Indonesia Akhiri SEA Games 2017 di Urutan Kelima

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Sea Games Official | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: republikaonline | 31 August 2017

Indonesia Cuma Urutan Kelima

SPORTKU.COM

Kontingen Indonesia harus puas menempati posisi kelima daftar akhir perolehan medali di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Berdasarkan data dari situs kualalumpur2017.com.my, Indonesia hanya mampu mengumpulkan 190 medali dengan rincian 38 emas, 63 perak dan 89 perunggu. Dengan demikian, raihan Indonesia menyamai pencapaian pada ajang ajang SEA Games 2015 lalu di Singapura sama-sama menempati urutan kelima.

Meski demikian, raihan ini dapat dikatakan jauh dari apa yang ditargetkan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Pasalnya sebelumnya atlet-atlet Indonesia ditargetkan untuk meraih 55 emas.

Tak hanya itu, 38 medali emas yang dibawa pulang Indonesia kali ini menjadi yang terburuk sejak mengikuti SEA Games pada 1977. Selain itu, untuk kali pertama Indonesia mengumpulkan emas di bawah 40 keping.

Hasil ini pun membuat Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengaku kecewa dengan capaian tersebut lantaran jauh di luar ekspektasinya.

Baca juga
Gelora Sharapova Sukseskan Putaran Kedua

"Terus terang kita kecewa, karena tidak mencapai target yang dicanangkan semula, malah kita pikir nomor 1-2 tapi ini nomor 5 dan agak jauh dengan yang nomor 4," ujar Jusuf Kalla dikutip Republika, Selasa (29/8).

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun secara terbuka menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat terkait prestasi olahraga di SEA Games Kuala Lumpur yang belum memenuhi target.

“Wajar kita semua prihatin dengan hasil ini dan saya pun harus mohon maaf, saya bertanggung jawab terhadap ini semua dan sudah barang pasti ini akan menjadi evaluasi total kami,” ujar Imam.

Imam sendiri mengatakan akan segera melakukan evaluasi. Pasalnya Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam ajang ASIAN Games pada tahun 2018 mendatang. Sebagai tuan rumah, tentu harus secepatnya melakukan perubahan untuk bisa berprestasi lebih baik.

Malaysia selaku tuan rumah keluar sebagai sebagai juara umum SEA Games 2017 dengan perolehan 145 medali emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Perolehan 323 medali membuat Negeri Jiran tersebut memecahkan rekor sebagai raihan medali terbanyak di nesepanjang keikutsertaan mereka di ajang yang mempertemukan negara-negara se Asia Tenggara tersebut.

Sea Games 2017 perolehan medali akhir
sea-games-2017-logo-43390264fd36299.jpg


Baca juga

Aksi-aksi Dramatis Pebalap Kejurnas IRS

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company