Menilik Peluang Suriah ke Piala Dunia 2018

Text : Handy Fernandy | Photo / Video : Atimes,Atimes | Editor: Andi Wahyudi | Media Source: daily star | 5 September 2017

SPORTKU.COM

Di tengah perang yang berlangsung lama dan menimbulkan banyak kerusakan, jutaan orang Suriah akhirnya memiliki sesuatu  yang menyenangkan.

Tim Nasional (Timnas) Suriah memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Dunia 2018 yang akan diselenggarakan di Rusia. Jika berhasil, ini akan menjadi penampilan perdana negara tersebut di ajang tertinggi sepak bola di dunia.

Tim yang memiliki julukan Qasioun Eagles—yang mengambil nama sebuah gunung yang menghadap ke ibukota Damaskus, telah berada dalam performa mengesankan meski harus memainkan semua permainan mereka di luar negeri.

Mereka berhasil mengalahkan tim kuat Qatar dengan skor 3-1 pada Kamis (31/8) lalu di Malaysia. Hal tersebut membuat posisi mereka berada di peringkat ketiga di klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia.

Dua tim teratas perwakilan grup di Zona Asia dipastikan lolos otomatis ke Piala Dunia, sementara posisi ketiga akan menjalani babak playoff.

Jika Suriah sukses mengalahkan Iran di Teheran pada laga pamungkas yang akan bergulir pada Selasa (5/9) malam WIB, maka negara yang tengah berkecambuk perang itu akan lolos otomatis ke Piala Dunia dengan catatan Korea Selatan dan Uzbekistan imbang atau Korea kalah.

Baca juga
6 Negara Lolos Piala Dunia

Iran sendiri sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia, sehingga ada peluang bagi Suriah untuk bisa tampil maksimal. Meskipun akhirnya kalah, Suriah pun tetap berpeluang untuk ke Piala Dunia melalui babak playoff, namun tantangan akan semakin berat ke depannya.

"Tim kami siap untuk meraih kemenangan dan lolos ke Syria untuk pertama kalinya ke Piala Dunia. Kami ingin rakyat Suriah bahagia," kata Muwaffaq Fathallah, kepala administrator tim Suriah seperti dikutip dari Daily Star, Selasa (5/9).

Perjalanan Timnas Suriah di ajang kualifikasi Piala Dunia 2018 kali ini sangat luar biasa. Hal ini menjadi kejutan mengingat negara tersebut kini tengah berkecamuk perang. Lebih dari 400 ribu orang terbunuh dan hampir separuh penduduknya mengungsi ke negara lain akibat konflik yang terjadi sejak Maret 2011 silam.

Keberhasilan Timnas Suriah juga dapat dianggap sebagai cermin bagi dunia bahwa Suriah saat ini tengah ingin memperbaiki kondisi negaranya. Presiden Bashal Al Assad sendiri saat ini tengah melakukan berbagi upaya untuk menstabilkan keadaan negara.

Sepak bola sendiri merupakan olahraga paling populer di Suriah, namun dengan adanya perang membuat indsutri sepak bola di negara tesebut hancur. Saat terjadi konflik, stadion sepakbola banyak yang hancur dan banyak pemain timnas mereka pindah ke negara lain untuk menghindari perang.

Baca juga
Hasil FIM Asia Supermoto Thailand 2017

 

  • facebook share

RELATED NEWS

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

Indonesia Siapkan Regulasi Motor Listrik

HOT ISSUE
Ducati Tertarik Ben Spies

Ducati Tertarik Ben Spies

HOT ISSUE
FDR Dominasi Podium

FDR Dominasi Podium

HOT ISSUE
Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

Kawasaki Siap Luncurkan Motor Terbaru

HOT ISSUE

QUICK NAVIGATION

Image

SPORTKU adalah media berita online yang menyajikan informasi seputar dunia olahraga dengan mengedepankan Action, Competition, Adrenaline dan Lifestyle. 
ACT YOURS!

GROUP OF

Image

MAHAKA MEDIA, dengan tagline "Beyond Media Creation", merupakan perusahaan induk dari unit usaha media dan hiburan (entertainment) yang memiliki kekuatan di bidang Broadcasting, Printing&Publishing, Online dan Marketing Company