Lombok Kembali Jadi Tuan Rumah GFNY Indonesia

Text : Adi Supriyatna | Photo / Video : Sonny Hastara | Editor: Andi Wahyudi | 31 August 2017

Lomba Balap Sepeda GFNY Indonesia

SPORTKU.COM

Event balap sepeda internasional GFNY (Grand Fondo New York) Indonesia kembali hadir di Lombok, Nusa Tenggara Barat, 3 September 2017.

Tahun ini merupakan kali kedua GFNY Indonesia digelar setelah 2016. GFNY Indonesia tahun ini juga sekaligus menjadi tuan rumah GFNY Championship Asia.

Sebanyak 800 peserta dari 33 negara akan ambil bagian pada event yang juga menyuguhkan keindahan alam di Pulau Lombok tersebut. Para peserta ini akan melintasi daerah wisata di antaranya Pusuk Pass, Tanjung, Bayan, Nipah, Malimbu, yang menyusuri sepanjang pinggiran pantai utara.

Jarak balapan dibagi dua yaitu long distance (168km) dan medio distance (82km). Semua peserta melakukan start di kawasan Mangsit. Mereka akan melewati medan datar sejauh 27km pertama. Setelah itu, tantangan berupa tanjakan di kawasan Pusuk Pass harus dihadapi. Di Pusuk Pass ini para peserta akan melewati Monkey Forest (Hutan Monyet).

Dari medan tanjakan Pusuk Pass, peserta long distance akan lanjut ke Tanjung, kemudian ke Anyar dan putar balik ke finish. Sementara, para peserta short distance, akan ke Tanjung dan langsung putar balik ke finish di Mangsit.

Peserta dibagi dalam beberapa kategori, yaitu individu untuk putra dan putri. Ada tujuh pembagian untuk kategori ini yaitu 18-39 tahun putra/putri, 40-44 tahun putra/putri, 45-49 tahun putra, 45+ tahun putri, 50-54 tahun putra, 55-59 tahun putra. Kategori berikutnya adalah Him + Her (Putra + Putri). Pada kategori ini, pasangan pria dan wanita harus finish dengan rentang waktu 30 detik. Kategori ketiga adalah Regu. Semua peserta bisa membentuk sebuah kelompok agar bisa masuk kategori Regu.

Baca juga:
NINO SCHURTER DAN YANA BELOMOINA JUARA PIALA DUNIA XC

Sebagai GFNY Championship Asia, sebanyak 20 persen peserta yang finis pertama dari tujuh nomor untuk kategori individu bisa ikut GFNY New York tahun depan dan berhak start di First Corral. Sementara itu, pemenang putra dan putri dari long distance juga mendapat undangan dari GFNY NYC pada 20 Mei 2018. Untuk dua peserta ini, biaya akomodasi dan registrasi akan ditanggung oleh panitia GFNY World Championship NYC.

“Melalui event ini, dengan bangga saya ingin menunjukkan keindahan pulau Lombok kepada dunia internasional. Saya berharap semua peserta bisa menikmati keindahan Lombok dan merasakan keramahtamahan masyarakat Lombok yang menyenangkan. Semoga balapan bisa berjalan lancar, tidak ada kecelakaan, dan semua peserta senang,” kata Axel Moeller, advisor event dalam siaran pers.

GFNY Indonesia tahun ini juga diikuti sekitar 40 peserta dari GFNY Malaysia yang untuk kali pertama digelar pada 23 April 2017. Tahun depan, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah GFNY Bali untuk kali pertama yang rencananya digelar pada 4 Februari 2018.

GFNY merupakan event balap sepeda sejauh 160 untuk Gran Fondo dan 80 km untuk Medio Fondo yang digelar di New York, Amerika Serikat, setiap Mei. Lebih dari 5 ribu peserta dari 90 negara ambil bagian pada event tahunan ini. Sebanyak 15 negara juga menjadi tuan rumah GFNY di antaranya Brasil, Cile, Uruguay dan Jerman.

Ilustrasi: Para pemenang GFNY Indonesia 2016 di atas podium 

cek-rute-gfny-indonesia-c1a126f85b.jpg

 

Baca juga:
BINTANG MUDA ZVEREV TINGGALKAN AS TERBUKA

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Perjalanan Karir David Millar

Perjalanan Karir David Millar

ROAD BIKE
Tour Linggarjati Usung Format Baru

Tour Linggarjati Usung Format Baru

ROAD BIKE
UCI Terus Perangi Kecurangan Teknologi

UCI Terus Perangi Kecurangan Teknologi

ROAD BIKE
Rute Tour de Linggarjati 2017

Rute Tour de Linggarjati 2017

ROAD BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company