dipersiapkan. Pereli yang menggeber Corolla DX ini juga turut membagi cerita mengenai perbedaan di speed rally Palembang 2017 ini.

"Perbedaannya ada, di sini kita ada semacam namanya remote service. Remote service tersebut diadakan di antara sela-sela SS. Gunanya adalah untuk mengecek kondisi mesin dan sedikit istirahat bagi kita pereli. Baru tahun ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) memberikan remote service, karena biasanya setelah menjalani tiga SS baru bisa istirahat atau mengecek kondisi mobil. Remote service ini juga waktunya tidak lama, cuma sebentar," papar pereli yang juga hobi main golf ini.

Baca juga:
RED BULL MENGAKU KECEWA DENGAN TORO ROSSO

Tidak hanya itu, dalam melakoni seluruh rangkaian balap ini, Erwin Mancha pun menekankan pentingnya kerjasama antara pengemudi dan navigatornya. "Karena sirkuit di sini agak bias atau samar mengenai belokannya. Jadi saya menekankan kepada Maman untuk membaca pacenote lebih keras. Di samping suaranya kecil, suara mesin serta knalpot yang mengaum juga menjadi penghalang suara dari navigator. Selain itu untuk pelafalannya, juga harus lebih diulang, karena memang jaraknya tidak dekat. Seperti 400 kiri 3. 400 meter kan kalau hanya sekali ucap, kita suka lupa," ujarnya tertawa.

Berbekal strategi serta kematangan dalam balapan, Erwin Mancha sukses meraih podium pertama di kelas Retro. Sedangkan secara overall, nama Erwin Mancha masuk dalam urutan kesembilan sebagai yang tercepat diantara seluruh pereli.

  • facebook share

RELATED NEWS

Tim Balap Indonesia Dinilai Sukses

Tim Balap Indonesia Dinilai Sukses

RALLY
Mikkelsen Dikontrak Hyundai

Mikkelsen Dikontrak Hyundai

WRC
Generasi Muda Dominasi Kejurnas Rally

Generasi Muda Dominasi Kejurnas Rally

SPRINT RALLY
Ott Tanak Juara WRC Jerman

Ott Tanak Juara WRC Jerman

WRC

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company