UEFA Mulai Periksa Transfer PSG

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Japantimes | Editor: Dedi Hermawan | Media Source: guardian | 2 September 2017

SPORTKU.COM

Badan otoritas tertinggi sepak bola Eropa (UEFA) secara resmi menyelidiki Paris Saint-Germain (PSG) terakit kebijakan transfer mereka di musim ini.

Dilansir Guardian, Sabtu (1/8) penyelidikan dilakukan terkait dengan Financial Fair Play (FFP) di mana PSG diduga melanggar peraturan tersebut. Hal itu terjadi lantaran mereka melakukan dua pembelian pemain dengan harga tak wajar.

Adapun dua pemain yang dimaksud adalah Neymar dan Kylian Mbappe. Nyemar diboyong dari barcelona seharga 222 juta Euro atau sekitar Rp3,4 triliun, kemudian Mbappe yang meski statusnya merupakan pemain pinjaman dari Monaco, namun ada opsi pembelian di musim depan dengan biaya sebesar 180 juta euro atau sekitar Rp2 triliun.

“Badan Investigasi pada Departemen Pengawas Keuangan Klub UEFA telah membuka penyelidikan formal terhadap Paris Saint-Germain sebagai bagian dari pemantauan klub yang sedang berada di bawah aturan Financial Fair Play (FFP),” bunyi pernyataan resmi UEFA.

Investigasi akan fokus pada kepatuhan klub terhadap persyaratan bahwa aktivitas dalam bursa transfer, khususnya pembelian pemain, harus seimbang dengan pemasukan klub. UEFA melakukan investigasi terutama karena aktivitas terakhir PSG.

Baca juga
Garbine-Venus Tampil Menawan

UEFA pun menyatakan dalam beberapa bulan mendatang, Badan Investigasi pada Departemen Pengawas Keuangan Klub UEFA akan bertemu secara rutin untuk mengevaluasi semua dokumentasi yang berkaitan dengan kasus ini. UEFA juga menyatakan akan melakukan pemeriksaan dengan hati-hati.

UEFA kembali mengingatkan Financial Fair Play sebagai mekanisme tata kelola yang penting yang bertujuan menjamin stabilitas finansial sepakbola klub Eropa. "UEFA tidak akan memberikan komentar lebih lanjut mengenai masalah ini sementara penyelidikan sedang berlangsung."

Adapun sanksi yang akan dilakukan oleh UEFA bila PSG apada akhirnya ketahuan melanggar adalah penahanan uang hadiah Liga Champions, mengurangi jumlah pemain, sampai pengucilan dari kompetisi Eropa seperti lgia Champions dan Liga Europa.

FFP sendiri merupakan aturan yang dibuat oleh UEFA untuk menekan pengeluaran klub yang dianggap tak wajar dan bisa merusak sepak bola. Klub seperti Manchester City sebelumnya pernah dihukum lantaran dianggap melanggar kebijakan tersebut.

Baca juga
Cobaan Pertamina Arden di Italia

  • facebook share

RELATED NEWS

Format Baru Piala Dunia

Format Baru Piala Dunia

FOOTBALL
Catatan Unik Peter Crouch

Catatan Unik Peter Crouch

FOOTBALL
Zidane Ingin Pulangkan Marcos Alonso

Zidane Ingin Pulangkan Marcos Alonso

FOOTBALL
Laga Timnas untuk Kenang Huda

Laga Timnas untuk Kenang Huda

FOOTBALL

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company