Thailand Resmi Gelar MotoGP, Indonesia Kapan?

Text : Suhartono | 1 September 2017

SPORTKU.COM

Thailand resmi akan menjadi tuan rumah MotoGP. Sirkuit Buriram akan menjadi destinasi para pebalap MotoGP mulai musim 2018 nanti.

Putaran perdana MotoGP di Sirkuit Buriram, Thailand akan dimulai pada musim balap 2018 mendatang. CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan Gubernur Olahraga Thailand, Sakon Wannapong menandatangani kontrak selama tiga tahun untuk menggelar MotoGP Thailand. Meski sudah dipastikan MotoGP Thailand akan digelar mulsi 2018-2020, namun belum ada konfirmasi mengenai tanggalnya.

"Hari ini Otoritas Olahraga Thailand dan Dorna Sports menandatangani kontrak untuk Grand Prix Thailand untuk diselenggarakan di Sirkuit Buriram dari tahun 2018 sampai 2020," kata Ezpeleta.

Hadirnya MotoGP Thailand, menurut Ezpeleta juga karena Negeri Gajah Putih ini menjadi salah satu negara dengan jumlah bikers yang cukup besar. "Mereka senang menggunakan MotoGP untuk mengembangkan pariwisata di Thailand. Kami sangat bangga telah membuat kesepakatan ini dengan pemerintah Thailand," imbuhnya.

"Balapan di sini sejauh ini adalah Superbike, yang juga akan memperpanjang kontrak dalam waktu dekat. Kami melihat ada banyak harapan. MotoGP telah memiliki banyak penggemar di Thailand, dan ini pasti akan menjadi Grand Prix dengan jumlah penonton yang cukup banyak."

Baca Juga
Jamnas Honda Scoopy Meriahkan Bandung

Sirkuit Buriram juga memastikan diri akan menjadi lokasi digelarnya tes pramusim MotoGP 2018 pada bulan Februari nanti. Di mana sirkuit ini menggantikan Phillip Island, Australia yang selama ini digunakan oleh para pebalap. Buriram bergabung dengan Sepang di Malaysia sebagai negara kedua di Asia Tenggara yang masuk dalam kalender MotoGP 2018.

"Kami senang MotoGP datang ke Thailand dan Anda dapat melihat bahwa ini adalah kesepakatan yang sangat bagus untuk semua orang, dan semua pemangku kepentingan di motorsport mendukung sepenuhnya hal tersebut. Meskipun mereka adalah pesaing, mereka semua datang bersama dan ingin MotoGP ada di Thailand," beber General Tanasak Patimapragorn, Deputy Prime Minister of Thailand.

Resminya Thailand masuk kalender MotoGP juga menjadi indikasi gagalnya pemerintah Indonesia untuk membawa event bergengsi itu ke Tanah Air. Indonesia sebelumnya juga disebut-sebut siap untuk menggelar MotoGP. Namun ketersediaan sirkuit yang kurang memadai menjadi salah satu faktor kegagalan MotoGP kembali digelar di Indonesia.

Indonesia sendiri sejauh ini hanya memiliki Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat. Sejauh ini trek tersebut masih dipercaya untuk menjadi tuan rumah balapan Asia Road Racing Championship (ARRC).

Baca Juga
Kecelakaan Rossi Berujung Operasi
Luis Nani Resmi Gabung Lazio

  • facebook share

RELATED NEWS

Astra Otoparts Masih di Moto2

Astra Otoparts Masih di Moto2

MOTO2
Taroreh Balapan ARRC Thailand

Taroreh Balapan ARRC Thailand

ARRC
4 Pebalap Indonesia Lolos Seleksi

4 Pebalap Indonesia Lolos Seleksi

ROAD RACE
Joki Alfan Cebonk Juara Nasional

Joki Alfan Cebonk Juara Nasional

DRAG BIKE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company